Infografik tentang matahari, benda ada ini.

Pagi, siang dan sore terlihat cahayanya di Bumi, dan terus bercahaya tidak berhenti.
Apakah matahari suatu hari nanti akan tidak bersinar lagi. Kapan matahari akhirnya tidak menyala dan mati, bleep.
Mengapa matahari bersinar.
Bagaimana matahari menghasilkan cahaya
Apa yang dihasilkan dari cahaya matahari dan mengapa berbahaya
Pada akhirnya kita bertanya Matahari itu benda aapa

Matahari adalah sebuah bintang, sama seperti kita melihat cahaya bintang  di malam hari
Matahari adalah bola gas panas raksasa dimana intinya mengalami themo nuklir.
Karena tekanan gas begitu besar sampai intinya membentuk seperti reaktor nuklir dan terbentuk sebagai panas.

Sama seperti bintang lain, ada yang memiliki ukuran lebih kecil dan ada yang lebih besar dari Matahari.
Bahkan beberapa bintang memiliki ukuran yang amat sangat besar, jauh lebih besar dari Matahari.

Ukuran matahari masuk kategori bintang sedang di kelas G2, sedikit lebih besar dari rata rata jumlah bintang di galaksi kita.
Tapi tidak terlalu besar, hanya lebih besar di atas ukuran rata rata bintang yang ada di galaksi kita saja.

Di galaksi Bima Sakti, diperkirakan tidak kurang berisi 200 miliar bintang termasuk bintang kita yang satu ini "Matahari".


Massa dari matahari sekitar 2 octillion ton.

Apa itu Octillion Ton, pokoknya banyak.

Bila dipangkatkan :
1 Million = 10 pangkat 6,  "1.000.000"
1 Triliun = 10 pangkat 12,
1 Octillion adalah pangkat 27.

Jadi 2 x 10 pangkat 27 ton, itulah isi matahari dan memang besar. Volume matahari saat ini tepatnya setara massa 1.989.100.000.000.000.000.000.000.000.000 kg.



Radius matahari  695.508 km atau sekitar 109x lebih besar dari bumi. Itu radius dari lingkaran Matahari dan isinya ada di angka yang banyak diatas.



Matahari adalah gas raksasa

Matahari adalah sebuah bintang dimana perbedaan dengan planet, matahari tapi tidak banyak memiliki material padat.
Bumi memiliki materi padat bebatuan, sehingga bentuknya padat.
Sedangkan matahari berisi gas yang mendominasi isi seluruh benda ini.

Bila dibandingkan ukuran matahari dengan bumi. Tinggi pintu adalah tingginya matahari sedangkan bumi hanya seukuran kelereng. Membutuhkan 960 ribu bumi untuk dimasukan dalam bentuk kelereng atau 1,3 juta bila dihitung secara volume (besarnya) matahari.

Di bagian luar matahari ada lapisan Photosphere, panas matahari mencapai 5.500-6.000 derajat Celcius.
Memiliki lapisan paling tipis dengan ketebalan sekitar 500km dan bagian tersebut malah tidak terlalu panas.

Kebanyakan energi tersebut keluar dari dalam Matahari dan muncul di lapisan ini. Bila energi atau panas dari dalam muncul di lapisan ini, yah tetap saja panas, dan bocornya lapisan luar malah jauh lebih panas. Mencapai 3,5 juta derajat Celcius. Tergantung ketinggian dan besarnya dari lubang yang muncul.

Bagian paling luar atmofer matahari kadang muncul, adalah Chromosfer dan sering terlihat kilatan matahari dan spot, dan paling luar sekali adalah cahaya Corona yang suka keluar dari kebocoran lapisan luar Matahari.
Kilatan matahari tersebut memproduksi banyak radiasi, seperti sinar X-ray, radiasi ultraviolet, radiasi elektromagnetik dan gelombang radio.

Kadang muncul lubang gelap dengan lebar sekitar 400.000km atau setara lebar 30 bumi. Ilmuwan menyebut sebagai bintik matahari.

Dari inti ke sisi luar matahari yang tebal adalah materi plasma, dimana hidrogen terionisasi.

Suhunya plasma dapat mencapai 3 juta derajat C. Plasma kadang melompat jutaan km ke ruang angkasa.
Ketika plasma terlempar keluar, ada bagian lapisan kosong di matahari, atau disebut lubang koronal yang terlihat lebih gelap dibanding lapisan yang menutup matahari yaitu korona.

