Animasi satelit cuaca Nasa untuk observasi


Kategori : Technology | Date : 10 March 2015
Bukan jalan saja yang macet, di atas bumi juga penuh sesak dengan satelit. Mungkin kita lupa berapa banyak satelit berada di atas permukaan bumi. Kalau dibilang sudah overload. Nasa membuat animasi posisi 19 satelit. Dari Aqua, Aura, CloudSat dan Calipso berada sejajar dalam satu sistem garis orbit satelit cuaca Nasa.

Melihat video dibawah ini, mungkin kita membayangkan berapa ramainya satelit diatas bumi. Tunggu dulu, itu baru 19 satelit observasi milik Nasa. Menurut data terakhir sampai pertengahan tahun lalu. Union of Concerned Scientist menyebutkan sekitar 1.235 satelit yang masih aktif berada di ruang orbit bumi.

Animasi satelit cuaca dan observasi milik NASA

Angka tersebut mencapai 100x lebih ramai dari gambar diatas. Itupun baru satelit yang terdata, menurut data Goddard Space Flight Center sampai catatan terakhir sekitar 2271 satelit aktif dan tidak aktif ada di orbit Bumi. Rusia paling banyak meluncurkan satelit, mencapai 1324 unit disusul Amerika dengan 658 satelit. Sebagian satelit ada yang jatuh, tapi sebagian masih ada disana sebagai sampah ruang angkasa. Beberapa satelit terbanyak dibawah ini
  • Bagian satelit Low Orbit paling ramai. Kebanyakan dipakai untuk satelit komunikasi seperti Iridium yang mencapai 71 satelit. Satelit tua milik Amsat Oscar 7, Radio amatir dan beberapa satelit tua yang usianya 40 tahun berada di ketinggian 1000km
  • Satelit dengan umur pemakaian 5-10 tahun banyak diluncurkan sejak tahun 2008. Sedangkan 33 satelit masih aktif yang diluncurkan sebelum tahun 1995. Sepertiga satelit atau sekitar 395 unit diluncurkan tahun 1995-2005.
  • China meluncurkan 115 satelit dan modul ruang angkasa Tiangong.
  • Satu stasiun ruang angkasa atau ISS dari kerjasama Rusia dan Amerika, berukuran satu lapangan football. Sempat dinaikan ketinggiannya karena dikhawatirkan dapat ditabrak sampah ruang angkasa.
  • 8 satelit O3b adalah jaringan satelit internet broadband untuk negara berkembang pada ketinggian Low Orbit
  • 494 satelit digunakan untuk komersil.
  • Tapi satelit navigasi paling banyak dengan jumlah 337 dari sistem Glonass dan GPS. Sebagian aktif dan sebagian lagi yang masih bekerja sebagai backup. Sisanya sudah tidak aktif dan lainnya diganti dengan satelit navigasi generasi terbaru. Satelit lama yang tidak aktif tetap ada disana.
  • Semua nomor satelit yang tercatat, tapi masih ada lagi satelit pencitraan serta satelit mata mata.
  • Selain seluruh satelit yang mengarah ke bumi, masih ada beberapa teleskop ruang angkasa. Walau ditempatkan jauh lebih tinggi dari orbit satelit komersil.
Gambar dari Quartz

Dibawah ini posisi satelit yang di tempatkan dari low orbit atau orbit rendah di bagian atas. Satelit Low Orbit ditempatkan dibawah ketinggian 1000km dari permukaan Bumi. Satelit Low Orbit akan bergerak lebih cepat dari orbit bumi, umumnya diperlukan jumlah satelit lebih banyak dibanding satelit di High Orbiut.
Disusul posisi high orbit, posisi satelit geostationary lebih tinggi diatas 10 ribu km, yang biasanya bergerak mengikuti kecepatan yang sama dengan orbit bumi dan mengarahkan antena permanen di satu lokasi.

Ketinggian satelit dari Low Orbit sampai ke Bulan


Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini

Teknologi GPS baru mengunakan satelit GPS 2F-6. Rencananya akan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Delta minggu ini. Satelit navigasi GPS 2F-6 akan mengantikan GPS yang sudah tua tipe GPS 2A-23 di slot 4. Jepang dengan satelit Michibiki presisi tinggi ke 4 Oktober 2017



Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.


No popular articles found.