Sering membaca planet lain, mungkin lupa dengan planet Bumi sendiri.

Planet Bumi adalah planet ketiga dari matahari. Satu satunya planet di tata surya yang memiliki kandungan oksigen , laut dari air yang cair di permukaan, tentu saja kehidupan kita.

Bumi adalah planet ke lima terbesar di tata surya. Tapi paling kecil ukurannya dibanding 4 planet gas seperti Jupiter, Saturnus, Neptunus dan Uranus. Tapi Bumi menjadi planet terbesar berbatu di antara Merkurius, Venus dan Mars.

Diameter atau lingkaran bumi sekitar 13 ribu km, terlihat bulat karena gravitasi inti bumi, tapi bumi tidak bulat utuh. Bagian kutub lebih kecil sedangkan di bagian khatulistiwa sedikit membengkak. Permukaan Bumi yang tertutup air (lautan) mencapai 71%. Seperlima kandungan gas atmofer di bumi adalah oksigen yang dihasilkan oleh tanaman.

Putaran bumi sebenarnya 23,439 jam, atau sekitar 365,26 hari setiap kali mengelilingi matahari. Sumbu bumi sedikit miring. Di belahan utara dan selatan terkadang memiliki jarak mendekat dan menjauh dari matahari. Membuat daerah kutub akan mengalami musim lebih lama. Sebagian daerah kutub akan mengalami musim panas yang lama atau musim dingin setiap 6 bulan. Gelap 6 bulan dan terus terjadi siang hari selama 6 bulan.

Orbit Bumi juga  menarik. Tidak bulat utuh tapi sedikit Oval ketika mengelilingi matahari. Kadang jarak Bumi ke matahari sedikit menjauh dan mendekat. Bumi akan lebih dekat dari matahari di awal Januari, dan menjauh lagi pada bulan Juli.

Posisi bumi disebut zona Goldilock atau posisi yang tepat untuk kehidupan. Tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin dan paling cocok untuk kehidupan "manusia". Artinya air pada posisi bumi sekarang tidak membeku. Berbeda dengan di Mars, air kemungkinan besar akan membeku,. Sedangkan di Merkurius dan Venus, air akan menguap karena panas.

Dibawah ini posisi Bumi
  • Rata-rata jarak dari matahari: 92.956.050 mil (149.598.262 km)
  • Perihelion (pendekatan terdekat dengan matahari): 91402640 mil (147.098.291 km)
  • Aphelion (jarak terjauh dari matahari): 94509460 mil (152.098.233 km)
  • Panjang hari matahari (rotasi tunggal pada porosnya): 23,934 jam
  • Panjang tahun (revolusi tunggal mengelilingi matahari): 365,26 hari
  • Equatorial kecenderungan untuk mengorbit: 23,4393 derajat

Asal mula Bumi.
Ini berdasarkan teori.
Ilmuwan memperkirakan pembentukan bumi terjadi bersamaan dengan pembentukan matahari dan planet lain. Sekitar 4,6 miliar tahun lalu. Ketika pembentukan, bumi belum ada dan hanya materi gas dan debu di ruang angkasa. Ketika itu disebut Nebula Surya. Sisi gas yang paling ringan akan tertarik menjadi matahari.



Karena angin matahari, membuat materi lebih ringan terdorong. Lalu debu dan sebagian kecil gas mulai terkumpul dan membentuk asteroid, dan menjadi planet. Sedangkan gas hidrogen dan helium lebih banyak terkumpul di planet Jupiter dan planet dibelakangnya.

Ilmuwan memperkirakan dahulunya bumi tidak memiliki begitu saja air. Bahan radioaktif dari batuan dan meningkatnya tekanan di dalam bumi menghasilkan inti bumi semakin panas. Lalu melelehkan interior bumi, menyebabkan bahan kimia naik ke permukaan dan membentuk air. Sedangkan gas naik menjadi atmofer sekarang ini. Lalu kapan lautan terbentuk, diperkirakan 200 juta tahun setelah pembentukan awal planet Bumi,.
Bumi terbentuk dalam 4 tahapan.

