Pesawat B2 Spirit Stealh Bomber apa yang tidak diketahui


Kategori : Stuff | Date : 10 February 2017
Stealth bomber B-2s Spirit bertugas kembali di Libia
Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber.

Mampu menyelinap tanpa terditeksi radar, karena badan pesawat memiliki lapisan khusus untuk mennyerap sinyal radar.

Bagian 4 mesin General Electric F118-GE-100 tapi mengunakan teknologi non afterburning.

Awalnya dirancang untuk melepas bom nuklir ketika perang dingin menjadi panas dengan Soviet. Perkembangan pertempuran, membuat pesawat ini rutin membawa bom konvensional.

Persenjatanan ditempatkan di 2 sisi, mampu membawa 8 bom pemandu yang sangat presisi ditambah 36 bom cluster.

Harga sebuah pesawat B2 Spirit mencapai 2,1 miliar dollar. Dirancang oleh perusahaan Northrop Grumman, sebagai pesawat strategi kelas berat dan tidak terditeksi radar.

Dengan 2 pilot dan satu cadangan bertugas menyiapkan makanan, dan memonitor pesawat. Karena perjalanan pesawat ini memiliki rute cukup jauh.

Kemampuan B2 mampu membawa 8 tipe bom MK 82 yang masing masing beratnya 230kg, JDAM Global Positioning System Guided Bom.

Atau membawa 16 unit bom nuklir B83 ukuran kecil yang masing masing memiliki berat 1.1 ton.

Sejauh ini hanya B2 yang masuk sebagai pesawat pembom ukuran besar dengan kemampuan membawa rudal udara ke darat dengan teknologi stealth.



B2 Spirit terbang pertama pada tahun 1989, resmi diperkenalkan ke publik tahun 1997.

Mulai di produksi dari tahun 1987 sampai 2000. Kecepatan pesawat hanya 1000km perjam dan kecepatan rata rata sekitar 900km perjam untuk rally.
Tidak terlalu cepat untuk mendekati sasaran, dan masih kategori non subsonic bomber.

Jumlah pesawat B2 milik Amerika ini tidak banyak, dan seluruh pesawat diberikan nama resmi dengan nama kota dan negara dibelakang nama Spirit Of " nama kota ".

Pesawat pembom B2 Spirit Stealh Bomber

Amerika awalnya menginginkan 132 pesawat tipe B2, tapi dipangkas menjadi 21 unit. Tahun 2008 satu pesawat jatuh setelah gagal take off dan hanya tersisa 20 unit.



Pertama kali pesawat diterjunkan ke peperangan di Kosovo, disusul di Irak dan Afghanistan. Tahun 2014 mendapat upgrade untuk meluncurkan rudal.


Ruang kokpit pesawat B-2 Spirit

Pesawat dapat terbang dengan auto-pilot. Pesawat dapat diatur dari kecepatan, sampai panel untuk target.

Dari 8 layar, satu disebut Digital Entry Panel, pilot dapat memeriksa sistem pesawat seperti hidrolik, elektronik,kontrol pernerbangan, kondisi lingungatn dan persenjataan.

Ruang pesawat hanya cukup 2 penerbang. Tidak ada tempat tidur, hanya 2 kursi kecil, dan area belakang untuk makan. Satu misi dapat mencapai 40 jam terbang. Pilot diijinkan membawa kasur kecil yang dapat dibuka untuk tidur siang. Tapi hanya cukup 1 orang.

Pesawat dapat di kendalikan dari 2 kursi pilot.

Seorang calon pilot akan belajar selama 2 bulan di simulator. Sebelum mengambil penerbangan pertama mereka dengan B-2 Spirit.

Ruang cockpit pesawat pembom B2 Spirit Stealh Bomber

Kemampuan B-2s mampu melakukan misi dari ketinggian 15.000 meter dari permukaan laut. Jarak tempuh setara pesawat jet komersil 11.000km, dengan membawa bahan bakar penuh 19.000km. Artinya pesawat mampu terbang mengelilingi separuh dunia. Beban pesawat yang membuat kebutuhan bahan bakar lebih banyak dari jarak tempuh terbang biasa. Dengan beban kosong 71 ton, dan beban penuh 170 ton.

