ISS dan roket modul Soyuz bagaimana pergi ke stasiun ruang angkasa


Kategori : Science | Date : 26 March 2015
Bagaimana roket Soyuz mengirim modul ruang angkasa termasuk 3 astronot ke stasiun ruang angkasa ISS. Apakah langsung terbang ke atas dan menyatu dengan ISS. Modul antariksa tidak langsung terbang tapi mengejar stasiun tersebut. Ada tahapan untuk menyamakan posisi, sebelum modul terhubung ke pintu stasiun



Modul Soyuz membawa maksimum 3 astronot, ruang yang kecil tersebut tidak langsung menuju ISS. Tapi harus melakukan manuver di ruang angkasa sebelum sampai di stasiun ruang angkasa.



Tahapan pengiriman modul ke stasiun ISS dibawah ini
Setelah modul Soyuz berada di ruang angkasa, posisinya akan berada di orbit ISS.
Posis modul Soyuz akan terbang harus beada di ketinggian lebih rendah dari stasiun ISS. Dan mengejar kecepatan stasiun ISS dari ketinggian lebih rendah. Posisi modul memiliki waktu orbit selama 80 menit, sedangkan ISS yang lebih tinggi mencapai 90 menit untuk satu putaran orbit bumi.



Setelah berada di depan ISS, modul harus memastikan garis orbit yang sama atau sejajar dengan stasiun ISS. Tetapi posisinya tetap berada di belakang ISS. Modul akan mengejar kecepatan ISS sampai berada di depan.



Setelah modul mengejar lebih cepat dan berada di depan, stasiun ISS sudah berada di belakang modul Soyuz.
Modul Soyuz kembali melakukan koreksi untuk menaikan ketinggian di orbit ISS. Disebut Hohmann Tranfer, modul akan menaikan ketinggian dengan melepaskan tenaga dari roket pendorong dan naik ke lintasan orbit ISS , dan proses penyesuaian orbit berlangsung selama 45 menit.


Setelah naik, roket melepas power kembali sebagai tahap mengkoreksi garis orbit modul tetap sejajar lintasan ISS.
Setelah modul mencapai garis lintasan ISS, modul sudah berada di depan ISS.
Tapi tunggu, modul tidak langsung dikejar oleh ISS yang ada di belakang.
Modul antariksa harus memutar posisinya agar mounting pintu yang ada di depan dibalik ke belakang, dan terus menyesuaikan posisi agar tepat berada di depan ISS. Pergerakan modul antariksa ke stasiun ISS berjalan sangat lambat untuk menjaga presisi. Perlahan modul akan mendekat barulah pintu modul yang membawa astronot terhubung ke pintu stasiun ISS.



Dimulai tahun 1998, stasiun ruang angkasa Rusia Zarya berubah namanya menjadi ISS. Dari ukuran satu modul kecil, ISS saat ini memiliki lebar 72 x108 meter atau seluas lapangan bola Softball. Sampai tahun 2010 belum ada penambahan modul baru, tapi tahun 2016 - 2017 Rusia akan menambah modul disana sampai 4 ruang baru. Berapa suhu di stasiun ruang angkasa, dingin atau sejuk.

Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

Gennady Padalka baru kembali ke Bumi. Dia tinggal di stasiun ISS selama 2 tahun, 4 bulan 29 hari. Menjadi astronot Rusia paling sering tinggal di ruang angkasa. Mengalahkan astronot Sergei Krikalev yang tinggal 803 hari selama 6 misi. Rekor manusia tinggal di ruang angkasa 2015 adalah astronot dan komandan ISS Kelly, pada 29 Oktober 2015 sudah menapai 215 hari di ruang angkasa



Merubah ruangan adalah tugas biasa di bumi. Bagaimana bila memindahkan ruang modul di ruang angkasa. Yang ini perlu keahlian dalam mengemudikan bila merubah posisi ruangan di stasiun ISS. Stasiun ISS pada 4 September akan mendapat modul baru.


No popular articles found.