2015
Setiap tahun dari ilmuwan astronomi mengabarkan mereka menemukan planet baru.

Ada yang jauh ada yang dekat dengan tata surya kita. Walau disebut dekat, tentu manusia belum bisa pergi kesana.

Satu tata surya Tau Ceti memiliki jarak cukup dekat, hanya 12 tahun cahaya, tata surya disana dianggap menarik untuk dipelajari lebih lanjut.

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya.

2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti".

Kedua planet Tau Ceti e dan Tau Ceti e memiliki letak yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Mirip seperti kondisi biologi di Bumi.

Tau Ceti Planets solar system

Tapi bulan April 2015 ini, satu tim peneliti dari Arizona mengatakan mempublikasin penelitian terbaru dan hal berbeda diceritakan dengan satu planet disana. Melihat komposisi kimia di kedua planet tersebut seperti tipis sebagai tempat manusia. Matahari disana berukuran 78% dibanding ukuran matahari kita. Bintang Tau Ceti masuk ketegori kelas G dan tidak terlalu besar.

Disana ada 5 planet yang disebut dengan urutan Tau Ceti b,c,d,e dan f.

Orbit masing masing planet Tau Ceti
b = 13,96 hari
c = 35,36 hari
d = 94 hari
e = 168 hari
f = 642 hari

Dibelakang planet f terdapat satu lingkaran disk atau debu dan batuan seperti cincin. Cincin tersebut sementara akan menjadi masalah bagi planet disekitar. Bila terjadi gerakan, memungkinkan asteroid bergeser dan melenceng jatuh di sekitar planet.

Planet Tau Ceti e tepat berada di zona yang layak huni, walau sebelumnya Tau Ceti f dianggap lebih tepat. Untuk planet Tau Ceti f mungkin baru bisa mendapatkan kehidupan 1 miliar tahun nanti berdasarkan perhitungan biosfer di bumi. Sebelum mikroba bisa hidup di planet tersebut masih dibutuhkan 1 miliar tahun lagi.

Data yang disebutkan, matahari di tata surya Tau Ceti berbeda dengan matahari kita. Bitang disana mengandung magensium lebih besar dibanding bahan silikon. Kandungan magnesium tinggi dalam sebuah tata surya diartikan planet di dominasi Ferropericlase. Jadi planet disana kemungkinan memiliki bahan ultra padat. Dan memperlambat pergerakan lempeng di planet serta kegiatan gunung berapi. Dua proses tersebut menjadi bagian penting di Bumi tapi tidak di planet Tau Ceti.

Agustus 2017
Studi dari tim astronom internasional mengungkap 4 planet mirip bumi.

Planet dengan massar rendah sekitar 1,7 massa bumi.  Penulis utama Fabo Feng dari Univeresitas Hertfordshire Inggris mengatakan peneliti semakin dengan dengan pengukuran 10 cm perdetik dimana dibutuhkan untuk menditeksi analog bumi. Goyangan yang lemah seperti ini dapat menjadi tonggak sejarah dalam pencarian bumi.
Kami telah memperkenalkan metode baru untuk menghilangkan gangguan data ketika menangkap sinyal lemah dari transit planet.

2 planet terluar di sekitar bintang Tau Ceti cenderung menjadi kandidat yang kuat, artinya bisa menjadi hunian mahluk hidup.
Tim yang sama telah meneliti planet di Tau Ceti sejak 2013. Penulis Mikko Tuomi dari universitas yang sama mempimpun upaya dalam pengemabngan teknik analisa data dengan patokan bintang.

Potensi planet yang menarik adalah 2 planet paling belakang. berpotensi di huni di dalam sistem tata surya Tau Ceti.

Ilustrasi tata surya Tau Ceti seperti dibawah ini.

Tau Ceti Planets solar system 4 planet