Barang bawaan pada pesawat maksimum 40 ton

Kemampuan terbang sejauh 11.000km dengan 45 ton bahan bakar. Sedangkan Full bahan bakar maka pesawat mencapai 75 ton (95 ribu liter)

Sampai tahun 2013, pilot aktif B-2s stealth bomber hanya berjumlah 80 penerbang. Ruang pilot dibuat khusus untuk menjaga kondisi pilot tempur selama perjalanan panjang. Walau pesawat akan terbang secara otomatis menuju sasaran.
Terdapat 2 kursi, dapat diatur sebagai tempat tidur. Di belakang kursi terdapat toilet, dan server komunikasi rahasia.
Selama penerbangan, pilot biasanya berdiskusi bila terjadi taktik yang salah dan menyiapkan jalan keluar. Selebihnya pilot hanya melakukan aktivitas biasa di ruang cockpit.

Dibagian bawah perut pesawat, terdapat 2 ruang bom terpisah. Membawa 18 ton bom, persenjataan nuklir tipe B61 atau bom buklir B83.
Sekitar 10 bom nuklir aktif tersedia dengan B-2 Spirit dan disimpan di gudang persenjataan.



Membawa rudal AGM-129 ACM yang mampu terbang selama 3,5 jam mengikuti rute target sampai jarak 3700km dengan kecepatan terbang 800km perjam (dihentikan karena mahal biaya perawatan). Rudal AGM-129 ACM adalah rudal jelajah, lepas dan tinggalkan.
Kemampuan membawa bom nuklir tipe W-80-1, mengunakan pemandu lidar, kontur tanah. Selain B-2 Spirit, pesawat bomber B-52 Stratofortress sebenarnya dirancang untuk membawa rudal jelajah ini.

Pengoperasian pesawat stealth bomber tidak murah. Untuk terbang dalam serangan udara ke darat, pesawat membutuhkan biaya $130,000 perjam.
Biaya lain seperti sebuah bom GBU-30/ JDAM - Joint Direct Attack Munition sekitar $22.000.
Dalam sebuah misi dapat menghabiskan biaya $11 juta.

Bisa dibayangkan bila sebuah negara memiliki 1 pesawat jenis ini saja. Satu serangan menghabiskan biaya 140 miliar dan belum termasuk biaya bahan bakar dari pesawat tanker udara.

Total armada B-2 Spirit setidaknya menghabiskan anggaran 500 triliun Rupiah. Perawatan pesawat ini juga menjadi beban pemerintah Amerika Serikat, sehingga tidak terlalu banyak diproduksi.

Tahun 2017 mengapa pesawat stealth bomber digunakan walau tidak ada ancaman udara


Pesawat pembom B-2s melakukan misi 29 Maret 2013. 2 pesawat bomber terbang sejauh 20.000km dari pangkalan Whiteman Air Force ke Korea Selatan untuk latihan.

Pesawat B-2s Spirit kembali bertugas di bulan Januari 2017 lalu dengan target Libia. Dan baru terungkap di media setelah serangan terjadi.

Sementara drone memantau target dari udara. Dan melihat dimana para pejuang IS melakukan kegiatan. Di belahan bumi lain, pesawat B2 disiapkan  terbang sejauh 9000km.

Dari pangkalan angkatan udara Whiteman Air Force Base di Missouri sebagai pangkalan udara utama B2 di Amerika, siap melakukan misi ke Libia dan kembali pulang.

Mengapa target ada di Libia, tepatnya 45 km barat daya dari kota Sirte terdapat 2 markas ISL berisi 100 teroris.
Disana banyak pejuang aktif merencanakan serangan ke Eropa lalu melarikan diri ke Libia. Dari pengamatan militer, dapat melihat para pejuang membawa senjata, mortir dan rompi taktis di markas mereka.

Serangan ini berbeda dimana perang melawan IS. Sebelumnya serangan terakahir dilakukan, beberapa serangan sudah dilakukan dengan jet F15s dari pangkalan udara Amerika di Inggris, dan 2 kapal perusak dengan pemandu rudal Tomahawk di lepas pantai Libia. Serangan disana masih berlangsung beberapa bulan, tapi tidak banyak terdengar di media.

