Belajar Shutter camera efek ke fotografi


Digital | 18 February 2015

Setting camera berupa segitiga dari hasil sebuah foto.
ISO seperti 100-200-400, meningkatkan ketajaman gambar sebuah foto
Shutter menangkap cahaya lebih banyak atau lebih sedikit dengan membuka sensor lebih lama atau lebih cepat
Aperture membuka lubang lensa lebih besar atau lebih kecil

Ketiganya berhubungan antara hasil foto dari kecerahan, ketajaman dan efek foto

Untuk Shutter speed lebih sederhana dimengerti. Shutter atau waktu sensor menerima cahaya, dihitung dalam 1/4000, 1/250 atau 1/40 bahkan 3 detik 20 detik bahkan setting  Bulb dimana sensor menerima cahaya sesuai lamannya sensor menerima cahaya.

Apa dampak kecepatan shutter ketika mengambil gambar dengan setting shutter speed. Mengabadikan pesawat tempur yang lewat dengan kecepatan shutter speed 1/30s, gambar akan tampak blur. Karena objek bergerak begitu cepat dan cahaya yang masuk ke sensor akan menumpuk. Mengabadikan foto malam dengan 1/30s , tentu saja foto akan tampak gelap. Beberapa setting dibawah ini memberikan gambaran setting kecepatan berapa pada shutter speed terhadap objek foto.

Ultra Fast Shutter speed.
Untuk gambar bergerak seperti orang berlari cepat, bahkan mengabadikan pesawat tempur lewat, atau mengabadikan mobil balap sekelas formula, dan efeknya membantu untuk pengunaan lensa telezoom diatas 200mm. Memerlukan setting Shutter speed berbeda beda. Misalnya disarankan mengunakan shutter tinggi. Dari 1/1000 sampai 1/8000 detik untuk objek yang bergerak cepat. Tujuannya agar gambar tidak blur ketika ditangkap camera. Efeknya gambar akan terlihat beku walau di mata kita hanya berlalur dalam hitungan detik.

Setting shutter tinggi sangat berguna ketika cuaca sangat cerah. Gambar akan terlihat jelas walau camera hanya mengambil gambar dalam seperseribu detik. Shutter speed tinggi membantu gambar tidak goyang walau mengunakan zoom atau dipegang dengan tangan. Setidannya setting berada di atas 1/250 detik

Shutter speed efek pada foto


Fast Shutter


Berada antara 1/250 - 1/500 detik. Setting kecepatan ini paling cocok untuk outdoor dengan cuaca yang cerah. Mengabadikan objek yang bergerak seakan membeku. Tapi objek dengan setting ini untuk pergerakan relatif lambat, seperti gerakan manusia, kendaraan dengan kecepatan biasa atau burung yang sedang terbang.

Shutter speed efek pada foto


Normal Shutter Speed
Berada antara 1/30 sampai 1/250s. Ini untuk foto biasa di luar ruangan. Setting shuter 1/30s umumnya dipakai untuk lensa 50mm. Setting ini cocok untuk diluar ruangan dengan pencahayaan agak redup.

Shutter speed efek pada foto


Slow Shutter Speed
Berada dibawah 1/30. Setting ini sangat berguna untuk cahaya menjelang malam. Dengan setting 1/30s atau lebih rendah , semua cahaya yang bergeraka akan tampak seperti garis masuk ke dalam sensor. Slow Shutter dapat memberikan efek blur dalam objek foto. Misalnya foto air terjun, ombak pantai, bahkan beberapa fotographer mengunakan filter netral untuk efek foto dengan setting kecepatan shutter lebih rendah lagi sampai 20-30 detik untuk satu foto. Setting slow shutter cocok untuk mengabadikan cahaya malam, termasuk efek cahaya lampu dan lampu kendaraan.
Setting Slow Shutter Speed sangat dianjurkan mengunakan tripod atau posisi camera mengunakan timer.




Terakhir adalah Bulb Speed
Setting ini akan membuka sensor sesuai kebutuhan fotographer. Umumnya digunakan untuk stargazer untuk mendapatkan cahaya bintang lebih kuat. Setting ini mutlak memerlukan camera dalam posisi diam atau mengunakan tripod. Kecuali anda membutuhkan efek berbeda pada hasil gambar dengan memengang di tangan.

Bagi pemula. Intinya belajar speed shutter sangat berguna untuk mengenal objek. Sekaligus untuk berlatih mengenal objek yang akan diabadikan untuk  mendapatkan gambar terbaik.

Setting shutter dapat mengikuti efek vibration reduction dari Nikon (nama lain dari image stabilizer). Kapan setting lensa VR dapat membantu fotographer menghindari efek gambar goyang ketika camera dipegang, dan setting shutter minimum yang tidak mungkin dibantu oleh VR. Lensa stock dari 18-35 mm akan terbantu dengan VR On sampai setting 1/30s. Lensa diatasnya seperti 100mm akan terbantu oleh VR On sampai 1/60s. Bila mengunakan lensa Zoom sampai 200mm keatas, setting VR On hanya membantu sampai 1/125s

Info lebih lanjut dapat dilihat via Belajar camera speed shutter dengan lensa bila camera di pegang dengan tangan

Berita terkait
Pilih yang mana antara Sony vs Nikon vs Canon atau Panasonic. Jangan melihat merek camera yang bagus, tapi lihat kedepan dengan perangkat tambahan. Ketika orang melihat foto yang bagus dari camera Sony Nikon Canon, apakah kita pernah bertanya ke pembuat foto bagaimana proses dari hasil foto yang baik

Seorang fotografer hanya belajar dalam 2 tahun. Memperlihatkan perbedaan foto amatir dan foto profesional. Philips membandingkan dua gambar ditempat sama dari karyanya sendiri, dan  foto setelah 2 tahun belajar. Tekniknya pencahayaan dan perpektif gambar hal penting dalam fotografi



Khusus bagi penguna camera dSLR, untuk mengabadikan foto dengan Burst Mode. Camera terus mengambil puluhan foto untuk sebuah objek. Kecepatan camera membedakan antara camera kelas pemula dan profesional. Khususnya untuk foto olahraga, aksi dan lainnya yang membutuhkan camera mengambil foto sebanyak munkgin

Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.