Lapisan Kromosfer terjepit antara corona dan fotosfer dengan suhu 20.000 deg.C, sedangkan fotosfer relatif lebih dingin sekitar 5.500 deg.C. Dan bintik matahari sekitar 3.500 deg.C

Hal menarik lain Corona lebih dingin, tapi lapisan tersebut berada di atas komosfer yang sangat panas. Seperti perbandingan bola es tapi didalamnya terbakar sangat panas. Jadi bagian luarnya saja terlihat dingin, di dalamnya adalah thermo nuklir.





Inti matahari
Menjadi bagian paling dalam dan paling panas. Memiliki suhu 15 juta derajat C.

Area Radiasi Matahari
Memiliki suhu antara 1.5 juta derajat Celcius.

Zona Convection / konveksi
Dengan suhu yang mendingin mencapai 1,5 juta - 5.500 derajat C.

Photosphere
Suhu berangsur mendingin dengan lapisan matahari yang terlihat dengan suhu 5.500 deg.C
Bagian ini yang dapat dilihat dengan mata kita. Sedangkan bagian lain seperti dibawah ini terlalu lemah untuk dilihat oleh mata manusia. Kecuali cahayanya dapat terlihat ketika terjadi gerhana matahari total baru terlihat langsung oleh mata kita.

Chromosphere
Suhu kembali meningkat antara 20.000 - 5.500 derajat C.

Wilayah transisi
Suhu bervariasi antara 1 juta  - 22.000 derajat C.

Corona
Yang sering disebut sebagai Flare atau kilatan matahari.
Area ini adalah atmofer matahari, seperti wilayah diluar permukaan Bumi yang disebut Atmofer. Tapi disini adalah bidang paling luar dari permukaan matahari.
Suhu mencapai 1,6 - 1.1 juta derajat C. Kilatan matahari dapat membawa angin dengan gelombang magnetik.
Demikian besarnya bila melewati bumi akan terlihat dengan munculnya Aurora, bahkan menganggu sistem satelit.

Di ruang hampa seperti antariksa. Panas matahari tidak akan terasa langsung. Karena tidak dapat diukur dengan terjadinya tranfer panas.

Seperti kita memanaskan besi dan memegang lalu terasa panas. Tapi di antariksa yang menghantar panas adalah cahaya.


Partikel dari radiasi inframerah dari cahaya matahari yang menghasilkan panas ke bumi, walau sebagian radiasi matahari di belokan oleh magnet bumi dan atmofer bumi.

Matahari disebut juga bom tapi bom abadi yang meledak nonstop tidak berhenti.

Inti matahari bila bisa dikupas, di dalamnya berisi gas hidrogen dengan kedalaman 100 ribu km lebih. Dibagian dalam terdapat inti yang disebut sebagai thermo nuklir atau dikenal dengan Fusi Nuklir. Fusi nuklir terjadi secara alami karena tekanan yang sangat besar dari luar ke dalam.

Di dalamnya atom hidrogen saling bertabrakan dalam hitungan sangat cepat dan melepaskan energi menjadi cahaya poton. Sebagian cahaya lari keluar dan sampai ke bumi sebagai cahaya matahari.

Poton atau cahaya dari matahari inilah yang membuat kehidupan di bumi. Sama seperti cahaya bintang lain yang dilihat di bumi, seluruh cahaya / poton yang melakukan perjalanan sangat jauh dan bisa dilihat oleh manusia.

Cahaya dari matahari sebagian berbahaya, salah satunya cahaya yang mengandung radiasi yaitu radiasi gamma.
 
Di bumi umumnya dikenal dengan materi gas, cairan dan benda padat.
Di antariksa satu lagi yang umum dikenal disebut materi plasma, termasuk kilatan matahari adalah plasma.
Di Bumi diperumpamakan dengan kilatan petir adalah plasma dengan kilatan sangat panas tapi hanya sesaat dalam hitungan detik.
Di matahari, disebut sama saja sebagai plasma tetapi ukurannya amat sangat besar.



Dari jauh matahari terlihat indah, tapi ketika didekati akan berbeda. Materi disana seperti bola mendidih. Note !, jangan melihat matahari langsung untuk membuktikan.

Bumi berputar atau berotasi dan membuat suasana siang dan malam. Ketika berputar seluruh permukaan batuan akan ikut berputar. Tapi matahari berbeda, tidak seluruhnya berputar searah.

Karena matahari bukan benda padat, lapisan gas matahari di dalam dan luar memiliki rotasi berbeda beda. Di khatulistiwa atau sumbu ekuator matahari berputar 25 hari (bumi) tapi dibagian kutub berputar lebih lambat 36 hari.

Matahari tidak seperti bumi, dimana seluruh permukaan ikut berputar bersama. Matahari adalah gas raksasa, memiliki perbedaan antara putaran kutub atas dan bawah lebih lambat, sedangkan di bagian ekuator (bagian tengah) lebih cepat. Seakan putaran seperti memeras kain di bagian tengah.