Setidaknya 495 serangan udara dilakukan di wilayah kota Sirte. Melibatkan helikopter Cobra, kapal serbu amfibi di lepas pantai Libia. Tidak di Libia saja, negara lain yang menjadi target teroris adalah negara Irak, Suriah, Pakistan, Afghanistan, Yaman dan Somalia.

Kebutuhan pesawat B-2 Bomber ini masih diperlukan untuk melancarkan serangan udara yang tidak diberitakan di media.

Angkatan udara Amerika tidak pernah mengungkap nama pilot, termasuk tidak mengijinkan pilot melakukan serangan sendiri diluar target.

2 pesawat B2 Spirit yang dikirim untuk serangan dan menjatuhkan bom ke kamp ISIS lalu kembali pulang. Sampai tidak ada media yang menyatakan adanya serangan mendadak tersebut.

Pesawat pembom B2 Spirit Stealh Bomber melakukan serangan di 
Libia

Staf intelijen dari pusat komando di Afrika / AFRICOM sudah mengawasi kamp ISIS seminggu sebelum mendapat lampu hijau mengirim bomber siliman tersebut.

Mengapa pusat komando di Afrika mengirim bom stealth yang canggih, padahal disana tidak ada ancaman untuk pesawat udara. Tidak ada penangkis pesawat, atau rudal anti pesawat.



Pesawat pembom 
B2

 Spirit Stealh Bomber melakukan serangan di Libia


 Pesawat pembom B2 Spirit digunakan karena tidak ada kemampuan pesawat lain untuk menjatuhkan bom secara tepat ke sasaran dan bom jatuh bersamaan.

Bom khusus seberat 250kg, mampu menghancurkan dinding rumah dan kendaraan.
Satu pesawat memiliki kemampuan membawa 80 bom. Bom yang dijatuhkan 108 unit dari 2 pesawat, sisanya dicadangkan.

Bom canggih tersebut dilepas dan meledak berdasarkan koordinat GPS. Masing masing bom diprogram untuk mencapai target tertentu. Meledak pada ketinggian tertentu, sudut tertentu, dan waktu yang sudah ditentukan.


Selema melakukan penerbangan, pengisian bahan bakar dilakukan dengan pesawat tanker KC-245 Stratotanker, kadang dibutuhkan beberapa kali pengisian bahan bakar dalam sebuah misi.
Sampai penerbangan pertama ke Libia, B2 Spirit bertemu 2 kali dengan KC-135 stratotankers

Sekitar 5 kali pengisian bahan bakar dilakukan untuk B-2s menuju Libia.

Setelah mendekati target, pesawat mengatur kecepatan, mengukur kepadatan udara, dan parameter yang mempengaruhi jatuhnya bom sebelum dilepas.

Dibawah, markas musuh tidak mendapat peringatan apapun. Di dampingi sebuah drone mendampingi untuk menyelesaikan misi terakhir. Drone mengawasi target dan merekam apa yang terjadi, dan menembakan rudal Hellfire bila masih ada target tersisa. Tapi semua kamp dibawah hancur terkena ledakan bom B-2s
Dalam perhitungan sekitar 100 korban pejuang IS.

Setelah 2-3 jam keluar dari target, pesawat kembali di jemput KC-245 untuk pengisian bahan bakar dan pulang ke basedi Amerika.

Membutuhkan waktu 32 jam untuk sebuah misi, 2 pesawat B-2s kembali ke pangkalan. Pilot tempur kembali pulang, di pangkalan Whiteman pada 19 Jan 17 kembali normal dan kembali ke siklus sehari hari.
Tapi cepat atau lambat mereka akan kembali dipanggil.

Berita terkait
Sebuah objek di belakang pesawat B2 Stealth Bomber tampak mengikuti formasi 2 pesawat pembom. Gerakannya mengikuti posisi 3 pesawat yang sedang terbang dengan kecepatan 800km perjam. Anehnya benda yang terbang tersebut tidak mengeluarkan asap atau contrail seperti 2 pesawat jet bomber buatan manusia.

Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar berhasil uji terbang.



Nama pesawat jet bomber jarak jauh H-20 sangat dikenal. Tapi tidak pernah dilihat sebelumnya. Sampai terlihat dan ada kemajuan besar dalam pengembangan jet pembom strategis jarak jauh ini. Salah satu disain terlihat memiliki sayap seperti jet siluman. Memungkinan pesawat tidak dapat terditeksi oleh radar.

Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.

Pernah mendengar rancangan penerbangan dengan tiket murah. Tujuannya untuk menambah jumlah penumpang, dan harga tiket lebih murah lagi. Memuat 20 persen penumpang lebih banyak, beban kursi pesawat hanya separuh.

Pengunanya dari CIA, US Airforce, Taiwan dan NASA. Awalnya digunakan sebagai pesawat mata mata selama perang dingin. Pesawat ini mampu terbang di ketinggian 21km. Diatas dapat melihat lekukan bumi. Salah satu pesawat yang sulit untuk diterbangkan.

Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara. Lockheed Martin MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.



Pasukan khusus Amerika ada di 135 negara, jumlahnya mencapai ribuan pasukan. Tapi dengan keahlian khusus, kekuatan mereka sangat besar. Menjadi ujung tombak dari pertempuran yang belum terjadi, bahkan tidak terjadi.

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru. Rahasia kekuatan Thunderbolt tank terbang.

Bila tertarik membeli pesawat jet komersil. Lihatlah di toko online China Taobao, masih tersisa satu dijual murah. Pesawat jet Boeing 747 milik perusahaan kargo Jade Cargo International disita oleh pengadilan Shenzhen China. Setelah perusahanaan mengajukan kebangkrutan. Jet milik Jade Cargo sekarang dimiliki perusahaan lain China SF Airlines.

Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km, seperti kemampuan jet pribadi komersil Boeing atau Airbus

Pesawat pembom strategis Tupolev TU-160 dikenal dengan nama Blackjack. Mampu terbang dengan membawa bom seberat 40 ton, dan kecepatan 2 mach. Hanya dimiliki 2 negara Rusia sebagai produsen dan Ukrania. Hanya 35 unit pesawat, pengembangan generasi ke 2 TU-160M2

Jet tempur Mig-35 menjadi sukses seri Fulcrum. Siap tampil tahun 2019, dengan kemampuan terbang 2,2 mach atau setara 2.400km perjam. Harga Mig-25 relatif lebih murah dibanding jet tempur lain. Salah satu kecanggihan jet tempur Mig 35 dapat dipasang bom pemandu yang akurat.

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.



Pesawat L-15B dirancang untuk satu pilot untuk menghemat berat. Mampu membawa persenjataan seberat 3 ton dengan 9 hanger di badan dan sayap pesawat.Pesawat dapat dipasangkan rudal udara ke udara untuk anti pesawat tipe PL-12 jarak jauh, dan rudal infrared PL-10. Jarak jangkauan pesawat sekitar 500km dengan tangki bahan bakar tambahan.

Mig 25 adalah jet tempur tercepat kedua di perang dingin. Ketika terungkap oleh barat, akhirnya diketahui pesawat tersebut bukan pesawat jet tempur biasa. Memiliki kecepatan 2,8Mach dan maksimum 3,2 Mach. Tidak ada yang bisa mengejar bila pesawat dipacu dengan 2 mesin jet Tumansky R-15. Sampai barat semua teungkap setelah barat membuka isi pesawat

Konstruksi jalan diatas direkam di Tverskaya Street. Segerombolan kendaraan konstruksi melapis luas jalan 32 ribu meter persegi dengan 8 ribu ton campuran aspal. Puluhan truk pengangkut aspal panas, 6 kendaraan untuk meratakan aspal, dan entah berapa  banyak kendaraan untuk mengiling aspal hingga rata.

Pesawat AG600 adalah pesawat ampibi yang dapat mendarat di air dan darat. Ukuran sebesar pesawat Boeing kecil, dan dapat digunakan untuk pemadaman api di hutan atau membantu masyarakat yang membutuhkan. pertolongan. Pesawat AG600 memiliki panjang 37m dan lebar sayap 38,8m.

