Ingin hemat energi ada beberapa cara sederhana. Dari menanam pohon dirumah, mematikan peralatan dari stop kontak, mengunakan microwave atau memperbaiki peralatan yang ada dirumah

Microwave
Alat pemanas ini mengunakan listrik. Bila dihitung biaya peralatan microwave akan lebih hemat listrik. Begitu dijalan langsung akan memanaskan makanan, sedangkan panci atau oven membutuhkan waktu lebih lama sampai mencapai suhu tertentu. Tentu saja bukan untuk memasak air di microwave. Hanya untuk memasak yang singkat saja, seperti memanaskan makanan.

Cabut peralatan yang tidak dipakai.
Biasakan mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan. Adaptor, TV, Monitor dan peralatan yang sudah menyebut Green Energy memang menghemat power. Ketika tidak dipakai hanya mengunakan sedikit power listrik. Tetapi bila dicabut atau dimatikan total aliran listrik, akan lebih hemat lagi. Karena tidak ada pemakaian daya listrik dirumah bagi peralatan yang sementara tidak dipakai.

Menanam pohon dirumah
Rumah dengan kebun atau hanya memiliki sedikit ruang bisa ditaruh tanaman. Seperti kebun mini, dimana tanaman ditaruh diatas pot. Dengan menempatkan pot di rumah, membuat udara lebih sejuk. Investasi menanam pohon dirumah juga murah, dengan mencari tanaman berukuran sedang, untuk menahan cahaya matahari langsung masuk ke jendela.

Perbaiki peralatan dirumah.
Menganti lampu dengan lampu hemat energi. Seperti lampu LED dapat menghemat listrik walau tidak akan memangkas seluruh biaya listrik seluruhnya. Setidaknya komponen lampu dirumah yang menyala sepanjang malam dapat diperkecil.
Peralatan listrik dirumah yang tidak efisien, seperti AC terlalu besar dan model lama akan memakai daya listrik terlalu besar. Gunakan AC tipe 3 Phase dengan teknologi terbaru. Walau harganya lebih tidak murah, bila dihitung biaya pertahun dapat memangkas tagihan listrik cukup signifikan. Atau melakukan perawatan AC secara rutin, khususnya membersihkan bagian heatsink pendingin yang sering tertutup debu dan membuat AC kurang dingin
Hindari pengunaan pemanas dispenser bila tidak diperlukan. Karena peralatan ini akan terus berjalan sepanjang hari untuk menjaga suhu air. Bayangkan bila sepanjang malam tidak digunakan , sementara peralatan dispenser terus saja bekerja dan mengunakan power listrik dirumah. Karena kulkas di setiap rumah akan tersedia dan selalu bekerja setiap hari akan lebih hemat bila menaruh botol air di dalam.

Masih banyak cara untuk menghemat energi, walau tidak semua cara bisa dilakukan seperti diatas. Mungkin ada beberapa cara diatas yang bisa dilakukan di rumah anda.

Cara hemat energi dengan cara sederhana