Hemat energi dengan cara sederhana


Kategori : Green | Date : 4 April 2015
Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah

Microwave
Alat pemanas ini mengunakan listrik. Bila dihitung biaya peralatan microwave akan lebih hemat listrik. Begitu dijalan langsung akan memanaskan makanan, sedangkan panci atau oven membutuhkan waktu lebih lama sampai mencapai suhu tertentu. Tentu saja bukan untuk memasak air di microwave. Hanya untuk memasak yang singkat saja, seperti memanaskan makanan.

Cabut peralatan yang tidak dipakai.
Biasakan mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan. Adaptor, TV, Monitor dan peralatan yang sudah menyebut Green Energy memang menghemat power. Ketika tidak dipakai hanya mengunakan sedikit power listrik. Tetapi bila dicabut atau dimatikan total aliran listrik, akan lebih hemat lagi. Karena tidak ada pemakaian daya listrik dirumah bagi peralatan yang sementara tidak dipakai.

Menanam pohon dirumah
Rumah dengan kebun atau hanya memiliki sedikit ruang bisa ditaruh tanaman. Seperti kebun mini, dimana tanaman ditaruh diatas pot. Dengan menempatkan pot di rumah, membuat udara lebih sejuk. Investasi menanam pohon dirumah juga murah, dengan mencari tanaman berukuran sedang, untuk menahan cahaya matahari langsung masuk ke jendela.

Perbaiki peralatan dirumah.
Menganti lampu dengan lampu hemat energi. Seperti lampu LED dapat menghemat listrik walau tidak akan memangkas seluruh biaya listrik seluruhnya. Setidaknya komponen lampu dirumah yang menyala sepanjang malam dapat diperkecil.
Peralatan listrik dirumah yang tidak efisien, seperti AC terlalu besar dan model lama akan memakai daya listrik terlalu besar. Gunakan AC tipe 3 Phase dengan teknologi terbaru. Walau harganya lebih tidak murah, bila dihitung biaya pertahun dapat memangkas tagihan listrik cukup signifikan. Atau melakukan perawatan AC secara rutin, khususnya membersihkan bagian heatsink pendingin yang sering tertutup debu dan membuat AC kurang dingin
Hindari pengunaan pemanas dispenser bila tidak diperlukan. Karena peralatan ini akan terus berjalan sepanjang hari untuk menjaga suhu air. Bayangkan bila sepanjang malam tidak digunakan , sementara peralatan dispenser terus saja bekerja dan mengunakan power listrik dirumah. Karena kulkas di setiap rumah akan tersedia dan selalu bekerja setiap hari akan lebih hemat bila menaruh botol air di dalam.

Masih banyak cara untuk menghemat energi, walau tidak semua cara bisa dilakukan seperti diatas. Mungkin ada beberapa cara diatas yang bisa dilakukan di rumah anda.

Cara hemat energi dengan cara sederhana

Pengembangan mesin AC telah berusia 100 tahun. Mengambil tenaga dalam proses pendinginan. Tapi teknologi baru dari peneliti Singapura NUS membuat mesin pendingin berbasis bahan air. Lebih hemat 40% konsumsi listrik di daerah tropis

Anda sering melihat sebuah kantong kecil di dalam kotak barang elektronik, sepatu atau tas baru. Jangan dibuang, benda tersebut adalah silika gel. Bentuk seperti bola kecil bening, memiliki beberapa manfaat.

Akibat nyeri otot setelah berolahraga dapat terjadi sampai satu atau dua hari. Kejadian ini dapat terjadi dari atlet profesional sampai mereka yang berjalan di tangga. Bagaimana menghindari nyeri otot yang disebut DOMS



Perkiraan pertumbuhan game akan meningkat, dan transisi terjadi antara game console akan dikalahkan oleh PC game pada tahun 2016. Sayangnya tren ini membuat masalah energi listrik. Satu jurnal dari Energy Effiiciency menyebut computer gaming boros listrik dan menghabiskan 75 terawatt jam setahun.

Beberapa tahun lalu, di Amerika sedang dibangun pembangkit listrik turbin angin. Begitu banyaknya sampai pada tahun 2015, industri listrik menginstall kelebihan power dari sumber energi listrik di Amerika. Cukup untuk 10 juta rumah di Amerika saja.

Kota Texas malah kelebihan listrik, karena disana memiliki instalasi listrik tenaga angin. Dibanding kota lain, Texas memiliki pembangkit listrik tenaga angin lebih banyak. Apa yang dilakukan dengan surplus listrik disana. Perusahaan listrik memberikan listrik Gratis.

Pembuatnya Floris Schoonderbeek dari perusahaan Weltevree membuat kulkas tanpa listrik. eperti bola besar , struktur dari bahan polyester lalu dimasukan ke dalam tanah. Ruangan seperti bola tersebut akan memberikan suhu antara 10-18 derajat Celcius sepanjang tahun di daerah tertentu.



Suhu panas di Italia, baru mencapai puncak sampai 32 derajat Celcius. Suhu disana rata rata hanya 23 derajat Celcius. Komponen di mobil Renoult tidak tahan sampai bagian plastik terlihat meleleh

November 2014 sebuah perusahaan memasang solar cell di jalur pejalan kaki dan jalan sepeda di Belanda. Setelah 6 bulan di uji coba hasilnya malah menghasilkan listrik lebih besar. Mencapai lebih dari 3000 kWh dengan panjang solar cell yang digelar di jalan

Perancis menjadi negara yang tertarik lingkungan. Seperti kemarin menara Eiffel baru dipasang 2 turbin angin ukuran besar. Sehingga listrik di menara tidak lagi mengandalkan pasokan listrik dari jaringan listrik biasa. Aturan baru hanya diberlakukan untuk gedung komersil

Apakah mobil listrik ramah lingkungan. Pengisian baterai mobil listrik terkait dengan jaringan listrik dari rumah. Bila semua kendaraan diganti dengan mobil listrik, penyebaran panas mobil listrik hanya 20% dibanding mobil bahan bakar biasa. Artinya kota akan berkurang mengalami polusi panas dari kendaraan.

Apa yang dilakukan seorang ilmuwan roket di waktu luang mereka. Ternyata mendisain alat masak. Seorang profesor universitas Oxford menciptakan alat masak atau panci dengan pemanas lebih cepat.

Avalanche Energy membuat pemanas air ThermalSquare dengan tenaga surya dengan disain disk TV satelit. Ukuran lebih kecil, panas cahaya matahari dipantulkan ke arah cermin pertama dan dipantulkan kembali ke sebuah cermin. Cahaya yang sudah memfokus baru diarahkan dari cermin kedua


No popular articles found.