Stasiun ruang angkasa ISS


Kategori : Science | Date : 22 October 2018
Seperti apa di stasiun ruang angkasa dahulu dan sekarang
Stasiun ISS atau stasiun ruang angkasa sekarang memiliki luas satu lapangan bola softball. Awalnya dibangun pada tahun 1998, ukurannya hanya 2 kamar atau 2 modul. Bagaimana stasiun tersebut melakukan perluasan sampai tahun 2010.

Modul pertama dibangun pada tahun 1994

Tahun 1998 modul pertama hanya satu ruangan yang disebut Zarya, digunakan untuk cargo block 1A/R. Disusul modul kedua dengan 2A, total ada 3 modul dari Note 1, PMA 1 dan 2. Modul Zarya di danai oleh Amerika tapi di bangun di Rusia.

Setelah modul Zarya berada di orbit, satu minggu kemudian pesawat Endeavour membawa modul penghubung yang disebut Unity atau Note 1. Di tahun 1998, power dari solar cell disana masih disimpan dengan 6 baterai NiCD berkekuatan 3kW. Modul ketiga adalah Zveda digunakan untuk modul servis.

International Space Statiun 1998

Tahun 2000. Ukurannya semakin besar dengan penambahan solar panel ukuran besar.



Tahun 2001. Rusia dan Amerika bekerja sama, Amerika memiliki satu unit laboratorium ruang angkasa pertama. Satu lagi ditambahkan sebagai modul gudang, dan lengan buatan Kanada dippasang. Dan modul Airlock untuk jalan keluar ruang angkasa ditambah termasuk unit untuk Docking



Tahun 2002. Modul yang ditambah semakin banyak. Dari unit Truss dan Mobile Transport, Mobile Base, ruang CETA, setidaknya ada 3 modul baru untuk astronot. Modul tidak bertambah lagi sampai tahun 2006.





Tahun 2006. Kembali ditambah unit gudang di stasiun ruang angkasa, satu unit solar cell terbesar kedua. Dan modul solar cell yang dipasang di bagian atas dipindah agar sejajar dengan yang baru pada tahun 2007



Tahun 2008. Laboratorium untuk Eropa dan Jepang ditambahkan. Jepang memiliki modul ekperimen sendiri, dan sistem lengan remote yang lebih kecil.



Tahun 2009, panel solar sel terakhir dipasang dan total mencapai 16 panel surya ukuran besar sebagai pembangkit listrik di stasiun ISS. Jepang masih menambah satu unit untuk ruang penelitian kecil dan ditambah satu unit cargo



Tahun 2010. Modul Cupola dipasang di ISS. Unit ini adalah unit jendela yang mengarah ke bawah atau ke bumi. Dibawa oleh pesawat ulang alik dari Bumi. Disini salah satu tempat favorit para astronot Amerika melihat keluar. Bila waktu senggang, biasanya foto foto dari stasiun ISS dibuat di ruang ini. Unit lain ditambahkan kembali untuk ruang riset kecil, peralatan Alpha Magnetic Spectrometer dan antena komunikasi ke bumi, serta satu modul multifungsi.

Sejak tahun 2010 belum mendapatkan tambahan modul baru, kecuali beberapa peralatan.



Foto dibawah ini diabadikan dari pesawat Atlantis pada 23 Mei 2010. Diperkirakan berat stasiun ruang angkasa sekarang mencapai  450 ton dan luasnya  mencapai 72 x108 meter.

Click gambar untuk memperbesar



Tahun 2014. Siaran langsung dari 4 camera yang di pasang ke ISS dapat ditonton langsung secara live melalui jaringan internet. Bentuk ISS dari bumi kadang muncul seperti cahaya bintang berjalan , cahaya akan muncul menjelang pagi atau menjelang sore tersebut disebabkan pantulan cahaya matahari pada cermin solar cell

Dalam rencana, ISS akan ditambahkan modul lain
Tahun 2016, akan ditambah satu modul Uzlovoy dan dikirim mengunakan roket Soyuz, disusul modul Nauka  dan 2 modul NEM1 dan NEM 2 tahun 2017 dengan roket Proton. Modul tersebut milik Rusia. Pendanaan ISS kabarnya diperpanjang, setidaknya dana sampai tahun 2024 mendatang.