Belajar edit foto dari Peter Stewart seorang fotografer Traveler. Beberapa foto yang di edit hanya mengunakan 1 gambar saja. Yang lain mengunakan kombinasi 2 atau 3 foto, dia lebih banyak mengunakan software Nik Efex Pro yang gratis.

Bila seorang fotografer sering membuat foto blur, walau mengunakan tripod. Kejadian seperti ini merupakan hal biasa. Penyebabnya karena cermin di camera terbuka tutup ketika pengambilan sebuah foto. Setiap gerakan di dalam camera akan berdampak terjadinya getaran

Edit foto seperti film atau cinematic. Dapat dibuat mengunakan software Lightroom. Foto seperti dalam frame film, lebih biru dan gelap, tapi tetap fokus dibagian objek foto. Belajar edit foto Cinematic dibuat oleh Photos in Color



Ada saja ide kreatif Rafal Krasa seorang fotografer asal Polandia. Dia mengunakan bak kamar mandi atau Bathtub untuk tempat foto. Hasilnya lumayan, seperti tempat foto profesional. Krasa mengatakan hasil fotonya tidak terlalu bagus, tapi bisa menghemat uang dan waktu katanya.

Lensa Wide Angle atau sudut lebar untuk foto landscape seperti pemandangan membuat bidang gambar lebih luas. Apakah lensa telephoto atau lensa telezoom ini dapat digunakan untuk foto landscape. Tentu saja bisa, tapi objek yang diambil adalah bagian depan. Yang berubah adalah posisi pengambilan gambar

Setiap foto memiliki nilai, tapi membuat foto yang WoW disebutkan perencanaan, atau dihasilkan pada situasi yang beruntung. Membuat foto dengan nilai 4 sangat sulit dalam kondisi biasa, bintang 5 membuat foto seperti ini adalah sempurna dan tanpa cela.

Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.

Bagaimana membuat foto Milky Way dengan cahaya lampu mobil di jalan. Dua gambar mengunakan setting berbeda. Milky Way atau galaksi Bima Sakti diambil dengan ekposure lebih lama sampai 30 detik dan minim cahaya. Bila diambil bersamaan dengan cahaya lampu mobil terlalu terang

Bagaimana membuat sebuah foto di gabung dengan gambar latar belakang berbeda. Misal seseorang duduk di tengah hutan, dan dipenuhi dengan binatang. Mengunakan photoshop bisa dilakukan dan di awali dengan pengambilan gambar si objek yang akan di edit.

Dan Marker More menceritakan bagaiaman proses membuat video TimeSlice. Dan mengatakan tekniknya sama seperti foto biasa, hanya durasi setiap gambar yang diambil dibuat terpisah dari setiap beberapa detik sampai beberapa menit.



Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.

Dari tim 5050 memberikan teknik sederhana cara membuat foto levilasi. Foto seseorang dibuat terbang mengambang, tapi teknik ini adalah modifikasi gambar di Photoshop. Mengunakan teknik layer, dari 2 foto yang diambil dari sudut yang sama. Caranya mudah termasuk tutorial dari video

Cal Thomson menerangkan proses pengambilam foto Timelapse dari setting waktu dan durasi. Sampai proses editing foto bintang di Lightroom dan selesai di edit lalu di ekspor ke LRTimelapse untuk menjadi satu video klip.

Apa yang dimaksud dengan lensa parfocal, lensa tersebut mengunakan aperture tetap. Dan perbedaan antara varifocal sebagai lensa biasa. Mau di zoom atau normal, lubang lensa akan tetap sama pada lensa parfocal. Seperti lensa Canon 17-40 f4 atau nikon 24-70 f2,8 AF-S.

Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintangyang gelap tanpa alat ini.

Fotographer  Joubert Loots memberikan pelajaran bagaimana membuat foto levilasi sekelas karya fotographer. Bukan teknik sederhana tapi serius seperti benar benar mengambang di dalam foto. Fotonya di edit dengan Photoshop

Katanya tidak perlu pergi jauh, cukup dibelakang rumah. Tidak perlu peralatan mahal, cukup camera DSLR yang ada. Yang penting setting camera dan diatur secara manual. Apa saja yang di ceritakan untuk membuat foto bintang.

Satu lagi teknik foto disebut Time Stack. Tekniknya seperti membuat video Timelapse, foto dibuat berurutan dengan objek yang sama. Foto yang sudah diambil nantinya di gabung dengan Photoshop.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Belajar foto atrophotografi tidak di dominasi kalangan ilmuwan. Bisa dilakukan oleh kalangan amatir atau fotographer amatir. Beberapa objek memerlukan peralatan. Tapi objek bulan dapat menjadi langkah awal sebagai foto pertama. Karena tidak memerlukan peralatan khusus

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari. Hobi foto malam hari disebut Nightscapes, khusus untuk mengabadikan keindahan malam hari atau membuat foto bintang.

Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto




No popular articles found.
< /body>