Green | 25 April 2015

Kebun dirumah manfaat itu sehat


Rumah memiliki kebun di lahan terbatas, bahkan tidak memiliki ruangan untuk kebun kecil.

Banyak solusi, seperti membuat pot mini di depan rumah, atau ditempatkan di teras lantai atas, bahkan bisa ditaruh di dekat depan pintu.

Berkebun tidak harus memiliki lahan tanah. Bisa menanam pohon dengan pot kecil, besar, atau pot yang memanjang.

Tanaman dari kebun di halaman rumah bukan untuk penghijauan saja, tapi memberikan udara segar di sekitar rumah. Satu lagi alasan mengapa berkebun itu baik.

Berkebun baik untuk tubuh kita.
Pertama ada kegiatan, khususnya mereka yang tidak suka berolahraga. Berkebun bukan kegiatan wanita tapi bisa dilakukan oleh pria.

Bila memiliki lahan tanah untuk kebun, setiap 3 jam melakukan kegiatan di kebun sendiri setara 1 jam olahraga di Gym.

Manfaat lain dari kegiatan berkebun, menurunkan 27% serangan jantung, dan menghindari 30% resiko kematian

Dampak seperti berolahraga
Khusus untuk pria dapat menurunkan obesitas sampai 62%, sedangkan wanita 46%.

Berdasarkan sebuah studi, mereka yang berkebun ternyata lebih kurus dibanding orang yang tidak memiliki kegiatan olahraga, termasuk tidak berkebun di rumah. Data dari BMI, pria akan lebih kurus 2.36 point dan wanita 1.84 point



Manfaat berkebun untuk berolahraga

Memberikan bakteri melepas serotonin dan lebih sehat
Khususnya bakteria di dalam tanah, dengan adanya tanaman maka bakteri Mycobacterium bahagia dengan melepas serotonin. Zat tersebut baik untuk perilaku kita. Termasuk kesehatan kita menjadi lebih sehat.

Buah dan sayuran dari kebun sendiri.
Seandainya menanam pohon dari kebun dan sayuran sendiri dan bisa berbuah sehingga dapat dikonsumi oleh pemiliknya. Maka pemiliknya akan lebih banyak makan sayuran dari hasil kebun sendiri, sekitar 124g dibanding mereka yang tidak berkebun hanya mengkonsumsi sayuran 100g. Untuk buah juga lebih tinggi mencapai 95g dibanding mereka yang tidak berkebun hanya mengkonsumsi 60g.

Manfaat berkebun untuk diet



Kebun menghilangkan stress
Dampak positif melakukan kegiatan berkebun dapat menurunkan stres. Pembagian dari angka 0 sampai 40 point dari tingkat Cortisol atau hormon stress
Mereka yang nebeng kebun dapat menurukan kadar hormon stres mencapai 9,8, sebagai angka paling baik untuk menurunkan stress. Jadi tidak perlu punya kebun sendiri. Dan bisa nebeng membantu tetangga untuk kegiatan berkebun
Kebun di rumah sendiri 12, memiliki tingkat kedua terbaik dalam menurunkan stres
Berkebun di pinggir jalan, seperti depan rumah atau di jalan sepanjang rumah mencapai 13,6
Untuk kebun di dalam rumah sendiri mencapai 15,8

Manfaat berkebun untuk menghilangkan stress

Baik untuk otak kita.
Dengan melakukan kegiatan berkebun, otak kita menjadi terlatih. Berkebun memiliki beberapa kegiatan, seperti menyirap, menanam, memberikan bibit atau pupuk sampai mengenakan sarung tangan. Kegiatan tersebut melatih otak kita untuk mengingat dan menghindari otak kita menjadi lebih cepat tua. Misalnya memory atau daya ingat, dapat dilatih berdasarkan waktu rutin untuk menyiram tanaman.
Melatih fungsi otak ketika harus memutuskan untuk menaruh bibit atau memindahkan tanaman ke pot lain.

Kepuasan dalam hidup.
Khusus bagi orang tua diatas 65+ tahun, akan merasa kehidupan mereka lebih baik bila melakukan kegiatan berkebun.Angkanya mencapai 70,9%
Tetapi bagi mereka yang tidak berkebun atau lebih banyak nonton TV dan tidak banyak melakukan kegiatan. Angkanya hanya 57%

Itulah manfaat berkebun. Memiliki kebun kecil bisa dilakukan walau memiliki ruang terbatas di rumah. Dapat mengunakan pot kecil dengan tanaman yang tidak terlalu memerlukan perawatan. Atau memiliki tanaman yang cukup besar dan bermanfaat untuk menghasilkan sayuran dan buah buahan.

Data dari British Journal SPort Medecine, badan Hawkins dari laporan Allotment Gardening, Matthew D.M tentang bakteri Mycobactrerium dan data lainnya.

Artikel Lain

Sarapan sebelum olahraga atau tidak saparan. Ada yang khawatir kram bila makan, ada yang memilih makan lebih dahulu untuk energi selama olahraga. Sekarang ilmu pengetahuan menjelaskan apakah dampak makan sebelum dan sesudah berolahraga, termasuk pendapat ahli nutrisi.

Maria Branyas Morera memegang rekor manusia tertua di usia 117 tahun pada 2023. Lahir di Spanyol pada tahun 1907. Dan Fusa Tatsumi Jepang dengan usia yang sama, hanya berbeda bulan. tinggal di Jepang berbeda 2 bulan dari Maria Branyas.



Orang dewasa selama empat tahun yang semuanya menderita rasa sakit, pegal-pegal akibat radang sendi di lutut, pinggul, pergelangan kaki atau kaki mereka. Jadi siapapun yang ingin sehat, dan tetap normal sampai hari tua. Biasakan melakukan aktivitas berjalan 10  12 menit sehari saja.

Pertama kali pembuktian dari partikel beracun dari kendaraan diesel dapat masuk ke paru paru dan masuk ke aliran darah. Penelitian sebelumnya tidak dapat membuktikan mengapa partikel dari gas buang kendaraan bisa masuk ke dalam tubuh. Jangan dekat dengan asap knalpot mobil diesel

Banyak alat untuk penyemprot tanaman untuk kebun. Bagaimana bila kita membuat sistem penyiram tanaman di rumah. Disebut Sprinkle dapat menyebarkan air untuk menyiram tanaman. Dengan biaya murah, installasi mudah dan ketahui berapa banyak komponen yang dibutuhkan.

Bagaimana menanam sayuran di rumah. Tidak perlu bibit untuk daun bawang, bawang, selada, kentang, jahe, daun sawi. Karena sayuran ini dapat tumbuh dari tubuhnya sendiri. Cabai merah besar, dapat tumbuh dalam 3 bulan saja. Bagaimana cara menanam sayuran tersebut.

Memiliki rumah dengan kebun kecil, tapi tidak memiliki ide untuk merubah. Beberapa gambar ini dapat memberikan inspirasi dengan biaya murah dan cukup menempatkan kursi serta meja



Ada tanda tanda ketika kita kurang sehat, dan dapat dilihat tingkah laku kita dan apa yang dikeluarkan oleh tubuh. Beberapa tanda gangguan kesehatan dapat terlihat dari tubuh mesin kita agar peringatan dari tubuh tidak di kesampingkan.

Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.



Youtube Obengplus

Trend