Nvidia NVLink mempercepat kinerja 2 GPU


Kategori : Technology | Date : 24 April 2015
Bagaimana cara kerja Nvidia NVLink, kabarnya kecepatan VGA akan meningkat drastis untuk tranfer bandwidth GPU dan ke komponen lain. Saat ini computer menangani VGA melalui jalur PCIe, seperti CPU dan chipset motherboard dipastikan melalui jalur PCIe.

Masalah di PCIe adalah bottleneck. Hambatan data membuat kecepatan VGA dengan multi GPU menurun, karena tidak mampu mengirim bandwidth secara maksimum.

Nvidia mengunakan teknologi NVLink. GPU tidak berkomunikasi langsung ke CPU atau chipset. Kecepatan tranfer dari CPU dan GPU mencapai 5-12x lebih cepat dibanding slot PCIe. Dengan kata lain performa dengan NVLink dapat meningkatkan tranfer 2x lebih besar dibanding PCIe.
Penanganan di jalur NVLink mengunakan utilitas dari alogaritma Fast Fourier Transform / FFT. Kecepatan melalui PCIe hanya terbatas sampai 16GB/s dengan NVLink dapat mencapai 80GB/s dengan maksimum 4 link atau 20GB/s setiap link.

Nvidia NVLink

Sebagai contoh dalam satu sistem computer. Bila memiliki 2 GPU, keduanya dapat digabung dengan 4 NVLink, dan kedua GPU akan berkomunikasi langsung melalui jalur NVLink yang lebih cepat dibanding memutar ke jalur PCIe. Sekaligus memberikan alokasi bandwidth yang tidak terpakai untuk CPU mengirim data ke GPU.
Nvidia mengatakan, IBM saat ini sudah mengintegrasikan fitur kedepan POWER CPU, dan penguna lain seperti departemen energi Amerika akan mengunakan teknologi NVLink.

Amerika memiliki supercomputer nomor 1 paling cepat, disusul China memiliki 2 supercomputer paling cepat di dunia.  Bulan Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit. Membutuhkan pendingin air, ruang 3000 meter persegi, ribuan chip procesor dan GPU Nvidia. Nomor 3 Supercomputer Sierra dengan kebutuhan power 11MW ketika bekerja.

Teknologi PCIe akan menangani trafik data. Seperti kebutuhan storage dan trafik ethernet, dimana computer masa depan membutuhkan kecepatan tranfer data sangat tinggi. PCIe 4.0 tidak akan muncul dalam waktu dekat untuk produk konsumen.

Quadro GP100 generasi GPU Pascal mendukung kccepatan tinggi NVLink di Windows atau WorkStation computer. GP100 bukan untuk gaming, tapi di bidang teknik. Seperti pembuatan konten, simulasi, aplikasi engineering dan virtual reality.



Generasi baru procesor Intel seri Knights Landing adalah jenis procesor Xeon Phi untuk supercomputing chip. Procesor tersebut memiliki kemampuan 3TeraFlops dan menjadi procesor paling cepat nantinya.

Supercomputer dengan GPU lebih efisien melakukan perhitungan dibanding CPU


No popular articles found.