ISS terbagi atas ruang masing masing atas kerjasama antar negara. Rusia, Jepang, Amerika dan Eropa memiliki ruang tersendiri untuk melakukan penelitian. Walau milik pemakaian ruangan  terpisah, bila kondisi darurat maka semuanya menjadi satu. Beberapa waktu lalu terjadi kebocoran di modul milik Amerika, maka astronot Amerika sementara waktu mengamankan diri ke ruang milik Rusia. Setelah unit yang bocor diperbaiki, astronot Amerika kembali ke ruang milik mereka. Pemilik utama stasiun ISS adalah Brazil, Canada, Jepang, Amerika, Rusia dan Uni Eropa.

1:37 cara tidur di ruang angkasa stasiun ISS
4:00 cara sikat gigi dann ke toilet di ruang angkasa. Untuk sikat gigi, anda bisa menelan odol atau bersihkan dengan kertas tissue.
7:00 ruang favorit adalah ruang makan.
8:45 ruang laboratorium milik badan antariksa Jepang.
9:00 ruang laboratorium ESA atau badan Eropa untuk eksperimen
9:20 ruanglaboratorium milik Amerika. Seperti pengujian ketebalan tulang karena masalah di ruang angkasa tanpa gravitasi, percobaan dengan sepeda. Menariknya percobaan sepeda, peralatan tersebut tidak digantung ke dinding. Karena getaran atau gerakan di dalam dapat menganggu stasiun.
11:10 ruang peralatan untuk baju ruang angkasa, digunakan untuk keluar ruang angkasa seperti tugas perbaikan. Termasuk dinding chamber untuk keluar ke ruang vakum. Baju pendukung hidup memiliki bagian ransel yang beratnya 150kg. Tapi di ruang angkasa bobot tersebut tidak masalah ketika dikenakan karena tidak ada gravitasi. Di dalam ransel terdapat oksigen dan pembuang gas CO, computer kecil untuk monitor baju serta masalah elektronik. Baju tersebut mirip pesawat ruang angkasa kecil dimana manusia bisa hidup di dalamnya. Pada helm ruang angkasa, kaca utama tidak akan bergerak kecuali kepala astronot.


14:12 memperlihatkan ruangan kaca yang bisa melihat posisi bumi ke bawah
19:35 ruang Rusia. Dimana ruang tersebut adalah ruangan modul pertama milik Rusia yang tetap ada saat ini.
20:50 ruang Rusia kedua, dimana ruang tersebut paling aman untuk menyelamatkan diri bisa terjadi masalah seperti kebocoran gas atau adanya api dan racun.
23:00 ruang Soyuz sebagai modul untuk kembali ke Bumi.
25:00 ruang sempit satu lagi terhubung ke ruang modul untuk penghubung. Ruang tersebut untuk ruang serbaguna seperti ruang cargo, tempat sampah yang nantinya dilepas ke bumi.
27:00 adalah ruang SA sangat sempit. Adalah ruang modul Soyuz lain untuk pulang ke Bumi.



Yang menarik dengan stasiun ISS
Matahari terbit setiap 90 menit

Posisi stasiun ruang angkasa berada 350km di atas Bumi. Dimana kekuatan gravitasi bumi sekitar 90%, tapi cukup untuk menarik stasiun tersebut ke Bumi.
Mengapa tidak jatuh. ISS sebenarnya turun perlahan. Namun kecepatan orbitnya cukup membuat stasiun bergeser sepanjang kurva Bumi. Sama seperti Bulan juga turun ke arah Bumi, tapi terus bergeser lebih jauh.

Astronot Sheikh Muszaphar Shukar adalah astronot pertama Malaysia. Dia berangkat 10 Okt 2017 ke stasiun ISS. Yang membuat masalah ketika dia ingin sembayang sebagai umat Muslim. Karena bersamaan dengan bulan Ramadan. Untuk bersembayang dia bingung menentukan arah Kabah.
150 ulama dan ilmuwan membantu dan menemukan solusi. Majelis setuju bila  Shukar dapat bersembayang di awal untuk mengarah ke Kabah, setelah itu abaikan perubahan arah arah yang terjadi.
Bagaimana dengan berlutut, karena dia berada di ruang gravitasi. Majelis setuju, dia tidak perlu berlutut. AIr, majelis mengatakan tidak perlu mengunakan wudhu. Cukup dengan handuk basah, dan mengurangi doa dari 5 menjadi 3.
Islam juga tidak mengharuskan umatnya berpuasa bagi pengembara. Solusi sederhana dari majelis yang bijak dengan pengetahuan teknologi.

Tidak ada mesin cuci, karena air berharga. Astronot tidak menganti baju setiap hari. Dan suhu serta kelembaban sudah dikontrol. Jadi satu baju boleh dipakai selama 4 hari. Bagaimana dengan baju tidak di cuci yang mereka pakai. Ketika pesawat cargo membawa perlengkapan. Semua yang kotor dan sampah dimasukan kembali ke pesawat cargo. Dan semuanya jatuh ke bumi dan terbakar.

