Android Auto seperti perangkat navigasi di kendaraan. Hanya aplikasi tersebut bekerja di smartphone.

Sistem smartphone juga berlaku ketika aplikasi tersebut aktif. Seperti untuk menerima telepon, dan tangan pengemudi tetap diatas stir kendaraan.

Android Auto dapat berfungsi sebagai alat navigasi, menampilkan peta jalan dan tujuan. Selain untuk petunjuk peta, perangkat Android dapat dijadikan alat musik. Ketika pesan masuk, informasi jalan tetap tampil sedangkan pesan masuk akan langsung tertera di layar smartphone. Penguna tidak perlu memegang smartphone atau tablet, dan pesan langsung muncul dilayar.

Dalam fungsinya seperti menerima telepon. Sementara smartphone tetap berada di dashboard kendaraan, akan muncul pesan nama panggilan masuk. Tinggal di click pada layar smartphone, sementara satu tangan pengendara tetap berada di atas kemudi.
Untuk memutar musik, cukup di panggil dengan Voice Command. Misalnya pesan "Play 'Total Eclipse of the Heart.'". Aplikasi akan memutar lagu yang dimaksud.
Atau membuat panggilan telepon keluar dengan perintah suara. Cukup diberi perintah dengan kata "Call mom."

Tidak hanya fitur navigasi, Android Auto dapat menyalakan mesin mobil. Tapi terbatas dari kendaraan di beberapa negara misalnya Australia, Irlandia, Selandia Baru, Inggris dan Amerika. Menyusul produsen lain dengan kendaraan baru.

Dibawah ini gambar aplikasi yang bekerja dengan Android Auto, dan tampilan aplikasi Android Auto.

Android Auto aplikasi untuk berkendara

Beberapa kendaraan yang mendukung aplikasi Android Auto dibawah ini
Abarth, Acura, Alfa Romeo, Audi, Bentley, Chevrolet, Crysler, Citroen, Dodge, DS, Fiat, Ford, Holden, Honda, Hyundai, Infiniti, Jeep, KIA, Mahindra, Maserati, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Opel, Peugeot, RAM, Renault, Seat, Skoda, Ssangyong, Subaru, Suzuki, Vauxhall, Volkswagen, dan Volvo

+ www.android.com/auto

Fitur aplikasi ini dirancang untuk OS Lollipop atau Android 5.0+



Update Juli 2016
Google mengatakan kendaraan yang dijual oleh Honda, Volkswagen dan Audio dapat menawarkan sistem terintegrasi dengan Google Auto. Aplikasi dapat di install di smartphone, khusus untuk bulan sudah ada di Jepang.

Produsen Pandasonic dan Nissan dikabarkan akan merilis Android Auto.

Android Auto diluncurkan di Jepang

November 2016
Google memberikan Android Auto untuk OS Android 5+. Update 7 November 2016. Pengendara dapat melihat peta seperti alat navigasi kendaraan, tapi yang ini tampil di smartphone.
Fitur lain seperti musik dapat di akses dengan aplikasi tersebut, komunikasi ketika menerima telepon, dan kontrol dengan suara.

+ Android Auto dari Google Play