Drone MQ-9 Reaper atau pesawat tanpa awak ini paling mematikan di dunia. Teknologi menarik dalam mengendilkan pesawat tanpa awak dan menyerang musuh tanpa kehadiran musuh. Pesawat General Atomic MQ-9 Reaper disebut Predator B.

Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Pesawat jet bomber Tupolev Tu-22m dijuluki oleh Nato Backfire. Ini adalah pesawat pembom supersonik dengan sistem sayap ayun atau dapat dilipat. Kecepatan maksimum mencapai 2 Mach. Pernah masuk ke Swedia tapi tidak di respon oleh angkatan udara. Masih bertugas di Suriah bulan November 2015

Rusia mendadak datang ke Suriah. Menurunkan kemampuan pasukan dari udara dan laut. Mengapa Barat dan Rusia hadir disana, salah satu ketertarikan adalah teknologi. Masing masing menguji teknologi Electronic Warfare. Rusia mampu melakukan jammer agar kegiatan mereka tidak di mata matai negara lain.

Ketika pesawat mendarat dan mendapat arus angin dari samping atau Crosswind. Menjadi salah satu pengalaman kurang baik batgi pilot dan penumpang. Yang ini pesawat Airbus A380 sebagai pesawat jet komersil terbesar di dunia tidak luput dari tekanan angin kuat ketika mendarat di bandara Dusseldorf

Di pameran pesawat penonton akan melihat kemampuan manuver terbang jet komersil. Yang satu ini jet tempur tempur Mig 29 ini bisa langsung take off dan terbang vertikal. Seperti roket langsung menuju langit. Mig 29 memiliki kecepatan 2,25 mach

Dibilang jet atau helikopter, sepertinya mirip helikopter. Tapi apakah pesawat jet stealh ini mampu melakukan manuver Dog Fight dalam pertempuran. Posisi hidung pesawat sepertinya menjadi masalah.

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Helm paling mahal buatan Loockeed Martin seharga $400000. Menjadi helm dengan satu paket pesawat jet tempur F 35. Apa bedanya dengan helm biasa, tentu bukan helm untuk menahan benturan pada kepala ketika terjatuh.

Pesawat Pak Ta sebuah konsep pesawat cargo buatan Rusia. Pesawat tersebut adalah pesawat cargo raksasa, memiliki kecepatan supersonic, mampu mencapai kecepatan 1800km perjam dengan jarak tempuh 6000km lebih.

Gambar ini bukan cerita CGI atau film dengan 3D. Memang dibuat asli ketika sebuah pesawat F14 Tomcat melintas disamping kapal induk. Oleh Dale Snodgrass adalah seorang pilot F14, dia menjadi pilot dengan jam terbang tertinggi. Sudah mencapai 48 ribu jam terbang

Pesawat jet tempur terbang di atas jalan tol, sudah biasa. Pilot Korea Utara memiliki kemampuan harus berlatih mengunakan jalan bebas hambatan sebagai landasan. Di Finlandia dari video dibawah ini adalah video latihan pilot pesawat tempur

Video ini adalah rekaman sebuah pesawat Douglas C-47 Skytrain atau versi militernya disebut pesawat Dakota. Sudah tua tapi tetap stabil dengan terbang rendah. Tidak ada yang berbahaya ketika pesawat ini melintas, tapi terbangnya nyaris diatas rumput.

Ini bukan perang melawan Alien atau skenario pembuatan film Independence Day 2. Parade pesawat ini memang nyata, ada 25 pesawat F 117A Nighthawk Black Stealth Fifhter terbang dalam formasi bersaama.

Video dari jet tempur Mig 31 dengan camera. Salah satu pesawat pencegat yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat hanya dibuat sekitar 400 pesawat dan 30 pesawat dimiliki Kazakhstan. Kecepatan terbang mencapai 2,8 Mach.

Caspian Sea Monste dirancang unik oleh insinyur pesawat Soviet. Mampu terbang diatas permukaan air dan menembak musuh dengan roket. Pesawat rahasia ini tidak diungkap ke publik ketika perang dingin berlangsung.




No popular articles found.