Science | 5 March 2015

Bulan Europa di Jupiter apakah manusia bisa tinggal disana


Satu satelit atau bulan di Jupiter memiliki ukuran cukup besar. Bulan Europa masih diselimuti es di permukaan, peneliti mengatakan gravitasi di sana memungkinkan manusia tinggal. Tapi tidak sepenuhnya tepat, ada beberapa alasan mengapa di Europa manusia akan bermasalah.

Putaran Europa 3,5 hari hari bumi. Bila tinggal disana, satu bulan lain Ganymede akan terlihat dua kali sehari dari Europa dan tampak seperti 1,5x bulan di bumi. Sedangkan bulan Io akan muncul 2 kali setiap hari, dan tampak 2x dari lebih besar dari Ganymede. Bagaimana dengan tampak planet Jupiter, pastinya akan terlihat sangat besar di Europa

Permukaan Europa realatif halus, disebut sebagai bola es besar. Bentuk retakan disebabkan gravitasi planet Jupiter. Di sana terdapat atmofer oksigen yang sangat tipis, tapi tidak cukup bagi manusia bernapas. Masalah lain dari pelindung radiasi magnetik dari planet Jupiter akan menganggu manusia. Seandainya tinggal disana, manusia akan terpapar radiasi kosmik. Sedangkan di Bumi, manusia terlindung dari magnetik bumi dan atmofer. Sehingga tidak terkena radiasi matahari dan radiasi dari luar lainnya.
Masalah gravitasi, di Europa hanya 13% dibanding gaya tarik Bumi. Bahkan sedikit lebih kuat dibanding Bulan. Suhu disana minus 160 derajat C di ekuator, di kutubnya lebih dingin mencapai -220 deg.C.

Bulan Europa di Jupiter apakah manusia bisa hidup

Permukaan Europa di Jupiter memiliki lapisan es


Artikel Lain

Live jam 7 Malam, waktu WIB. Planet Merkurius dengan suhu ekstrem, dari 430 deg.C dan anjlok malam hari -180 deg.C. Satu hari 58 hari waktu bumi, orbit setahun 88 hari ke matahari. Pesawat Messenger terakhir di Merkurius 2015, video planet Merkurius. Bercak merah adalah sejarah adanya gunung berapi

Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.



Awan besar yang menutup di kutub selatan bulan Titan sebagai bulan terbesar di planet Saturnus. Memiliki sebuah kejutan, permukaan berbatu tapi tekanan 1,4 atmofer Bumi. Mirip Bumi tapi hanya gas nitrogen yang terbanyak. Teori lain Titan mungkin lahir lebih dahulu dibanding bulan lain di planet Saturnus.

Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon

Grafik tentang alam semesta, dari umur bumi dan masa depan. Sampai perkiraan terbaru setelah memasuki masa 10 miliar tahun kedepan. Akan merubah bentuk alam semesta, termasuk hilangnya teori Bing Bang karena tidak bisa diamati lagi dengan pengetahuan saat ini.

Mungkin kita bertanya seperti apa bentuknya. Seandainya Bumi menjadi bulan di planet Saturnus, Neptunus atau Jupiter yang lebih besar atau sebaliknya. Mungkin lebih indah, tetapi tidak untuk 3 planet yang besar



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.