Warga Jakarta sudah kehabisan jalan, tapi di Belanda warga disana sudah kehabisan tempat parkir sepeda.

ini masalah baru bagi kota Amsterdam Belanda.

Disana terlalu banyak penduduk mengunakan sepeda.
Sepeda memang populer di Belanda, separuh perjalanan penduduk kota mengunakan sepeda.

Pemerintah kota Amsterdam  baru mengumumkan rencana baru membuat parkir bawah tanah. Rencananya akan dibuat 7000 tempat parkir bawah tanah. Dengan pembangunan tempat parkir baru tersebut, dapat menampung 21,8 ribu sepeda dan ditempatkan di sekitar stasiun untuk tahun 2030.

Bukan itu saja, Amsterdam berencana membangun tempat parkir sepeda mengapung. Satu tempat dapat menampung lebih banyak sampai 2000 sepeda.

Mengapa kota Amsterdam begitu padat dengan sepeda. Sekarang jumlah penguna akomodasi sepeda naik mencapai 57%. Dan 43% mengunakan sepeda untuk bekerja. Infrastruktur yang dibangun sangat nyaman. Jalan yang datar, aman, jalur sepeda di tengah kota, beberapa tempat dilarang dimasuki kendaraan bermotor kecuali untuk sepeda dan pejalan kaki. Dan jalur di tepian kanal dibuat jalan sepeda dibanding membuat jalan mobil.

Bagaimana dengan aturan lalulintas untuk sepeda, sama saja seperti kendaraan bermotor. Bila sembarangan parkir akan di denda.cukup tinggi, biasanya pengendara memilih membeli sepeda baru dibanding membayar denda.



Agustus 2017
Berita baik bagi pencinta sepeda di Belanda. Satu parkir sepeda hampir selesai di dekat stasiun kereta Utrecht.
Tahun lalu pencinta sepeda meminta pemerintah memperbaharui gedung parkir dan infrastruktur di Martijn Van Es
Di wilayah tersebut, pengendara sepeda menghabiskan jarak sampai 900km pertahun. Dan 1 dari 4 pengendara sepeda mengunakan sepeda untuk bekerja.
Pembangunan masih berjalan, akan mencapai luas 50 ribu meter persegi lebih untuk parkir. Dan selesai pada tahun 2018

tempar parkir sepeda terbesar menampung 12 ribu sepeda lebih