Galaksi pelarian karena terganggu galaksi lain


Kategori : Science | Date : 27 April 2015
Alam semesta sangat luas dan besar. Banyak kejadian aneh sering ditemukan. Diawali ukuran bintang yang sangat besar di galaksi kita, planet berbatu sebesar Jupiter dimana manusia saja tidak mungkin hidup bahkan untuk berdiri disana. Planet X yang belum terlihat, bintang yang terlempar keluar dari galaksi sampai penemuan baru dari galaksi bertabrakan.

Satu penemuan baru tentang dunia kosmos adalah galaksi yang bisa lari. Galaksi Bima Sakti dimana kita tinggal berada di satu kluster galaksi atau kelompok galaksi. Letaknya memang berjauhan, tapi seakan terkumpul cukup dekat yang disebut lokal galaksi. Masing masing galaksi bergerak, dan ada yang mendekat atau mungkin menjauh.
Biasanya galaksi yang berdekatan, pada suatu hari akan bertabarkan lalu bergabung dan membentuk menjadi sebuah galaksi lebih besar.

Satu penemuan sebuah galaksi kluster yang satu ini, dimana satu galaksi terlempar sendirian sampai keluar dari kelompoknya. Astronom Igor Chilingarian dari Harvard Smitsonian mengatakan penemuannya pada jurnal Science. Sebuah objek galaksi terlihat melarikan diri begitu cepat dan diperkirakan tidak akan kembali ke kelompoknya. Bila sebuah bintang dapat terlempar dari galaksi dapat mencapai kecepatan 500km perdetik. Sebuah galaksi yang ukuran cukup besar dapat terlempar mencapai kecepatan 3.000km perdetik.

Awal dari penemuan Ivan Zolotukhin dari universitas Moscow untuk meneliti bentuk atau pola galaksi elips yang kompak atau saling berdekatan. Ditemukan sebuah galaksi besar, dan satu lagi galaksi mini lebih kecil yang mengorbit Mungkin ukurannya hanya 100 tahun cahaya. Dibanding galaksi Bima Sakti memiliki luas 100 ribu tahun cahaya. Bila di total berat galaksi kecil tersebut hanya 1/1000 dari galaksi ukuran biasa.

Dari 200 galaksi elips yang diamati, setidaknya ada 11 galaksi mini yang terisolasi dan ditemukan menjauh dari kelompok cluster galaksi. Menurut Ivan, galaksi tersebut terlihat pernah tertarik oleh gravitasi galaksi lain, lalu mendekat dan sebagian isinya masuk ke galaksi utama. Sedangkan sisanya melarikan diri atau terlempar kembali keluar dan menjauh.

Mengapa satu galaksi yang saling berdekatan tersebut bisa terlempar. Karena ada satu galaksi lain yang menganggu dan melintas masuk serta bergabung ke galaksi utama. Kejadian tersebut disebabkan gaya tarik dari 3 galaksi, dimana satu galaksi mini yang awalnya aman saja, ikut terbawa masuk ke galaksi utama. Tapi posisinya tepat dan membuat sebagian isinya tidak dimakan oleh galaksi yang lebih besar. Melainkan terlempar sendirian dari kelompok galaksi dan terus menjauh.

Seperti gambar dibawah yang disebut Runaway Galaxy.
  • Sebuah galaksi lebih kecil dalam jalur warna merah terlihat mendekati galaksi utama yang lebih besar. Disamping galaksi utama tersebut terdapat galaksi mini yang lebih kecil.
  • Jalur galaksi berwarna merah terlihat menganggu orbit galaksi mini dengan jaliur orbit warna biru. Dan galaksi yang masuk tersebut menarik galaksi mini.
  • Karena jalurnya tepat galaksi mini yang awalnya mengorbit di galaksi utama malah ikut terbawa sebagian ke dalam galaksi utama tapi terlempar keluar sendirian. Sedangkan galaksi yang menganggu sudah masuk ke dalam galaksi utama.
Galaksi pelarian karena terganggu akhirnya terlempar keluar dari kelompok

Berita terkait
Galaksi NGC 6052 letaknya 230 juta tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Hercules. Disana terlihat satu galaksi, tapi sebenarnya ada 2 galaksi. Mengapa terlihat satu, sangat mudah ditebak. Kedua galaksi sedang tabrakan. Diabadikan oleh teleskop Hubble dengan kerjasama antara ESA dan Nasa.

Suhu terpanas dan terdingin. Dimana kondisi tersebut dapat tercapai. Dan bagaimana para ilmuwan melakukan percobaan. Intinya mencari pembuktian teori yang pernah dikemukakan, dari teori pembentukan alam semesta dan penyebabnya.Salah satu tempat dengan temperatur suhu terdingin tidak jauh dari Bumi.



Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Mei 2017 diumumkan. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2018 diuji dengan kenyataan bila bintang tersebut berhasil lolos dan membuktikan teori Einstein kembali. Gravitasi dapat menarik cahaya, video ditengah galaksi

Tahun 2016 sebuah meteorit ditemukan oleh seorang pencari emas. Awalnya dianggap emas, tapi nilainya lebih berharga dari itu. Sebuah batu yang jatuh dari ruang angkasa menghasilkan mineral uakitite. Pembentukan mineral diperkirakan hanya terbentuk ketika terkena suhu 1000 derajat C. Mineral uakitite disebut sebagai materi langka karena terbentuk hanya dalam kondisi ekstrem.

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Galaksi GN-z11 menjadi galaksi terjauh yang diumumkan oleh badan antariksa Eropa ESA. Usianya diperkirakan hanya 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Mengalahkan rekor terjauh galaksis Galaksi EGSY8p7 yang mencapai 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang.

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.



Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Galaksi Sparky teerlihat seperti galaksi yang baru terbentuk. Menurut astronom, galaksi ini mulai terbentuk sejak 11 miliar tahun lalu. Tapi galaksi Sparky adalah pabrik bintang raksasa. Berdasarkan pengamatan teleskop, disana terbentuk 300 bintang setiap tahun karena padat

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Kedua galaksi ini menjadi galaksi terbesar di satu kluster. Tapi ada satu galaksi M33 sebagai galaksi terdekat kedua, dan galaksi ini sedang mengarah ke galaksi kita Bima Sakti.

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.




No popular articles found.