Karena magnetik matahari terus tertekan di bagian tengah, kadang terjadi pelepasan poton (kilatan cahaya) berbahaya atau gas plasma sangat panas dan sangat besar. Bila terlepas disebut Solar Flare atau kilatan matahari. Bila muncul, kekuatannya setara jutaan bom nuklir yang dibuat dibumi.

Peneliti akhirnya dapat memperkirakan rotasi inti matahari berputar lebih cepat 4x dibanding permukaan di bagian luar.



Penemuan terbaru yang diumumkan Agustus 2017. Data ESO mengunakan NASA Solar and Heliospheric Observatory (SOHO). menjadi bukti pertama bahwa jenis gelombang gravitasi frekuensi rendah yang bergema menjadi kunci untuk menangkap gerakan rotasi di inti matahari.

Tim peneliti sudah mencari sumber gelombang selama 40 tahun, walau terditeksi tetapi tidak dapat dipastikan. Sampai ditemukan cara untuk membuka tanda tanda dari gema tersebut.
Gelombang frekuensi tinggi yang disebut adalah tekanan dan melewati lapisan atas matahari, dan gelombang tersebut dapat terditeksi di permukaan matahari.
Gelombang di bagian dalam atau interior matahari inilah yang dicari dan tidak terdapat bekas di area permukaan matahari.

Peneliti mengambil data dari SOHO selama 16 tahun. Mengisolasi gelombang g (mode g) dan menganalisa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke permukaan. Perjalanan gelombang tersebut mencapai 4 jam 7 menit. Dan terdapat tanda-tanda gelombang tersebut bervariasi dan berputar 25 hari di bagian khatulistiwa matahari serta 35 hari di bagian kutub.

Entah bagaimana, bagian luar matahari berputar lebih lambat dibandingkan dibagian inti.  Fenomena lain mengapa bagian inti terdalam tidak terganggu dengan putaran di bagian atas.

Penjelasan paling sederhana adalah inti rotasi matahari tertinggal ketika pembentukan matahari 4,6 miliar tahun lalu.
Walau pencarian jawaban yang berlangsung puluhan tahun sudah terjawab. Hal ini menjadi pintu penemuan baru dalam bidang fisika.yang ada di matahari. Aanda.org




Sejak matahari terbentuk, matahari baru mengelilingi atau mengorbit inti galaksi sebanyak 20 kali, termasuk bumi yang mengikuti. Usia matahari sekarang diperkirakan berumur 4,5 miliar tahun, dan usianya akan berakhir sampai 4,6 - 5.5 miliar tahun lagi. Jadi sekarang matahari ada di usia dewasa.

Tidak terlalu tua atau muda, sehingga tidak terlalu panas seperti kekuatan sinar ketika baru lahir dan relatif stabil. Tetapi nanti matahari akan berubah menjelang akhir.



Panas matahari

Di inti matahari mencapai 25 juta derajat Celcius, setara 14 juta kelvin.



Energi dari matahari dapat menghasilkan 386 miliar x miliar Megawatt atau memberikan energi sebanyak 75 triliun rumah (penduduk bumi baru mencapai 7+ miliar manusia)





Karena ukuran matahari besar, gravitasi disana juga besar.

Dikalikan 27 dari berat di bumi, jadi Matahari memiliki gravitasi atau gaya tarik lebih kuat dari Bumi.



Lidah matahari atau semburan gas yang keluar dari matahari, lidah api matahari yang terlepas ke ruang angkasa dapat mencapai jarak 156 ribu km dari permukaan matahari.

Setiap detik matahari akan membakar 700 juta ton gas hidrogen untuk di konversi menjadi 695 juta ton helium dan 5 juta ton energi yang menghasilkan radiasi sinar Gamma.



Ketinggian jilatan api yang keluar dari matahari. Jilatan matahari yang keluar di permukaan setara jarak Bumi ke Bulan. Foto dibawah ini dibuat oleh astrophotografi Goran Strand.

Mengunakan teleskop khusus untuk matahari. Dia menambahkan perkiraan jarak dari satu api yang keluar di Matahari. Gas yang terbang diatas permukaan matahari mencapai panjang dari bulan ke bumi.

Besarnya jilatan api matahari mencapai jarak Bumi ke Bulan

Dibawah ini video pada tahun 2012. Pesawat ruang angkasa yang mengawasi matahari SDO, melihat erupsi matahari ketika terjadi korona dan keluar dari permukaan matahari. Kecepatan jilatan api mencapai 1300km perdetik.