Magnetik Bumi
Bumi memiliki magnet yang dihasilkan oleh inti bumi. Arah magnet berubah ubah, dengan gerakan 40 km pertahun di kutub. Medan magnet bumi juga berubah, sejak abad ke 19 kekuatan medan magnet bumi melemah sampai 10%. Tapi perubahan tersebut dianggap wajar, dibanding masa lalu medan magnet bumi bisa bertukar tempat dari arah utara ke selatan
Ketika partikel bermuatan dari matahari terjebak oleh medan magnet bumi. Menyebabkan cahaya yang disebut aurora.

Seperti apa magnetik bumi, tidak terlihat. Untuk membuktikan dapat melihat kompas dengan jarum, itulah bentuk magnetik bumi.

Magnet bumi tidak berfungsi sebagai alat penunjuk arah. Tapi melindungi bumi dan isinya dari sinar kosmik yangmerusak, serta angin surya yang kuat. Hal tersebut juga melindungi manusia tidak terkena radiasi langung, melindungi air dan oksigen tetap bertahan di Bumi.

Badan antariksa Eropa ESA pengirim peralatan Swarm pada tahun 2013, trio satelit tersebut khusus untuk memetakan sinyal magnetik Bumi dari berbagai daerah. Termasuk mantel Bumi, inti, kerak bumi, lautan, ionosfer dan magnetosfer.

Peneliti dapat menyimpulkan dimana letak magnet bumi yang lemah dan kuat. Posisi lemah ada di bagian Amerika Utara sekitar 3,5%, tetapi diperkuat di area Asia 2%. Apakah mengkhawatirkan bila magnet bumi melemah di satu tempat. Magnetik bumi  akan melemah pada daerah tertentu, karena terjadi perubahan berkali kali. Dan saat ini sedang bersiap melakukan putaran, terakhir terjadi ketika zaman batu.
Peneliti percaya bila magnet bumi dihasilkan oleh inti bumi yang berbentuk logam cair dan bergejolak dibawah kerak bumi, sampai menghasilkan arus listrik yang disebut medan magnet.

Magnet Bumi sebagai perisai radiasi matahari


Dalam sejarah pembentukan Bumi ada yang disebut Hadean, Archean, Proterozoic dan Phanerozoic

Tahap Hadean, Archean, Proterozoic terjadi pertama dan disatukan menjadi masa Precambrian, berlangsung selama 4 miliar tahun. Masa ini diperkirakan belum banyak ada kehidupan, bahkan kehidupan purba baru terbentuk.
Tahap Paleozoic dibagi menjadi 3.
  • Paleozoic adalah pertumbuhan dari tanaman di laut dan daratan.
  • Mesozoic adalah masa dinosaurus
  • Cenozoic adalah masa manusia sekarang
Hewan pertama ada adalah tipe invertebrata sepeti karang, moluska dan trilobita. Lalu ikan muncul pada 450 juta tahun lalu, dan amfibi muncul setelah 380 juta tahun lalu. 300 juta tahun lalu, hutan dan rawa mulai menutup tanah, dan fosil paling awal dari reptil ditemukan pada masa yang sama.
Kapan dinosaurus muncul, berdasarkan cacatan fosil ditemukan 200 juta tahun lalu. Dan sejak itulah, tumbuhan berbunga menjadi kelompok tanaman yang dominan sampai hari ini.


Tentang Bumi dari pembentukan dan mahluk hidup

Era Conozoic adalah mahluk hidup yang bertahan sampai sekarang dan terbentuk sejak 65 juta tahun lalu. Ilmuwan memperkirakan musnahnya dinosaurus akibat kejadian kosmik.

Selanjutnya - Perubahan Bumi khususnya pemanasan dan air