Planet Alien di mata astronomi


Kategori : Science | Date : 21 March 2016
Planet aneh yang ditemukan oleh ahli astronom
Sebuah film dokumenter dari Nat Geo menceritakan penemuan dari astronomi.

Planet Alien yang dimaksud bukan mahluk alien tetapi planet yang tidak biasa dan kondisi planet dalam kondisi ekstrem. Astronom menyebut planet Hot Jupiter karena planet berukuran besar tapi mengorbit terlalu dekat ke bintang.

Planet dengan orbit ekstrem dengan jarak orbit menjauh tapi kembali mendekat bahkan sangat dekat dengan bintang, planet penyendiri dan planet Zombie

Planet Hot Jupiter
Satu klasifikasi planet dengan permukaan lahar, ukuran besar dan berisikan gas. Bukan saja planet yang panas, tapi sangat sangat panas.Bumi memiliki jarak 149 juta km, planet Hot Jupiter hanya 1/100 dari jarak matahari dan bumi dan ukurannya besar. Hot Jupiter masuk kategori planet yang terkunci, gravitasinya menjadi seimbang seperti Bulan. Kemungkinan hanya satu sisi permukaan yang terus menerus menghadap ke bintang.

Atmofer disana menciptakan kecepatan 1000km perjam, dipastikan tidak ada air, karena panas maka hujan yang jatuh adalah besi cair. Disana terbentuk aurora setiap hari. 4,2 hari menjadi waktu orbit setahun, begitu cepat putaran planet mengorbit bintang. Karena ukuran Hot Jupiter cukup besar, dapat menganggu posisi bintang sehingga bintang ikut bergerak karena putaran Hot Jupiter

Hot Jupiter

Planet HD 80606b
Ukuran sebesar Jupiter, lebih tepat disebut Hot and Cold Jupiter. Jaraknya 190 tahun cahaya dari Bumi. Memiliki orbit unik dengan elips seperti huruf U.
Planet HD 80606b mencapai suhu 1000 deg.C ketika mendekat ke bintang, lalu suhu anjlok ke 500 deg.C hanya dalam hitungan 6 jam.

Planet tersebut memiliki orbit terlalu dekat dengan bintang induk, dan orbit ke bintang cukup gila hanya 111 hari.
Paling menakutkan dari perubahan atmofer planet, berdasarkan model computer. Udara disana dapat memberikan efek gelomang kejut dengan kecepatan angin 3km perdetik.



Berdasarkan data teleskop Spitzer.
Dibawah ini grafik lintasan orbit planet HD 80606b. Memiliki lintasan terjauh hanya setengah jarak bumi ke matahari, tetapi ketika mendekat sekitar 0,03AU atau amat sangat dekat ke bintang. Membuat suhu naik menjadi 1000 deg.C

Hot Jupiter HD 80505b planet super panas sampai 1000 derajat C

Planet HD 209458 b
Yang satu ini dimana planet tidak akan terletak disana. Bagi astronomi nama tersebut adalah sebuah nama dengan nama yang masalah. Artinya sebuah planet yang sangat bermasalah bagi manusia. Disebut sebagai planet kematian dengan nama Ociris. Ukurannya 200x lebih besar dari bumi, tapi letaknya sangat dekat ke bintang dan hanya 1/8 jarak matahari ke planet Merkurius. Suhu disana mengalahkan panas Venus dan Merkurius, mencapai 1000 deg.C +. Lupakan teori global warming, ukuran planet ini memiliki massa 220x dari bumi dan volume 2,5x dari planet Jupiter
Gas atau atmosfer di planet tersebut terus keluar dari planet dan membentuk trail / buntut gas di planet HD 209458 b.
Hubble menditeksi di planet tersebut terkumpul sodium, karbon dan hidrogen dan oksigen. Tetapi tetap saja planet ini jauh untuk kehidupan.

Planet HD 209458 b


Planet 16 Cyg B
Letaknya 70 tahun cahaya dari Bumi berada di konstelasi Cygnus dan ditemukan tahun 1996. Planet tersebut menjadi bagian tata surya HD 186427. Geoff Marcy mengatakan planet ini sangat aneh, karena orbitnya kadang sangat dekat ke bintang lalu menjauh ekstrem, sementara teori mengatakan secara umum planet mengorbit dalam lingkaran sejajar. Ibarat mainan yoyo di antariksa, planet 16 Cyg B atau disebut juga 16 Cygni Bb sebagai planet gas seperti terlempar lalu tertarik lagi ke orbit. Jarak terdekat mencapai jarak matahari dan Bumi. Dan menjauh lagi sampai sejauh orbit planet Jupiter. Planet 16 Cyg B memiliki ukuran sangat besar, setara 1,68 masa Jupiter dengan waktu 799 hari pertahun
Ada lagi cerita menarik tentang planet 16 Cyg B. Cuaca disana diperkirakan ekstrem, memiliki badai kategori 5 di musim panas. Seperti di Bumi tapi badai disana disamakan monster badai vortex. Disebabkan panas ekstrem ketika planet 16 Cyg B mendekati matahari. Cairan menguap karena panas seperti steam dengan suhu meningkat drastis. Ketika menjauh sampai 350 juta km, planet akan memiliki daratan es dan  langit semakin gelap karena jauh dari matahari. Musim dingin terjadi selama 17 bulan dan suhu planet anjlok dibawah minus.
Ketika musim semi, ceritanya lain lagi. Es di permukaan planet mulai mencair dan air kembali membentuk lautan. Ketika di masa tersebut, planet mencapai orbit seperti jarak Matahari dan Bumi. Memiliki cuaca stabil seperti di Bumi, tetapi itu tidak berlangsung  lama. Selama 3,5 bulan maka planet 16 Cyg B akan terus mendekat ke arah bintang dan kembali terjadi panas ekstrem dengan badai kembali muncul.

