Penerbangan dengan bandar udara atau Airport mengunakan nomor kode 3 huruf


Kategori : Stuff | Date : 20 March 2015
Mungkin kita bertanya mengapa bandara diberi nama dengan 3 huruf.

Awalnya bukan 3 tapi 2 huruf. Nama bandara diatur oleh IATA sebagai badan regulasi perbangan internasional.

Seperti CKG adalah nomor bandara Cengkareng, walau nama bandara aslinya adalah Soekarno Hatta.

IATA mengatur kode huruf bandara agar terlihat bersih dan sederhana.
Perubahan nama bandara dimulai pada era 1930an, ketika itu masih mengunakan dua huruf saja. Kode bandara tidak terkait dengan nama Airport, ada yang menganti dengan kode lain.

Dapat mewakili nama bandara sendiri, nama kota dan ada yang dipotong dan digantikan 2 huruf + satu kode lain. Beberapa bandara mengunakan kode khusus untuk airport militer dan tidak masuk sebagai bandara umum.

Mengapa nama kode bandara atau Airport mengunakan 3 huruf

Nama bandara dibuat singkat seperti dibawah ini
CKG adalah bandara internasional Soekarno Hatta Jakarta, mengambil nama CenGKareng untuk distrik di kota Tangerang
DPS adalah bandara Ngurah Rai di pulau Bali Denpasar, mengunakan nama kota DenPaSar
SUB adalaha nama Juanda International di Surabaya dengan nama SUB atau nama kota SUraBaya
CGH ada adi Sao Paulo Brazil degan nama Vila ConGonHas
CCS untuk bandara Simon Bolivar di Venezuela CaraCaS
CCU untuk bandara Netaji Subhas Chandra di CalCUta India


CDG adalah airport Charles De Gaulle di Perancis Paris
CGN bandara Flughafen Koln di Cologne Jerman, huruf CG adalah ColoGNe
CWD juga kode bandara internasional De CuritiBa Afonso Pena Brazil kota Curitiba. Nama W mengantikan huruf U di pada cUritiba
HKG mewakili nama Hong KonG International Airport Chek Lap Kok yang mengantikan bandara Kai Tak
IND bukan nama bandara Indonesia, tapi nama Indianapolis International Airport di Amerika dengan kode depan INDianapolis
LAS adalah nama bandara McCarran International Aiport di LAS Vegas
DXB Dubai International Aiport mengambil nama DuBai dan X mengantikan U

+ Link nama bandara IATA

+ Aplikasi monitor pesawat udara realtime

Berita terkait
Pesawat penumpang terbesar di dunia A380. Pertama kali terbang, si burung besi ini memukai dunia. Mampu membawa 4x lebih banyak penumpang dibanding Boeing 737 MAX. Disain kelas penumpang First Class begitu besar, penumpang dapat tidur di pesawat. Sayang pesanan terakhir dikirim 2021 dan produksi akan dihentikan. Mengapa sebuah pesawat yang sangat canggih akhirnya dihentikan. Produsen lupa melihat tren penumpang dunia.

Nama pesawat jet bomber jarak jauh H-20 sangat dikenal. Tapi tidak pernah dilihat sebelumnya. Sampai terlihat dan ada kemajuan besar dalam pengembangan jet pembom strategis jarak jauh ini. Salah satu disain terlihat memiliki sayap seperti jet siluman. Memungkinan pesawat tidak dapat terditeksi oleh radar.



Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Kapasitas overload, sudah mencapai 3x lipat dari rancangan awal bandara Soetta. Sejak 2012 sampai 2015, bandara Soekarno Hatta masuk daftar 20 bandara tersibuk. Bila tinggal disekitar bandara Sukarno Hatta, dipastikan setiap hari mendengar pesawat terbang melintas. Seperti apa kesibukan pesawat ketika berangkat di Soekarno Hatta.

Setiap bandara tidak memiliki bentuk yang sama. Masing masing memiliki keunikan tersendiri, yang ini lebih futuristik. Terminal 3 dari bandara internasional Shenzhen memang indah.

Bicara airport, sekarang sudah 10 layanan gratis tersedia. Walau hanya di beberapa airport menyediakan bioskop, tempat tidur kecil sampai perpustakaan. Ketiga layanan tersebut paling diminati.



Di bandara Abu Dhabi atau ADAC ada tempat tidur. Bentuknya seperti kepompong yang bisa di tutup. Ada bagian penutup diatasnya bisa ditarik turun untuk tidur.




No popular articles found.