Pemakaian internet aplikasi telepon internet yang hemat


Software | 4 April 2015

Apakah aplikasi Android memang semua hemat kuota internet

Telepon internet, dari Skype, Google Hangout, Line, Kakaotalk , Google Duo, Whatsapp dan lainnya.

Sudah menyediakan Voice Call, atau telepon mengunakan jaringan internet.

Masalahnya, siapa yang paling hemat bandwidth, setidaknya bisa menghemat kuota 3G atau 4G.

Bagi mereka yang mengambil paket data tanpa batas (unlimited), tentu pemakaian bandwidth tidak masalah.

Hanya saja, mereka yang mengunakan kuota kecil (limited), setidaknya harus jeli memilih aplikasi apa yang kira kira tidak membebankan pemakaian kuota internet. Android Authority melakukan test dari 10 Voice Call aka telepon internet yang tersedia di aplikasi Messenger smartphone.

Bagaimana mereka menguji. Pengujian dengan 1 jam, seperti percakapan biasa. 30 detik mengirim data untuk berbicara, dan 30 menit untuk menerima pembicaraan dari telepon lain. Masing masing aplikasi chatting yang menyediakan telepon internet dicatat, dan berapa total pemakaian bandwidth internet yang dipakai. Mengapa mengunakan percakapan dari mengirim pembicaraan dan menerima.

Test ini membuat simulasi percakapan seseorang selama 1 menit. Dan total pengunaan data internet dihitung total dari menerima dan mengirim, karena kuota internet dari provider dihitung dari pemakaian total bandwidth internet.

Hasilnya test telepon internet paling hemat menjadi unik, dan tidak seluruhnya sama.

Dibawah ini aplikasi paling hemat bandwidth untuk Voice Call atau telepon internet dalam satuan KB.

Grup pertama paling hemat bandwidth antara 300-400KB
  1. KakaoTalk 318
  2. Facebook Messenger 333
  3. Numbuzz 366
  4. Line 374
Grup kedua antara 400-500KB masih cukup hemat


  1. Magic Jack 493
  2. Viber 497
Grup ketiga diatas 600KB paling besar mengunakan bandwidth sampai 2x lebih besar dari aplikasi paling hemat
  1. Tango 614
  2. Hangouts 618, menjadi Google Chat
  3. Whatsapp 740 (setting tanpa hemat bandwidth)
  4. Skype 875
Skype paling boros mengunakan trafik internet, setidaknya 2,7x lebih boros dari KakaoTalk. Demikian juga Whatsapp, hampir sama borosnya. Misalnya ngobrol selama 1 jam, antara Skype dan Kakaotalk akan memiliki selisih 33,4MB (33.400KB).

Tarif paling murah seperti KakaoTalk karena mengunakan trafik data 318KB permenit Bila tarif  internet normal Rp.2/KB, biaya pembicaraan permenit tinggal dikalikan 2 dengan KB yang terpakai, mencapai Rp.636.

Bila mengunakan Skype tinggal dikalikan 2,7. Bila satu jam ngobrol dengan KakaoTalk, dikalikan 60 menit setara 38 ribu rupiah. Bila teman disana mengunakan internet rumah dan ngomong terus, yah siap saja pulsa telepon kita garing terpakai untuk kuota internet.

Informasi diatas untuk pemakaian dengan kuota internet. Bagaimana bila tidak dipakai
Setiap aplikasi mengunakan paket data yang bekerja secara background. Gunanya untuk menghubungkan penguna ke server layanan.
Trafik internet akan digunakan selama aplikasi aktif. Bagaiaman mematikan aplikasi yang tidak banyak digunakan di smartphone agar dapat menghemat kuota internet.

Di Android 7 memiliki fitur Bandwidth Saver, aplikasi yang bekerja di background tidak dapat mengunakan kuota internet. Dengan catatan, aplikasi yang bekerja di smartphone baru aktif ketika layar aplikasi dibuka.

Sedangkan versi Android lain, perlu dibantu dengan aplikasi lain untuk mematikan aplikasi. ShutApp dapat menonaktifkan aplikasi yang sudah di install.
Aplkiasi All In One Toolbox memiliki fitur Boost untuk menonaktifkan load aplikasi dari start-up.
Cara paling mudah dengan melihat di bagian Setting, pilih App, dan lihat dibagian Running App. Matikan aplikasi dari menu tersebut

Berapa tepatnya, dapat diperiksa sendiri mengunakan aplikasi Internet Speed Meter

Berita terkait
Layanan VPN untuk privasi semakin meningkat. Penguna internet membutuhkan layanan untuk keamanan dan privasi. Tetapi tidak semua layanan VPN berkata sebenarnya. PureVPN baru terungkap memiliki sistem Log di computer. 7 layanan VPN lain Sep 2019

Microsoft mengupdate IE browser dan Microsoft Edge. Update MS16-112 untuk perbaikan Windows Lock Screen. Dan MS16-117 untuk update Adobe Flash Player



Google Camera dapat di download di Google Play. Aplikasi camera ini membuat kemampuan camera smartphone dengan setting DSLR. Seperti fitur 360 derajat, efek blur, foto panorama , Sphere dan video. Update recording video dan foto shoot dapat dilakukan bersamaan di versi Google Camera 3.2

Beli aplikasi di Google Play dengan akun Indosat untuk Matrix, Im3 dan Mentari. Telkomsel dan XL/Axis sudah memiliki layanan Direct Carrier Billing untuk belanja aplikasi di Google Play. Aplikasi Google Play di Indonesia boleh dijual Rp.3000, dari sebelumnya Rp.12.000.

Microsoft Fix It adalah aplikasi dengan ukuran kecil dan tidak perlu disetup oleh pemilik computer Windows. Fungsinya untuk menditeksi masalah di OS Windows, dari versi Windows Vista sampai Windows 7. Untuk Windows 8 keatas, Microsoft Fix It belum dapat menangani.




No popular articles found.
< /body>