Planet 16 Cyg B

Planet penyendiri atau Wenimo
Ini cerita unik dengan planet tanpa memiliki bintang. Penyebabnya karena sebuah planet terlempar oleh planet lain atau hal lainnya. Disebut planet kategori Wenimo, memiliki ukuran cukup besar bisa saja memiliki suhu panas. Sumbernya berasal dari tekanan di inti planet sendiri. Bila planet penyendiri seukuran planet Jupiter, mungkin juga memiliki beberapa bulan yang mengorbit planet tipe Wenimo. Hanya planet jenis akan mengambang bebas begitu saja, dan tidak memiliki planet tetangga dan bintang sebagai induk tata surya.

/>Planet penyendiri atau Wenimo

Planet Zombie dari bintang HD 23514
Satu lagi planet dimana bintangnya sudah mati, dan terbentuk menjadi bintang Pulsar. Teorinya planet seperti ini tidak ada (belum terlihat) karena ketika bintang meledak akan membentuk supernova. Ledakan supernova dari bintang super raksasa setara kekuatan matahari seumur hidup serta melemparkan isinya dalam hitungan detik. Bintang yang besar akan tersisa bagian inti, akhirnya membentuk bintang Pulsar. Bintang pulsar akan berputar dan menyebarkan radiasi. Bila disana masih tersisa planet, planet disekitar bintang mati akan terkena radiasi dari bintang pulsar. Dipastikan tidak ada mahluk hidup berada disana, sehingga disebut planet Zombie

Planet water world
Satu planet Gliese 581 c diperkirakan memiliki permukaan air, tapi tidak memiliki daratan. Disana planet Gliese 581 c mengelilingi satu bintang kerdil. Ukurannya jadi masalah, 10x lebih besar dari Bumi. Berdasarkan penelitian di planet tersebut tidak memiliki daratan, hanya air yang berada di permukaan planet

Planet Gliese 581 c

Planet Carbon
Planet umumnya memiliki kandungan oksigen lebih banyak dibanding gas karbon. Bagaimana dengan planet di tengah galaksi yang jaraknya sekitar 26 ribu tahun cahaya dari bumi. Disana berbeda, berdasarkan analisa peralatan spektometer planet disana memiliki kandungan karbon lebih besar. Pagi hari adalah dunia gas karbon, dan semua materi disana akan terkait dengan bahan karbon. Peneliti mengatakan disana bisa saja terjadi hujan carbon dan bukan hujan air, bisa saja ditemukan diamond di permukaan. Karena karbon yang mengalami tekanan begitu kuat akan membentuk kristal berlian.

Carbon Planet

Planet diatas menjadi bagian keunikan galaksi Bima Sakti. Setelah ilmu astronomi mampu melihat lebih jauh, menganalisa bintang, dan menemukan planet di tata surya berbeda. Yang dilihat sejauh ini belum ditemukan planet seperti Bumi, melainkan mendapatkan beberapa planet dengan kategori tidak biasa dengan kehidupan ekstrem.

Berita terkait
4 spesies alien sudah datang, manusia bukan penjaga planet bumi yang baik. Loeb ahli astrofisika mengatakan Oumuamua dikirim dari peradaban tinggi. Bila manusia berpikir untuk menyembunyikan planet dari Alien, atau kita terlalu primitif. Teori peradaban terkait dengan peradaban dari mahluk yang menghuni.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.



Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima

Planet OGLE-2007-BLG-349 ditemukan ketika mengalami microlensing. Posisi munculnya planet dan 2 bintang diakibatkan posisi tepat sejajar dari pengamatan dengan Bumi. Salah satu planet terjauh yang ditemukan dengan jarak 8000 tahun cahaya.

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.



Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.

Apa yang dimaksud planet Terrestrial adalah planet berbatu. Tetapi ada beberapa kategori dari planet tipe ini, untuk Bumi masuk ketegori planet dengan permukaan berbatu dimana terdapat inti besi cair di dalamnya. Ada 2 kategori planet lain yang juga masuk dalam planet Terrestrial.

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.



Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E




No popular articles found.