Melihat sisi gelap di antariksai, banyak ditemukan benda seperti melihat perjalanan waktu. Disana seakan tidak ada ujungnya, semakin jauh akan terlihat benda yang usianya jauh lebih muda. Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini.

Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Menurut tim peneliti menyebutkan, galaksi tersebut baru mencapai 5% setelah terjadi Big Bang. Atau disana baru terbentuk 670 juta tahun setelah ledakan besar terjadi. Artinya bila di hitung mundur, gambar dibawah ini adalah galaksi yang baru berusia 670 juta tahun dari waktu terbentuknya seluruh alam semesta.

Galaksi EGZ-ZS8-1 diperkirakan memiliki massa 15% dari massa galaksi Bima Sakti. Tim mengunakan teleskop Hubble, dan di periksa kembali dengan instrumen Mosfire dari teleskop observasi WM Keck 10 meter. Peneliti akan melanjutkan observasi galaksi tersebut, setelah teleskop baru James Webb diluncurkan 2018 nanti.

Seperti apa bentuk galaksi terjauh yang pernah ditemukan. Hanya berbentuk gambar dibawah ini, dan sangat samar. Karena batas teknologi teleskop optik saat ini hanya mampu melihat sampai batasi seperti gambar dibawah. Untuk memperjelas galaksi ini , diperlukan teleskop lebih kuat seperti teleskop ruang angkasa James Webb sebagai pendamping teleskop Hubble.

Galaksi EGZ-ZS8-1 paling jauh yang pernah ditemukan

+Yale University, UC Santa Cruz