Helm paling mahal milik F 35


Stuff | 6 April 2015

Helm paling mahal buatan Loockeed Martin seharga $400000.

Menjadi helm dengan satu paket pesawat jet tempur F 35.

Apa bedanya dengan helm biasa, tentu bukan helm untuk menahan benturan pada kepala ketika terjatuh.

Helm tersebut menjadi sistem senjata paling rumit yang pernah dikembangkan kata The Washington Post. Pilot tidak perlu membalik pesawat untuk melihat musuh di bawah. Cukup menundukan kepala kebawah, dan melihat apa yang ada di bawah pesawat. Demikian juga ketika pilot menoleh ke belakang, maka yang tampil pada layar di helm adalah bagian gambar yang ada di belakang pesawat.

Pada badan pesawat F35 terdapat 6 camera inframerah, dan terhubung langsung ke helm pilot. Ketika pesawat melepaskan bom ke darat, pilot pesawat tempur tidak bisa memastikan apakah bom yang dilepas mengenai tepat sasaran. Karena pesawat harus secepatnya meninggalkan sasaran.

Pada helm F35, pilot tidak perlu memutar badan pesawat untuk memastikan bom yang dilepas mengenai sasaran. Cukup menoleh ke arah belakang maka gambar yang diambil camera belakang akan terlihat.

Al Norman seorang pilot penguji pesawat F35 mengatakan, ketika helm dipakai seakan melihat dunia lain. Semua informasi seluruh badan pesawat akan tampak di helm jet tempur F35.

Sama halnya dengan harga pesawat F35 memerlukan anggaran yang luar biasa. Tetapi cerita helm canggih F35 tidak lepas dari masalah.

Versi awal yang dibuat menyebabkan masalah turbulensi, adanya kelambatan pada gambar video dan menyebabkan pilot mabuk selama melakukan penerbangan. Bahkan teknologi night vision tidak bekerja terlalu baik dan banyak masalah lain.

Akhirnya helm F35 yang dibuat oleh BAE System tidak terlalu baik. Pentagon meminta perusahaan pesaing yaitu Rockwell Collin untuk membantu pembuat program yang dibutuhkan



Sekarang helm F35 sudah terintegrasi pada generasi ke 3, dan harga pembuatan mencapai $400.000.  Generasi baru, helm sudah bekerja dengan baik, bahkan antara pilot tempur dapat berbagi informasi. Helm tersebut dapat terhubung ke 4 pesawat F35 walau masih ada kendala dengan komunikasi.

Helm pilot pesawat F 35 menjadi helm paling mahal

Helm F-35 generasi ke 3 Helmet Mounted Display System (HMDS)
HUD terpadu, dari tampilan dan night vision.
HUD yang dipasang di atas helm, terintegrasi untuk pilot seperti menargetkan senjata, mempertahankan orientasi sambil terus memantau informasi kritis. Ditambah tampilan biokular pada siang dan malam.
Pilot dapat melihat sudut 30/40 derajat dan gambar diproyeksikan, sehingga pilot tidak perlu mengunakan perangkat khusus untuk penglihatan malam.
Sistem HDMS, memungkinkan pilot memantau target dengan melihat dan menunjuk, dan memverifikasi melalui datalink.


Berita terkait
Helm motor canggih ini disebut CrossHelmet, dirancang dapat melihat posisi depan langsung, dan posisi belakang. Sudut pandang menjadi 360, dengan gambar belakang tampak seperti HUD. Gambar di layar proyeksi memperlihatkan data lain, seperti navigasi, waktu, kapasitas baterai, kompas

Pasukan khusus Amerika ada di 135 negara, jumlahnya mencapai ribuan pasukan. Tapi dengan keahlian khusus, kekuatan mereka sangat besar. Menjadi ujung tombak dari pertempuran yang belum terjadi, bahkan tidak terjadi.



Kaca pelindung helm ini dapat beradaptasi dengan pencahayaan yang kuat dan kembali normal dalam hitungan detik. Yang ditawarkan adalah perlindungan dengan kaca UV yang disisipkan pada lempeng plastik polikarbonat yang tahan gores.

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Bila bandara modern sudah menangani sistem bagasi pesawat sangat aman, seluruh distribusi koper dilakukan dengan sistem elektronik. Barang bawaan akan aman di dalam tas koper. Tapi ada bandara masih mengunakan sistem lama dengan sedikit modernisasi. Bandar udara dengan sistem lama mungkin berbahaya bagi barang di dalam koper.

Pesawat F16 dari Turki mendarat sangat dekat dengan penonton yang berada di ujung landasan. Pesawat landing di acara Waddington Airshow. Asli bikin kaget penonton yang ada di ujung sana.

Walau pesawat Harrier sudah berumur tua, teknologi pesawat ini baru tergantikan oleh pesawat buatan Amerika. Pesawat Harrier mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Roda depan pesawat bermasalah, tapi pesawat bisa mendarat tepat di depan penyanggah




No popular articles found.
< /body>