Toilet, sebelumnya toilet dibuat untuk semua. Tahun 2003 Rusia membebankan pemakaian peralatan mereka. Lab Amerika akhirnya membuat toilet sendiri.

Modul Soyuz digunakan untuk kembali ke Bumi. Di dalam terdapat beberapa peralatan untuk bertahan hidup. Termasuk sebuah senjata, sekop dan lainnya. Untuk apa.
Kejadian di tahun 1965 ketika astronot kembali mendarat ke Bumi, dan diserang beruang. Perlengkapan tersebut tetap ada di setiap peralatan Soyuz.

Amerika melarang astronot Tiongkok ke ISS sejak 2011. Dan melarang kolaborasi antara Amerika dan Tiongkok dalam program ruang angkasa.
Tidak menghentikan program ruang angkasa Tiongkok, sekarang Tiongkok telah melakukan uji coba untuk membangun stasiun ruang angkasa sendiri.
Dan memiliki program pergi ke bulan, dan rencana mendatang mungkin ke Mars. Tidak lama lagi ada satu stasiun ruang angkasa lain. Milik Tiongkok bekerja sama dengan badan antariksa Eropa.

Februari 2018
Data anggaran baru presiden Trump menyebutkan Nasa diminta meninggalkan ISS dan memprioritaskan penjelajahan ke bulan untuk melangkah ke planet Mars.
Rencana pengeluaran tersebut mengakhiri pendanaan ISS pada tahun 2025.

Kabarnya stasiun ISS akan di privatisasi, dan pihak swasta boleh memakai. Bisa saja digunakan untuk percobaan medis diruang anti gravitasi, percobaan obat obatan atau mereka yang ingin berlibur.
Mungkin di atas sana akan dibagi menjadi beberapa ruangan. Seperti layanan hotel ruang angkasa. Agak lucu bila investasi sudah sedemikian besar bahkan mengorbankan perjuangan astronot selama keberadaan ISS.
Permintaan privatisasi tentu di tolak oleh kongres Amerika. Karena mereka menyukai keberadaan stasiun ISS.
Salah satu petinggi FAA mengatakan, Anda tahu hal terbodoh yang anda lakukan adalah membatalkan program setlah miliaran investasi, ketika masih ada kehidupan serius di depan.
Kendala lain, ISS sebenarnya bermitra dengan PBB. Dibangun oleh beberapa negara seperti Rusia, Eropa, Kanada dan Jepang yang mengunakan fasilitas disana termasuk melatih astronot, penelitian biomedis dan pengujian baru. Walau Nasa yang membayar sebagian besar biayanya.



Oktober 2018
Bila tinggal di stasiun ruang angkasa, berapa suhu disana. Apakah sejuk atau dingin.
Di luar ruangan, suhu ketika menghadap matahari maka suhu diluar ruangan (ruang angkasa) dapat mencapai 121 derajat Celcius.
Ketika dibalik matahari atau stasiun ruang angkasa tertutup bayang Bumi, suhunya anjlok ke -157 deg.Celcius.

Sistem kontrol suhu terbagi dalam 2 sistem berbeda.

Passive Thermal Control System (PTCS) terdiri dari
Lapisan pelindung radiasi panas luar angkasa.
Cat di lapisan luar, Filter panas, Pembuang panas, Cermin pemantul
Sistem pemanas unit / RHU digunakan untuk misi ekplorasi dan membuat atau menyimpan energi listrik.

Active Thermal Control System (ATCS) terdiri dari
Sistem termometer atau pengatur suhu, bekerja untuk pengaturan suhu dingin dan panas ketika orbit stasiun ISS menghadap matahari dan tertutup bayang bumi.
Aliran panas yang ditranfer melalui radiator, dapat berupa single loop yang digerakan oleh pompa dan 2 phase loop dengan komponen pipa pemanas.
Bagian penolak panas dan sistem pendingin.

Untuk sistem pemanas, digunakan pemanas listrik dengan resistensi sederhana. Di dalam modul terdapat bantalan pemanas dengan jalur kabel yang membuat suhu ruang modul menjadi lebih hangat. Sangat penting menjaga suhu di ruang modul antariksa. Bila tidak di jaga dapat terjadi kondensasi seperti uap air. Uap air yang dapat terakumulasi dan menumpuk di peralatan listrik.
Hal tersebut sangat berbahaya, dan dapat meningkatkan pertumbuhan mikro organisme di stasiun ruang angkasa.
Thermostat akan mengukur suhu disekitarnya, dan nilai termostat akan mengubah sistem sirkuit listrik

Di setiap ruangan juga terdapat pipa, tapi tidak di isi air karena air dengan mudah dapat membeku. Digunakan amonia untuk mendinginkan dan memanaskan ruangan.
Untuk mengalirkan amonia, disana terdapat 2 unit pompa. Bila salah satu unit gagal bekerja, maka satu unit akan mengantikan.

