Bintang dengan multi bintang di awan Barnard B


Science | 19 February 2015

Satu bintang saja sudah terang, bila satu tata surya memiliki 4 bintang. Astronom temkukan 4 bintang yang baru lahir bresamaa. Quadruple star system ini ditemukan dari teleskop VLA mengunakan gelombang radio di Socorro New Mexico dan teleskop radio Green Bank di Virginia dibantu dengan teleskopJames Clerk Maxwell di Hawai.

Awan Barnard B atau disebut B5 letaknya tidak jauh, hanya 800 tahun cahaya dari bumi dan terletak di rasi Perseus. Ilmuwan menemukan  protobintang muda dan 3 gas padat disekitarnya. Menurut peneliti, 40 ribu tahun mendatang ke 4 objek bintang tersebut akan berbeda nasibnya. Diperkirakan 1 akan terlempar atau lepas dari 3 bintang lain. Sedangkan 3 bintang akan menyatu menjadi triple star di satu tata surya.

Gambar dibawah ini perkiraaan dari posisi bintang daengan gambar artis, sedangkan gambar kecil kanan atas dari foto teleskop radio



Cerita bintang lebih dari satu adalah hal biasa. Seperti film Star Wars dimana planet dalam film tersebut memiliki 2 bintang di langit.  Di tetangga kita seperti Alpha Centauri adalah bintang paling dekat dengan matahari. Jaraknya hanya 4,37 tahun cahaya, disana terdapat bintang biner atau tata surya dengan 2 bintang kembar.

Hanya bentuk bintang kembar lebih dari 2 umumnya sudah berpasangan sekitar 5 miliar tahun lalu. Diperkirakan akan sangat jarang terbentuk bintang kembar lain di galaksi kita. Melihat 4 bintang di awan Barnard 5 ini menjadi berbeda dan masih ada pembentukan bintang biner.

Grup bintang lain yang memiliki multi bintang seperti Big Dipper yang terkenal, berada di konstelasi Ursa Major Great Bear.

Bintang kembar lain ada di Mizar tapi bintang pendampingnya lebih redup disebut Alcor, didampingi satu bintang lain Rider. Ketiganya menjadi tempat abadi yang favorit di kalangan astronom amatir. Walau dari bumi, ke tiga bintang terlihat dekat, nyatanya memiliki jarak 3 tahun cahaya.

Satu lagi triple star adalah Beta Monocerotis, disana akan terlihat 3 bintang saling berdekatan. Letaknya bisa diamati dengan mengarahkan ke dekat Orion Belt, ketiga bintang tersebut berada 690 tahun cahaya.

Berita terkait
Mungkin tidak terbayangkan bila di sana tidak terlihat apapun, karena sebagian besar galaksi kita masih tertutup oleh debu dan gas. Dengan teleskop Spitzer dapat menembus kabut. Foto terakhir teleskop Spitzer dipublikasi Nasa

Bintang NGC 2169 adalah kelompok bintang yang tidak terlalu banyak, dan berkelompok bersama. Lahir pada waktu yang sama tapi ukurannya berbeda-beda. Bintang bintang disana hanya membentang 7 tahun cahaya. Letaknya tinggal di cari 3 bintang The Three Sisters, dekat nebula Orion, dan satu bintang paling terang Betelgeuse



Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Tim astronomi dari Jerman universitas Ruhr membuat peta terbesar tentang alam semesta. Terdiri dari 268 foto yang diambil selama observasi 5 tahun. Hasilnya selembar peta bintang dengan resolusi 46 miliar pixel. Tidak perlu teleskop untuk menikmati benda di sekitar Bumi, cukup melihat karya astronom dari Jerman

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Foto ini adalah bentuk kelahiran sebuah bintang. Diambil oleh Hubble Telescope tampak begitu indah, seakan tidak nyata. Seperti gambar artistik tapi foto ini adalah foto asli.

Satu video fantastik di bidang antariksa, Teleskop Hubble mengabadikan sebuah bintang yang meledak. Direkam sejak tahun 2002 sampai 2006. Ini bukan simulasi computer, tapi foto asli dan dijadikan film timelapse. Butuh 4 tahun untuk membuat urutan foto bintang




No popular articles found.
< /body>