Galaksi Coma Cluster


Kategori : Science | Date : 9 April 2015
Coma Cluster atau satu kluster galaksi berada di konstelasi Coma Berenices. Tapi bisa terlihat dengan teleskop ukuran besar untuk kelas amatir. Posisinya berada di antara rasi leo dan Bootes, dan paling mudah dilihat pada musim semi dan musim panas.

Disana terdapat dua bagian yang menarik
  • Pertama gugus bintang yang ada di galaksi kita sendiri yaitu Coma Star Cluster.
  • Bila dilihat di sisi kanan terdapat galaksi Coma Cluster

Bila dilihat dengan aplikasi Astronomi tempat tersebut dapat dilihat seperti lokasi dibawah ini

Coma Cluster

Coma Star Cluster adalah tempat favorit untuk dilihat dengan teleskop. Galaksi Coma Cluster ini yang sulit dilihat karena jauh. Tapi bila menemukan tempat ini, setidaknya dapat melihat 10.000 galaksi yang menjadi milyaran bintang.

Seperti foto dibawah ini adalah galaksi Coma Cluster atau kelompok galaksi Coma. Diabadikan oleh Justin Ng seorang fotographer dari Singapura.

Galaksi Coma Cluster

Tentang galaksi Coma Cluster atau nama lain Abell 1656
Kelompok galaksi tersebut berada sangat jauh, mencapai 320 juta tahun cahaya, dan membentang 20 juta tahun cahaya dari sisi ke sisi lain. Kebanyakan galaksi disana berbentuk galaksi elips. Menariknya kelompok galaksi tersebut terus menjauh dari arah galaksi Bima Sakti. Mencapai kecepatan 6900km perdetik.

Ada 2 galaksi paling terang bila diamati dari teleskop di Bumi. Yaitu NGC 4889 dan NGC 4874. Keduanya memiliki ukuran 2-3x lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Sedangkan galaksi lainnya adalah galaksi kerdil. Penemu kelompok galaksi Coma Cluster ini adalah astronom Fritz Zwicky di tahun 1930an.
Bagi mereka yang memiliki peralatan astronomi, ada kesempatan untuk melihat kedua benda tersebut. setidaknya lebih mudah menentukan posisi keduanya pada saat ini.

Berita terkait
Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya

Peneliti menemukan sebuah galaksi Dragonfly 44, ukurannya tidak besar tapi sepi dengan bintang. Setelah diteliti ulang, bintang disana terkumpul sangat kompak dalam cluster masing masing.



Teori relativitas umum dari Einstein kembali terbukti. Yang ini bisa disebut sangat langkah, karena ditemukan tidak kebetulan. Sebuha benda yang sangat jauh dengan jarak miliaran tahun cahaya bisa tampak, bahkan yang ini disebut cincin Canarias Einstein memiliki cahaya sempurna.

Peneliti dari pusat International Centre Radio Astronomy menemukan sebuah galaksi yang luar biasa. Dinamakan NGC 4569 terlihat bergerak begitu cepat sampai meninggalkan gas di belakang galaksi sendiri sejauh 300.000 tahun cahaya. Bahkan gas yang tertinggal memanjang seukuran 5x dari ukuran galaksi NGC 4569.

Kelompok galaksi MACS J067 7015 diabadikan oleh teleskop Hubble. Usianya sangat muda, kurang dari 1 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Bentuk galaksi kuno ini berukuran kecil dan jumlahnya cukup banyak. Gambar diabadikan Hubble datang terlambat untuk dilihat oleh teleskop sampai 12 miliar tahun cahaya.

Galaksi Markarian 231 atau UGS 8058, ditemukan pada tahun 1969. Galaksi ini menarik karena mengeluarkan radiasi ultraviolet sangat kuat. Galaksi Markarian 231 berada 600 juta tahun cahaya dari Bumi. Apa yang akan terjadi dengan 2 lubang hitam disana.

Galaksi NGC 4676 adalah dua galaksi kecil, disebut juga galaksi Tikus (Mice). Keduanya berada di konstelasi Coma Berenices yang jaraknya 290 juta tahun cahaya dari Bumi. Mungkin sekarang, kedua galaksi sudah bergabung menjadi satu galaksi utuh



Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Kedua galaksi ini menjadi galaksi terbesar di satu kluster. Tapi ada satu galaksi M33 sebagai galaksi terdekat kedua, dan galaksi ini sedang mengarah ke galaksi kita Bima Sakti.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.




No popular articles found.