Planet seukuran bumi di bintang kembar mungkin ada tapi belum ditemukan


Science | 1 April 2015

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Satu studi dari para astronom ditulis dalam sebuah jurnal. Bumi dengan matahari kembar adalah hal umum di alam semesta ini.

Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Karena gravitasi 2 bintang akan menciptakan gelombang dari debu dan gas sehingga tidak membentuk planet berbatu ukuran besar.

Tapi penemuan terbaru menunjukan planet berbatu seperti bumi bisa saja terjadi walau di tata surya tersebut memiliki 2 bintang kembar. Peneliti Ben Bromley dari universitas UTAH dan Scott Kenyon dari Smithsonian Astrophysical Observatory mengatakan planet berbatu bisa terbentuk bila ada 2 bintang kembar di tata surya. Pembentukan planet berbatu memiliki kemungkinan yang sama antara tata surya dengan satu bintang atau lebih.

Contoh yang ditemukan pada planet Kepler 16b pada tahun 2011. Planet tersebut berada di posisi yang tepat untuk habitat atau mahluk hidup. tapi  ukuran planet Kepler 16b tidak cocok untuk manusia tinggal, karena besarnya setara 1/3 dari ukuran planet Jupiter. Walau memiliki kombinasi materi terbesar planet separuh batuan dan separuh gas

Sejauh ini teleskop Kepler telah menemukan ribuan planet berbatu pada posisi layak huni. Setidaknya 7 planet mengorbit pada bintang kembar disana. Tapi dari ke 7 planet yang ditemukan berukuran besar dan termasuk planet gas raksasa atau hampir sama komposisinya setara planet gas.
Jadi pencarian planet yang tepat dari  bintang kembar belum pernah ditemukan seperti planet Tatooine di film Star Wars. Cerita ini sama seperti pencarian planet X atau planet lain setelah Pluto tapi ukurannya lebih besar. Yang mungkin belum terlihat juga sampai saat ini.

Tapi ilmuwan tidak menyerah mencari planet dengan ukuran yang tepat seperti Bumi dan berada di bintang kembar. Mereka akan terus melacak keberadaan planet jenis ini. Bila suatu hari nanti satu planet saja dapat ditemukan, mungkin cerita di dunia astronomi akan berbeda dan cerita dari film Star Wars menjadi kenyataan.

Planet with Twin Sun

Berita terkait
Planet 3470b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dan memiliki kandungan air. Tetapi penelitian tahun 2018, ini bukan planet biasa. Ukuran sebesar planet Neptunus, bahkan panas kerena mengorbit lebih dekat ke bintang.

Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima



Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Sebuah komet dari kelompok Kreutz tertangkap teleskop pengamatan matahari atau SOHO langsung menghantam masuk ke matahari. Dari 3000 komet, satu tertanggal 3-4 agustus 2016, komet Kreutz terlihat terbang melintas ke arah matahari, tapi orbit komet tidak lolos dan langsung menuju ke matahari.

Di bintang Kepler 223 ditemukan beberapa planet, menjadikan bintang ini sebagai tata surya langka. Karena posisi planet disana saling menganggu sampai akhirnya bisa saling menyeimbangkan orbitnya Tapi pergerakan planet berhenti setelah keseimbangan baru dicapai oleh orbit 4 planet.

Planet baru yang terlihat oleh tim ESO dapat diperkirkan seperti apa bentuk planet nantinya terbentuk. Awalnya masih sebatas teori, sekarang mulai dibuktikan bahwa planet baru akan menyapu debu dan gas dari sisa bintang dan membuat planet tumbuh menjadi besar.

Planet GJ 1132b ditemukan mirip bumi. Jaraknya 39 tahun cahaya dari bumi, tapi ukuran planet saja yang hampir sama. Sekitar 1,2x lebih besar dari Bumi. Tapi disana sangat panas. Disebut sebagai planet Venus seukuran Bumi, memberikan kesempatan astronom melihat planet ini dan mempelajari tentang dunia di luar tata surya.



3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Planet VHS 1256b tidak terlalu jauh dari Bumi, hanya 40 tahun cahaya. Tapi ukuran planet tersebut sangat besar, dan mengorbit ke sebuah bintang katai merah yang kecil. Usia tata surya disana masih sangat muda, diperkirakan tidak lebih dari 300 juta tahun, bandingkan dengan tata surya kita sudah lebih dari miliaran tahun.




No popular articles found.