Fotographer Bartosz buat foto bulan seperti permukaan Mars


Digital | 5 May 2015

ddSatu foto bulan ini mungkin belum pernah kita lihat. Dibuat oleh fotographer atau lebih tepatnya astrofotografer dari Polandia Bartosz Wojczynski. Dia membuat foto bulan dengan gabungan 32 ribu foto terpisah. Bagaimana caranya membuat begitu banyak foto sampai sedemikian tajam.

Bartosz Wojczynski membagi warna dengan teknik warna violet dan infrared dari warna bulan dan memisahkan warna biru dan merah pada akhir foto. Untuk membuat foto bulan sangat tajam tersebut dibutuhkan waktu 28 menit, dengan 32 ribu foto dan menghasilkan 73,5GB.
Mengunakan camera monochrome ZWO ASI174MM sebuah sensor camera CMOS berukuran 1/1.2 inci dengan ketajaman 2,3Mpix terhubung ke USB 3.0.

Sensor camera untuk teleskop ZWO ASI174MM

Ditambah beberapa filter, mounting teleskop Skywatcher HEQ5 dan teleskop ukuran besar Celestron C9,25 atau setara lensa 2350mm f.10. Kalau ditanya berapa peralatan yang dipakai, tidak kurang dari $3500.

Dia hanya mengambil gambar foto bulan dari balkon rumahnya di Piekary Slaskie Polandia.

Teleskop untuk foto bulan dengan Celestron C9,25

Selesai mengambil foto, harus dilakukan proses lebih lanjut. Menghabiskan waktu 5-6 jam untuk menyatukan semua gambar dan menghasilkan 1 foto berukuran 14MB seperti dibawah ini.

Foto bulan paling tajam
Foto aslinya ada di halaman IMgur format JPG 2.2MB

Berita terkait
Astrofotografer Filippo dari Itali ini kreatif. Dia membuat pendingin camera agar tidak kepanasan. Sebuah bodi camera DSLR 5500 dipasangkan cooler yang disebut Primalucelab D5500a dipasangkan pendingin sel Peltier

Bipasha Shom menghabiskan liburan musim panas ke kota indah di Kolkata. Berada di daerah Bengal Barat India, dikenal dengan kota arsitek dari jaman Koloni. Shom meminta bantuan ke perusahaan Fujifilm dan menjelaskan proyeknya untuk membuat foto. Lalu pihak Fujifilm meminta detil apa yang akan dilakukan



Sehari sebelum gerhana Supermoon , fotografer Mark Gee memutuskan untuk mengambil gambar bulann dengan zoom. Hasilnya sebuah video dengan durasi 2 menit Photographer Moonrise. Ini uniknya membuat kita tersenyum.

Matteo Dunchi membuat sebuah foto galaksi Andromeda, M32 dan M110. Bila anda jeli, dapat melihat tepat di lingkaran diatas galaksi Andromeda terdapat M110. Galaksi M110 adalah galaksi kecil dengan jarak tidak berbeda jauh

Albert Dros fotographer ini pergi ke pinggiran kota, rencananya ingin membuat foto Milky Way. Maklum bulan Juni sampai Agustus adalah waktu paling tepat. Yang di dapat bukan garis galaksi saja, tapi stasiun ISS lewat dan meteor dalam waktu bersamaan

Elena Shumilova fotografer asal Rusia membuat foto untuk anak anaknya. Tapi karyanya memang indah. Dia membuat foto anak anak dengan binatang kesayangan. Karyanya dibuat ketika bermain bersama anak anaknya. Update - hasil fotonya sudah 60 juta kali dilihat

Fotographer Greg Boratyn mengatakan fotonya tidak sengaja dibuat seperti ini. Keberuntungan untuk mengabadikan sebuah foto landscape. Foto ini menjadi contoh yang baik, hanya satu foto menghasilkan pemandangan yang indah.



Jessica Ambats seorang pilot dan fotogapher pesawat. Terkadang dia perlu mengabadikan pesawat dalam jarak 20 meter dari dirinya. Pengalaman paling sulit untuk mengambil  foto 4 pesawat jet Citation milik swasta dan pesawat P51 Musteng dari perang dunia kedua.

Si fotographer ini menampilkan motornya keren di foto. Motor Yamaha R1 mengunakan cahaya minimal dilokasi. Bagaimana dia membuat foto motornya tampil menarik

Indonesia memang topnya untuk gunung berapi. Sampai seorang fotographer datang ke kawah Ijen pada tahun 2008, untuk mengabadikan kandungan sulfur. Katanya mirip seperti planet alien disana.




No popular articles found.
< /body>