Galaksi NGC 2273 memiliki 2 lubang hitam


Science | 3 March 2015

Lubang hitam pendamping bisa saja terbentuk di galaksi dengan lubang hitam utama yang berada ditengah. Nasa menemukan galaksi NGC 2276 mengunakan teleskop X-Ray Chandra. Mar Mezcua dari Harvard Smithsonian mengatakan, tim mereka akan mengali lebih jauh dengan galaksi ini.

Berita menarik dengan galaksi NGC 2276, pada bagian lengan galaksi ada satu black hole lain dan dinamai NGC 227-3c. Dan masuk kategori lubang hitam kelas menengah (IMBH), ukuran pasti lebih kecil dari lubang hitam yang ada di tengah.

Untuk ukuran, NGC 2276-3c memiliki massa sekitar 5-30x dari matahari kita. Menurut astronom, lubang hitam berukuran sedang seperti ini sangat sulit ditemukan. Lubang hitam memberi manfaat bagi sebuah galaksi untuk memunculkan terbentuknya bintang lain. Karena gravitasi lubang hitam akan memutar galaksi untuk bergerak dan mengumpulkan gas sampai seluruh gas akan terkumpul dalam bentuk miliaran bintang
Dampak dari keberadaan lubang hitam yang ada di lengan sebuah galaksi akan menghapus terbentuknya bintang muda. Karena benda tersebut akan menyapu gas untuk pembentukan bintang, lalu melempar keluar dari piring galaksi. Dan menimbulkan bentuk Jet sepanjang 1000 tahun cahaya.

Nasa mengunakan kombinasi teleskop dari European Very Long Baseline Interferometry (VLBI), dan teleskop X-Ray Chandra. Penemuan lubang hitam NGC 2276-3c masih dipertanyakan. Jangan jangan benda tersebut sebenarnya galaksi mini dan bergabung dengan galaksi lain
Foto dibawah ini , bagian besar galaksi NGC 2273. Bagian yang diperbesar adalah  lubang hitam pendamping NGC 2276-3c. Bentuknya hanya bisa terlihat dengan teleskop radio.

galaksi NGC 2276

Berita terkait
Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya. Nov 2019 PSZ1 G311.65-18.48 muncul sampai 12 kali

Di jantung galaksi Holm 15A terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Memecahkan rekor sebelumnya, bahkan 2x lebih besar yang ditemukan tahun 2016. Astronom tidak memperhatikan adanya  lubang hitam dengan massa 40 miliar dari matahari, termasuk pengamatan dari Hubble dan teleskop di Bumi.



Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.

Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Galaksi GN-z11 menjadi galaksi terjauh yang diumumkan oleh badan antariksa Eropa ESA. Usianya diperkirakan hanya 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Mengalahkan rekor terjauh galaksis Galaksi EGSY8p7 yang mencapai 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang.

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.



2 astronom amatir, satu mengunakan teleskop dan satu memproses gambar. Membuat detil gambar galaksi Andromeda atau M31 sekelas teleskop besar. Mengunakan teleskop dari Bumi dan di proses dengan computer di rumah untuk menghasilkan detil foto yang satu ini.

Teori Newton tidak berlaku di dunia Kosmos, ketika cahaya tidak memiliki massa dapat berbelok. Disini teori Einstein dengan antariksa mulai terungkap dengan penemuan saat ini. Dahulu masih terbatas teori, sekarang menjadi kenyataan. Gravitasi mampu membelokan cahaya sampai gravitasi bisa bergerak seperti kekuatan gelombang

Para ilmuwan melaporkan mereka menemukan lubang hitam sangat besar yang disebut Quasar. Quasar adalah lubang hitam yang aktif , sementara banyak gas dan materi padat jatuh ke dalamnya. Tapi yang ditemukan oleh ilmuwan adalah benda ini selaras




No popular articles found.
< /body>