Sistem pengatur suhu di stasiun ruang angkasa

Di dalam kabin ruang angkasa ditempatkan banyak lapisan isolasi.
Bahan mylar seperti aluminium, untuk menahan panas dari radiasi thermal.
Bahan Dacron seperti lembaran kain dibuat untuk memisahkan agar panas dari luar tidak masuk.
Lebih baik di dalam kabin mendapatkan suhu dingin, bila panas artinya ada radiasi yang masuk.
Pelindung isolasi juga menjaga bila terjadi pecahan sampah dari ruang angkasa yang menabrak ruang kabin astronot.




lapisan pelindung kabin stasiun ruang angkasa

Tinggal di ruang angkasa tidak mudah. Matahari dapat memanaskan suhu diatas 100 derajat, dan mendingin turun dibawah -100 derajat C.

Sistem pengatur suhu pernah gagal bekera di tahun 2010 dari unit Loop A ketika unit pompa amonia berhenti bekerja dan sistem Loop B mengantikan kerusakan unit.
Unit yang rusak dikirim kembali ke Bumi untuk di analisa.
Tahun 2013 terjadi kebocoran amonia. Dan astronot harus memperbaiki dengan berjalan di ruang angkasa untuk perbaikan untuk menganti unit kontrol bok yang mengalami kebocoran.
Agustus 2018 juga terjadi kebocoran di ruang kabin. Ditemukan 2 lubang berukuran 2mm. Sementara ditutup untuk mencegah kebocoran.

25 Juli 2018, peneliti menangkap suara dari ruang angkasa. Disebut FRB 180725A sebuah sinyal radio yang berasal dari ruang angkasa dengan frekuensi 500Mhz. Sinyal frekuensi rendah pertama yang terditeksi. Sinyal yang sangat kuat tersebut dapat terjadi akibat sebuah kejadian luar biasa. Bisa saja tabrakan bintang neutron, adanya aktivitas lubang hitam, atau alien ?.

Awalnya ingin mendapatkan posisi satelit mata mata yang hilang. Tapi ditemukan satelit lain milik NASA. Satelit Image diluncurkan tahun 2000, dan hilang kontak tahun 2005. Ternyata kembali aktif tahun 2018.

Roket Long March LM-7 dirakit di Wenchang pusat peluncuran satelit setara Cape Canaveral. Roket LM-7 bukan roket biasa, tapi roket kelas berat pertama buatan China. LM adalah nama Long March dan 7 sebagai model. Long March 5 membawa satelit komunikasi bulan September 2017 gagal membawa satelit ke orbit.



Apa yang terjadi bila sebuah meteor sangat besar menghantam bumi. Setidaknya berukuran 500km, atau setingkat dengan planet kerdil / Dwarf Planet. Ukuran kecil malah tidak membahayakan. Yang berbahaya adalah gelombang kejut dan panas ledakan asteroid ketika jatuh menjadi meteor.

2 camera di stasiun ISS sedang dipasang sejak 27 Januari. Camera pertama untuk publik dengan resolusi lebih rendah, dapat memperlihatkan keadaan bumi dari stasiun ruang angkasa. Seperti apa gambar realtime video ke arah Bumi tersebut

Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa kondisinya sama dengan 1000 lebih satelit. Amerika memiliki separuh satelit di ruang angkasa

Sebuah berita sensasi mengatakan akan ada gempa 9,8 SR di Bumi. Katanya gempa sangat besar akan terjadi pada 28 Mei 2015. Alasannya ada kesejajaran planet yang diperkirakan oleh Nostradomus dan beberapa orang akan memicu gempa sangat dasyat



Modul ruang angkasa termasuk 3 astronot ke stasiun ruang angkasa ISS. Apakah langsung terbang ke atas dan menyatu dengan ISS. Modul antariksa tidak langsung terbang tapi harus mengejar stasiun tersebut. Ada tahapan untuk menyamakan posisi, sebelum modul terhubung ke pintu stasiun

Bisa di tracker dari situs NASA, bila tertarik mengabadikan dengan camera dari lintasannya


No popular articles found.