Astronomi Blue Moon Juli 2015 atau tunggu 2018


Kategori : Shortstory | Date : 26 July 2015
Jumat 31 Juli 2015 akan terjadi Blue Moon, dimana bulan purnama terlihat seperti biru (semoga tampak warna biru), kejadian ini kembali terlihat tahun 2018 atau tepatnya pada bulan Januari dan Maret 2018. Disusul Januari dan Maret 2037.

Kejadian ini cukup langka, karena menjelang bulan purnama muncul 2 kali di bulan yang sama. Bluemoon masuk dalam satu kalender bulan dan terjadi sampai 2 kali dan terjadi setiap 2-3 tahun. Blue Moon atau bulan Biru sebelum tahun 2015 terjadi pada 31 Agustus 2012.

Blue Moon 31 Juli 2015

Blue Moon bukan bulan purnama penuh tapi akan memasuki purnama. Cahaya matahari tampak di bulan dengan posisi hampir mendekati purnama. Penampakan cahaya biru bukan hal aneh. Cahaya biru disebabkan atomosfer bumi
Jumat ini Blue Moon disebut sebagai Tipe 2, setelah bulan purnama terlihat pada 2 Juli 2015 lalu. Penampakan bulan Biru terjadi setiap 2,7 tahun sekali. Dan biasanya terlihat pada hitungan bulan dengan tanggal 31.

Blue Moon 31 Juli 2015

Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/6/Aplikasi-Astronomi-Android
www.google.com/mobile/skymap
Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.

Galaksi Sparky teerlihat seperti galaksi yang baru terbentuk. Menurut astronom, galaksi ini mulai terbentuk sejak 11 miliar tahun lalu. Tapi galaksi Sparky adalah pabrik bintang raksasa. Berdasarkan pengamatan teleskop, disana terbentuk 300 bintang setiap tahun karena padat



Galaksi dengan nomor NGC 1433 memiliki cahaya ditengah yang menyala. Tidak semua galaksi memiliki lubang hitam yang besar, sehingga bintang di tengah galaksi bisa aman dan tetap bercahaya. Bila galaksi memiliki lubang hitam sangat besar, seperti ini yang terlihat

Galaksi umumnya memiliki bentuk spiral atau elips (lingkaran), tapi galaksi ini agaknya berbeda. Jaraknya 100 juta tahun cahaya, dan di ambil gambarnya kembali oleh Hubble tahun 2000. Galaksi NGC 3081 dengan bentuk elips ini berbeda dengan memiliki bentuk cincin dan di dalamnya ada satu cincin lagi.

Seorang fotographer Alessandro membuat foto lain dari yang lain. Bulan dibuat lebih besar. Satu hari itu dia bersiap dengan membawa camera Canon 1D X, 400mm f2.5 dan 2 teleconverter

Jared Earle seorang admin dan fotographer mengabadikan foto supermoon atau bulan. Uniknya dia hanya mengandalkan iPhone dan sebuah teleskop. Mengunakan teleskop Celestron 5 inch, dan iPhone 4s, hasilnya mantap.




No popular articles found.