Kompor Ace 1 yang efisien


Green | 24 March 2015

Mengunakan kompor di dalam ruangan, membuat polusi asap. Setiap tahun diperkirakan 4 juta orang meninggal karena polusi asap dari dapur mereka sendiri. Ketika memasak, emisi gas CO2 mencapai 15%.

Di benua Afrika saja menghabiskan 4 juta hektar pohon digunakan sebagai kayu untuk bahan bakar memasak. Luasnya mencapai 5,5 juta lapangan bola habis ditebang. Sedangkan biaya tersebut setara 1/4 penghasilan penduduk disana.

Tim African Clean Energy membuat kompor yang tidak berasap. Bukan solusi terbaik, tapi membuat kompor lebih efisien dan emisinya lebih rendah. Sementara orang memasak dengan kompor Ace 1, kompor juga mengalirkan udara. Di dalam kompor dipasangkan sebuah motor DC pengerak fan yang terhubung ke power dari solar cell. Fan tersebut dipasang dibawah kompor untuk meniupkan udara.

Kompor Ace 1
Dibawah ini cara kerja kompor dan memasukan bahan bakar dalam bentuk Pellet



Hasilnya pemakaian bahan bakar untuk kompor dapat dihemat sampai 70% bahan bakar. Gas CO2 dari pembakaran dapat ditekan lebih sedikit. Dari energi solar cell dari solar cell, di kompor Ace 1 dipasangkan konektor untuk mengisi baterai smartphone atau sumber daya untuk lampu hemat energi. Karena di Afrika ada sistem pembayaran dengan SMS telepon, pemilik kompor dapat melakukan transaksi pembayaran dari ponsel mereka untuk berbelanja. Seluruh komponen kompor Ace 1 dibuat di Afrika. Kompor mengunakan bahan pellet, untuk 750g dapat dipakai memasak antara 50-100 menit.

Idenya menarik, di Indonesia tentu sudah memiliki teknologi kompor seperti ini. Mungkin disain yang perlu mengikuti kompor Ace 1, dengan menambah fan untuk mendorong panas dari pembakaran pellet agar polusi  gas CO2 dapat lebih rendah..

Berita terkait
Suka kamping, dan membutuhkan kompor masak kecil portabel. Disain kompor portabel ini menarik, dengan ukuran 5 x 8 inci dan berat tidak lebih dari 200g.

Kompur EcoFire nyaris tanpa asap. Katanya mengurangi 90% asap yang dihasilkan kompor mini ini. Cocok untuk mereka yang suka camping atau kegiatan di luar ruangan seperti jalan jalan sampai satu pagi. Memiliki ukuran 250mmx120mm, setelah di lipat hanya memiliki tinggi 160mm.



Perusahaan GoSun membuat kompor matahari dari berbagai ukuran. Lebih tepat disebut sebagai alat memasak dengan bantuan sinar surya. Satu kompor ditawarkan lengkap dengan cermin cahaya matahari, satu tabung untuk tungku dan plat untuk menaruh masakan. GoSun Mini sedang di obral $65.

Bagi mereka yang suka camping biasanya membawa kompor kecil. Seperti kompor gas mini, tapi ukurannya cukup besar. Satu solusi dari kompor Vertex, dapat dilipat seperti dompet. Bahan bakarnya mengunakan tablet seperti parafin.

Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.

Salah satu produsen pembuat kompor matahari adalah SolSource. Mengunakan cermin untuk memantulkan sinar matahari ke satu titik dan membuat panas sehingga bisa ditempatkan sebuah panci untuk merebus




No popular articles found.
< /body>