Bagaimana mengunakan camera FX dengan lensa DX atau sebaliknya, apakah berdampak pada hasil gambar. Dibawah ini kutipan singkat dari majalah Nikon edisi November 2012

Lensa FX dengan body FX. Tentu tidak masalah, gambar yang masuk akan jatuh pada sensor secara penuh. Atau sensor DX APS-C dengan lensa DX pasti tepat sesuai panjang mm dari lensa.

Efeknya dibawah ini. Kiri dengan sensor FX bodi dan FX lensa gambar terlihat normal seperti ukuran lensa.

Ketika lensa FX dipasang ke DX, maka gambar lebih maju ke depan. Perkalian 1.5x , misalnya 100mm di FX menjadi 150mm di bodi DX.

Mengapa bodi berbeda, dengan lensa yang sama. Gambar di bodi APS-C (Crop Sensor) terlihat lebih besar. Karena sensor APS-C atau Crop Sensor hanya menangkap sebagian gambar dibagian tengah lensa. Sedangkan bodi Full frame mengambil gambar termasuk bagian tepi secara keseluruhan.

Perbandingan lensa FX dan DX untuk body FX dan DX
Atau bisa diambil perbandingan gambar yang diambil jarak mm camera.

Perbandingan lensa FX dan DX untuk body FX dan DX

Bila bodi camera FX (Full Frame) dengan lensa tele FX, mendapat angka yang sama 105mm sesuai mm pada lensa.

Bila dipasang di bodi DX dengan sensor lebih kecil. Maka Zoom akan bertambah menjadi 150-160mm. Karena sensor akan mengcrop sebagian gambar yang masuk dari lensa. Secara tekniknya untuk perbandingan lensa Nikon DX dan FX adalah 1.5x. Tinggal dikalikan 1.5x dari lensa FX akan mendapat gambar zoom lebih besar di DX.

Sedangkan Canon mengunakan 1,6X dari gambar yang melewati lensa dan jatuh dan ditangkap di sensor camera

Misalnya seseorang memiliki bodi DX lalu dipasangkan dengan lensa standar FX 200mm. Zoom akan di dapat lebih besar 300mm, jadi bukan 200mm. Gambar akan lebih maju kedepan.

  • Lensa FX dengan body DX. Juga bagus, karena sensor DX hanya mengambil sebagian gambar yang masuk. Sedangkan gambar dari lensa FX akan lebih besar tertangkap sensor DX. Kalau ditanya, mungkin investasi yang baik untuk membeli lensa FX dengan body DX. Siapa tahu suatu hari mau naik kelas, lalu menganti dengan body tipe FX. Ukuran mm pada lensa akan naik dikalikan 1.5x. Membeli lensa 200mm FX akan naik menjadi 30mm di camera DX
  • Lensa DX dengan body DX. Tentu tidak masalah. Gambar yang tertangkap sensor akan tepat seukuran lingkaran lensa. Untuk mereka yang lebih banyak mengambil bidang lebar, disarankan mengunakan lensa DX dengan body DX.
  • Lensa DX body FX. Tidak masalah dan lensa akan otomatis menyesuaikan dengan crop mode pada pengambilan gambar. Masalahnya jarang yang mau mengunakan body FX dengan lensa DX yang kecil


Perbandingan lensa FX dan DX untuk body FX dan DX

Untung rugi dengan sensor FX dan DX

Kemampuan Full Frame dari sensor FX Kemampuan APS-C dari sensor DX
Sensor FX memiliki ukuran 24x36mm, memang besar Sensor DX lebih kecil, gambar yang diambil memiliki bidang lebih kecil. Dengan focal length yang sama, camera DX sudah lebih maju ke arah depan gambar
Sangat cocok untuk wide angle, landscape atau foto kota dengan sudut lebar Cocok untuk zoom, foto objek alam bebas. Zoom akan lebih baik dengan DX (katanya seperti itu)
Sensor full frame menawarkan signal dan noise lebih baik, khususnya gambar lebih jernih dengan ISO tinggi Kelemahan dengan DX karena gambar hanya diambil sebagian saja, maka lemah di low light / pencahayaan rendah. Gambar biasanya lebih banyak noise bila mengambil foto malam hari


Contoh lensa dari 70-300mm bisa digunakan untuk bodi camera FX dan DX. Untuk bodi FX hitungan tepat sesuai lensa yaitu 70-300mm. Bila lensa tersebut dipakai ke bodi DX, maka lensa tele meningkat menjadi 107-450mm. Data dari Lenshero.com/lens-comparison

Perbandingan lensa FX dan DX untuk body FX dan DX



Ada baiknya menanyakan ke toko camera, apakah lensa dengan ukuran berbeda tersebut dapat diterima oleh camera. Karena bodi camera memiliki firmware untuk mengatur lensa.
On an FX-format camera with a DX lens mounted, the camera will automatically engage its built-in DX crop mode, thus recording an image only from the center section of the sensor.

Apa perbedaan kemampuan sensor besar dan kecil

Kalau ditanya camera bodi FX untuk Nikon, harganya pasti fantastis, sedangkan harga Nikon dengan bodi DX umumnya lebih bersahabat. Apa keuntungan dengan camera dan lensa FX dan kekurangan camera bodi DX. Untuk informasi lengkap bisa dilihat langsung dari majalah N-Photo edisi November 2012.
Referensi dari Nikon 

Informasi diatas bukan untuk camera dan lensa tipe Canon.