Android Trojan PowerOffHijack smartphone off tapi tidak off


Kategori : Security | Date : 20 February 2015
Satu trojan menyerang perangkat Android, disebut Trojan PowerOffHijack. Ketika smartphone di off, dan layar terlihat off. Sebenarnya tidak off alias smartphone tetap berjalan seperti biasa. Munculnya animasi smartphone sedang off, lalu Trojan mulai bekerja dengan hal yang tidak biasa.
Misalnya melakukan rekaman telepon dan  mengirim pesan pribadi. Berita trojan PoweroffHijack ditemukan oleh peneliti keamanan AVG.

Ditemukan pertama di China, tercatat sudah menginfeksi 10.000 perangkat. Kelihatannya menyerang dari aplikasi store ketiga. Trojan ini dapat menyerang untuk perangkat OS Android 5 kebawah.

Cara kerja Trojan seperti ini. Ketika power Off di jalankan. Keliatan animasi di layar smartphone sedang Off, dan ditekan konfirmasi untuk off. Lalu layar smartphone terlihat hitam, tapi smartphone masih tetap on. Itu trik baru dari pembuat trojan untuk memanfaatkan smartphone yang sudah terinfeksi.

Bila smartphone dalam kondisi off, lalu keesokan hari baterai malah sudah habis. Curigai saja smartphone sudah mungkin terserang trojan jenis ini



Berita terkait
Aplikasi bodong alias bohong terkadang muncul di Google Play. Ada aplikasi yang dapat membuat camera smartphone tembus pandang, ada lagi yang menjual antivirus bodong alias bohong. Januari 2019, hati hati dengan aplikasi GPS, ternyata ada yang palsu juga. Sampai di download 10 juta kali

Ada kabar sistem Hack Team spyware menyebar di Windows. Satu Free Tool dibuat oleh perusahaan Rook Security untuk menditeksi malware tersebut. Masih versi beta, dan baru menditeksi sekitar 40 file di Windows.



Penguna perangkat Android termasuk Smartphone sebaiknya berhati hati. Android.Trojan.SLocker.DZ dapat mengunci smartphone, dan meminta tebusan palsu. Umumnya disebar via website atau spam email. Data dari Bitdefender menyebutkan sekitar 15.000 spam email bisa masuk ke mailbox

Hati hati mendownload aplikasi yang aneh aneh di Google Play. Diperkirakan jutaan perangkat Android dapat terinfeksi Scareware dari yang berhubungan dengan game Minecraft. Sejak Agustus 2014 lalu, game Minecraft menjadi game populer. Dimanfaatkan oleh penjahat menyebar malware dengan nama berbeda beda.

Layanan download di Google Play untuk aplikasi smartphone sekarang diperketat. Google akan memerika aplikasi dari pembuat software, dan di periksa sebelum bisa di download.

Sejak 3 Maret lalu , peneliti keamanan computer menemukan kelemahan di beberapa situs papan atas. Serangan Freak dapat mencegat trafik data internet dari server ke penguna computer. Sudah tersedia website untuk memeriksa.

Aplikasi Android Battery Life Repair disebutkan sebagai aplikasi yang mampu memperbaiki kondisi baterai seperti mendefrag harddisk di dalam baterai. Apakah aplikasi ini mampu membuat baterai smartphone lebih baik, bahkan di download ribuan kali



Hati hati memgambil file di Download.com, situs ini makin tidak aman. Khususnya untuk download 10 top aplikasi. Howtogeek memeriksa file yang mereka download, dan mendapat peringatan dari antivirus.

Game Trojan Flappy Bird mulai disebar di layanan non Google Play dan iPhone. Game ini memang sukses dengan 50 juta kali di download. Setelah game dikeluarkan oleh pembuatnya, giliran versi copy disebar di internet. Yang ini berbahaya.




No popular articles found.