Jepang seorang pilot boleh 67 tahun


Shortstory | 24 April 2015

Bila melihat pilot di Jepang terlihat senior, jangan heran. Jepang baru saja mencabut aturan untuk batas usia pekerjaan pilot sampai usia 67 tahun. Alasannya, kekurangan pilot di Asia.
  • Aturan sebelumnya membatasi pilot sampai usia 65 tahun, dan harus berhenti menerbangkan pesawat. Sekarang diijinkan sampai usia 68 tahun sebelum sang pilot berulang tahun.
  • Tahun tahun 2004 kekurangan pilot juga terjadi. Jepang menaikan batas usia pilot sampai 62-64 tahun, sekarang kembali dinaikan sampai maksimum 68 tahun.
  • Tahun 1996 batasi usia pilot sampai 62 tahun
Jepang memiliki 5900 pilot, termasuk 500 orang yang usianya sudah diatas 60 tahun. Karena banyak perusahaan penerbangan menawarkan penerbangan murah, Jepang kekurangan pilot untuk menerbangkan pesawat komersil. Bahkan beberapa ribuan jadwal penerbangan sempat di batalkan.

Batas Usia Pilot di Jepang Biaya perusahaan penerbangan memang mahal, termasuk biaya pensiun seorang pilot. Jika seorang pilot telah menerbangkan pesawat di usia 30 tahun, artinya panjang karirnya hanya 35 tahun saja. Dana perusahaan yang dikeluarkan untuk pilot sangat besar, karena mereka ingin pilot yang aman dan memastikan kecepatan pesawat seperti latihan dengan simulator. Bila seorang pilot dibiayai perusahaan, investasi baru kembali beberapa tahun kemudian.

Menurut ahli penerbangan Australia, Neal Hansford mengatakan usia pilot diatas 60 tahun sangat umum saat ini. Secara global bagi pekerjaan pilot yang trampil memang kurang. Kendalanya pada biaya, dimana perusahaan penerbangan kesulitan memberikan dana untuk pilot baru. Membuat pekerjaan pilot menjadi langka, khususnya di daerah Asia Pasifik.
Pilot senior yang sudah lanjut tetap akan dibatasi. Mereka hanya boleh bekerja selama 80% dari jadwal pilot normal. Atau mereka hanya diijinkan terbang  80 jam perbulan / 216 jam untuk 3 bulan.
Memiliki karir panjang sebagai pilot bisa memilih bekerja di Jepang. Setidaknya jaminan selama 35 tahun menjadi seorang pilot pesawat komersil perusahaan Jepang.

Berita terkait
Jembatan yang menghubungkan 2 kota Macau dan Hong Kong sampai daratan China selesai di bangun. Nilainya mencapai 20 miliar dollar atau setara 300 triliun Rupiah. Pembangunan selesai 9 tahun, mencapai jarak 55 km awal rencana dibuka pada tahun 2016. Tapi tertunda sampai akhirnya bulan Oktober 2018 diresmikan. Jembatan mampu menahan gempa 8 skala Richter, topan badai, sampai tertabrak kapal cargo.

Jepang sebagai negara yang rapi. Kereta terlambat maka masinis akan meminta maaf ke penumpang. Ketepatan transportas kereta MRT hanya berbeda dalam hitungan detik, kereta akan tiba sesuai jadwal. Bagaimana dengan taksi disana apakah sama tertib



Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.

Etihad Airlines hanya menjelaskan kabin kelas satu mereka di pesawat Airbus A380. Rute pesawat yang dilayani antara Abu Dhabi ke London, New York dan Sydney. Penerbangan perdana dimulai tahun 2015. Di dalam kabin terdapat LCD TV 32 inch, layar 27 inch di kamar tidur

Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.

Pekerja untuk wanita di Amerika, sejak tahun 1950an sampai sekarang tetap nomor satu adalah sekretaris. Mengapa pekerjaan ini tetap bertahan dan di dominasi wanita.




No popular articles found.