Planet HD7924 setidaknya 3 planet ukurannya lebih besar dari Bumi


Science | 1 May 2015

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924 b, HD7924 c dan HD7924 d memiliki ukuran besar sekali. Paling kecil hanya 6x lebih besar dari ukuran Bumi.

Astronom dari observasi W.M Keck menemukan bukti pertama adanya planet di tata surya bintang HD7924. Setelah 5 tahun diteliti dengan tambahan peralatan teleskop robot Lick Observatory & Fairborn. Akhirnya ditemukan ada 3 planet disana. Ketiga planet berada pada orbit yang dekat dengan bintangnya.

Merkurius sebagai planet paling dekat dengan matahari memiliki orbit 88 hari. Dan jaraknya hanya 57 juta km, dan suhu disana sangat panas. Venus sebagai planet nomor 2 paling dekat dengan matahari, memiliki orbit 225 hari, juga menjadi planet terpanas pertama karena efek rumah kaca di planet Venus. Memiliki jarak 108 juta km.

Yang menarik dari 3 planet HD7924 b, c dan d.
Planet HD7924 b berada paling dekat dengan bintang, ukurannya 9,2x lebih besar dibanding planet bumi. Memiliki orbit 5,3 hari,
Planet HD7924 c sedikit kebelakang, ukurannya juga besar mencapai 7,9x ukuran bumi. Memiliki orbit 14,3 hari.
Planet HD7924 d sedikit lebih dibelakang, dan ukurannya tidak berbeda jauh dengan 6,4x dari ukuran Bumi. Orbitnya 24,5 hari.
Melihat waktu orbit planet ke bintang, ketiga planet tersebut diperkirakan sangat panas.

Posisi matahari kita ada di bagian depan. Pastinya ke 3 planet tersebut tidak akan masuk dalam daftar Exoplanet atau planet kembaran bumi. Karena ukuran planet disana sejauh ini tidak ada yang kecil.
Ilustrasi bentuk tata surya di HD7924, termasuk ukuran dari 3 planet yang ditemukan dibawah ini.

Planet di dekat bintang HD7924 ukurannya tidak ada yang kecil

Berita terkait
Planet Wasp-104b diperkirakan menjadi planet paling gelap yang pernah ditemukan. Benar benar gelap, sampai 97-99% cahaya diserap oleh planetnya sendiri layaknya rumah kaca di dalam planet

Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima



Bintang HH 212 adalah bintang yang baru lahir. Bila gas disekeliling bintang baru ini berhasil menjadi satu bulatan. Nantinya akan membentuk proto-bintang bar, dan di masa mendatang akan muncul planet.

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Awal Desember 2016 peneliti melihat sebuah planet seukuran Jupiter. Tapi yang ini berbeda dengan posisi planet Jupiter kita. Planet dengan nama Hat P7b memiliki jarak 1044 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya yang bongsor, dan terlalu dekat ke bintang.

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.



Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.

Planet TrES-2b disebut sebagai planet gelap. Dengan permukaan planet sangat hitam.  Jarak planet TrES-2b ke Bumi mencapai 750 tahun cahaya. Tidak seperti planet Jupiter memiliki awan amonia yang berwarna dan memantulkan cahaya.

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Planet VHS 1256b tidak terlalu jauh dari Bumi, hanya 40 tahun cahaya. Tapi ukuran planet tersebut sangat besar, dan mengorbit ke sebuah bintang katai merah yang kecil. Usia tata surya disana masih sangat muda, diperkirakan tidak lebih dari 300 juta tahun, bandingkan dengan tata surya kita sudah lebih dari miliaran tahun.

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar




No popular articles found.