Bintang matahari diganti bintang lebih kecil


Science | 18 March 2015

Bila matahari digantikan oleh bintang lain, yang mungkin bintang dengan ukuran lebih kecil. Apa yang tampak dari bumi. Bintang adalah kumpulan gas raksasa, di dalamnya terjadi thermal fusion atau pembakaran dari fusi nuklir. Karena gas pada bintang sangat buanyak, bintang terus menyala dengan membakar gas hidrogen. Ukuran bintang yang kecil akan memiliki umur lebih lama "menyala", semakin besar bintang maka usianya semakin singkat.
Intensitas cahaya yang terlihat di bumi juga berbeda. Bila bintang ukuran kecil, cahayanya relatif berwarna merah, sedangkan bintang lebih besar akan lebih kuning, lalu putih dan terpanas berwarna biru

Gambar pertama kiri adalah matahari yang dilihat setiap hari.
  • Matahari masuk sebagai bintang kelas G atau tingkat 1MO
  • Gambar dibawahnya adalah bintang Barnard tipe M, lebih kecil 1.44 MO. Mungkin bumi akan menjadi dingin.
  • Bintang Gliese 581, disebut bintang merah kerdil, 0,31 MO juga tipe M
  • Bintang Tau Ceti, adalah bintang tipe G, sedikit lebih besar dari Matahari, masuk kelas G dengan 0,783 MO
  • Bintang Kepler 35 adalah bintang kembar, keduanya masuk kategori bintang G, dengan tingkat 0,887 dan 0,809 MO. Lucu juga bila bintang tersebut terlihat di bumi, setidaknya ada 2 cahaya matahari.
  • Alpha Centauri A adalah bintang paling dekat dengan tata surya, jaraknya sekitar 4 tahun cahaya dari Bumi. Masuk ketegori bintang G, ada 2 bintang disana. Satu ukurannya lebih besar dari matahari dan satu lagi lebih kecil dengan perbandingan 1.1MO dan 0,9MO
Gambar kanan pertama
  • Bintang Procyon, ini masuk bintang besar ukuran F. Dengan besar 1,42 MO, jadi lebih besar dari matahari. Lebih terang pastinya.
  • Bintang Sirius, ini sudah masuk kategori bintang A, dengan tingkat 2.02 MO. Dan cahaya akan terlihat semakin terang di bumi.
  • Bintang Polux, ini tipe K atau bintang kategori raksasa. Dari bumi akan terlihat semakin besar, bintang tersebut memiliki tingkat 2,04MO
  • Bintang Arcturus, juga masuk tipe bintang raksasa tipe K. Memiliki tingkat 1,14 MO
  • Terakhir Aldebaran, masuk bintang raksasa tipe K. Cahayanya setara 1,7 MO. Karena bintang ini sangat besar, akan terlihat sangat besar juga di bumi.

Beruntung manusia dekat dengan matahari yang ukurannya lebih kecil. Bila matahari digantikan dengan ukuran bintang Procyon saja, bumi dipastikan lebih panas.


Bila bintang matahari diganti dengan bintang lain yang lebih kecil

Bisa dibayangkan pada perbandingan dari gambar diatas. Warna hijau pada lingkarann, kiri bawah matahari hanya memiliki spot kecil, bila bintang Aldebaran dilihat mengantikan matahari maka yang tampak di cakrawala akan terlihat sebuah lingkaran raksasa.

Bila bintang matahari diganti dengan bintang lain yang lebih 
kecil

Berita terkait
Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.

Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.



Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Mengunakan data teleskop Wise dapat diperkirakan mengapa 2 lengan lebih banyak terbentuk bintang. Sedangkan Bumi berada disisi lengan galaksi lebih kecil Sagittarius Arm. Mengapa 2 lengan di galaksi kita lebih banyak terbentuk bintang.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Bintang Tau HL atau disebut HL Tauri adalah bintang dengan tata surya yang baru terbentuk. Ditemukan oleh Hublle dan terlihat memiliki cincin yang belum selesai membentuk planet. Umur bintang baru berusia 1 juta tahun, nantinya menjadi tata surya dengan munculnya beberapa planet mengorbit di bintang Tau HL.

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.



Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi. Apakah bintang terdekat memang sangat dekat




No popular articles found.
< /body>