Peneliti salah melihat angin matahari itu bukan seperti tornado (April 2018)
Peneliti mengatakan semburan besar dari aktivitas matahari yang berbentuk seperti tornado atau tornado surya atau Solar Tornadoes bukan seperti putaran angin di bumi.
Terlihat sama, tapi tornado matahari tidak bergerak atau berputar seperti yang diasumsikan sebelumnya.

Dalam pertemuan European Week of Astronomy and Space Science (EWASS), angin yang terlihat berputar tersebut berasal dari plasma yang mendingin di korona matahari. Strukturnya terlihat berwarna merah muda, dan tampak ketika terjadi gerhana matahari kata penulis Nicolas Labrosse dari universitas Glasgrow.

Tornado yang naik di matahari sebenarnya bergerak horizontal. Mengandung kecepatan gas sampai 65km perdetik di sepanjang magnetik matahari.
Pembuktian dilakukan dari teleskop Nasa SDO, untuk menganalisa bentuk tornado matahari.

Ukuran Matahari tidak besar

Dibawah ini ukuran bintang yang ada di galaksi Bima Sakti. Rata rata ukuran bintang adalah tipe M yang relatif lebih kecil, mencapai 3 dari 4 bintang yang ada.

Matahari masuk kategori G dengan cahaya lebih kuning dan ukuran  lebih besar.

Tapi 1 dari 20 bintang di galaksi kita memiliki ukuran sangat besar dan panas.

Cahaya bintang ukuran besar dibedakan dalam warna. Memiliki 2 tipe cahaya antara merah tapi sangat besar, atau disebut Red Giant Star.
Dan warna biru yang diartikan bintang tersebut berukuran besar bahkan sangat besar dan lebih panas.



Perbandingan dan jumlah bintang seperti matahari di galaksi bima 
sakti

Yang menarik dengan Matahari

1. Berapa umur Matahari? Sebagian besar ilmuwan percaya, umur Matahari kira-kira seusia Bumi dan ketujuh planet lainnya di Tata Surya, yakni 4,5 miliar tahun

2. Bagaimana Matahari dilahirkan? Asal matahari dari hasil runtuhnya bagian dari awan molekul raksasa yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, seperti melahirkan banyak bintang lain. Setelah matahari lahir, sisa cincin debu dan gas terkumpul dan menjadi protoplanet, dan akhirnya menjadi planet.

3. Apa jenis bintang itu Matahari? Matahari di klasifikasi ilmiah sebagai bintang tipe G2V

4. Terbuat dari apakah Matahari? Matahari terdiri dari 71 - 74,9 persen hidrogen, 23,8 persen helium, dan 2 persen unsur yang lebih berat seperti karbon, nitrogen, oksigen, besi, dan neon. Itu perkiraan, tepatnya tidak dapat diukur.

5. Unsur terbanyak adalah Hidrogen dan menjadi bahan bakar utama matahari untuk bersinar

6. Bagaimana cara Matahari membakar jika tidak ada oksigen di ruang angkasa? Yang benar adalah bahwa Matahari sebenarnya tidak "terbakar." Matahari mengubah pembakaran hidrogen menjadi helium dengan menggunakan karbon, nitrogen, dan oksigen sebagai katalis

7. Perkiraan suhu di inti Matahari, suhu mencapai setidaknya 15.000.000 ° C

8. Permukaan Matahari memiliki suhu rata-rata 5.505 ° C

9. Bisakah manusia mendarat di Matahari? Secara teknis, itu tidak mungkin. Namun, Parker Solar Probe, pesawat ruang angkasa robot NASA yang diluncurkan pada 2018, telah mendekati matahari hingga 6,9 juta kilometer. Hanya mendekati untuk penelitian lebih dekat.

10. Apa yang ada di dalam Matahari? Matahari menampilkan enam lapisan berbeda: korona, kromosfer, fotosfer, zona konvektif, zona radiasi, dan inti-nya sendiri

11. Matahari berada di pusat tata Surya berkat tarikan gravitasi yang kuat dan medan magnet yang luas;

12. Matahari melepaskan sejumlah besar energi dalam bentuk radiasi, listrik, dan angin matahari. Di Bumi, kita mendapat kesempatan untuk menerima panas dan cahaya

13. Seberapa jauh Matahari dari Bumi? Jarak rata-rata Matahari dari Bumi setara dengan 8 menit dan 19 detik untuk cahaya sampai ke Bumi. Dengan kata lain, jarak 149.597.870 kilometer

14. Volatilitas Matahari terkandung gravitasinya yang luar biasa, yang membuat delapan planet Tata Surya tetap bersatu mengelilingi Matahari

15. Gravitasi yang kuat untuk mempertahankan tata surya tetap utuh, karena ukuran dan massa Matahari yang tepat, walau planet luar berada cukup jauh. Dan planet tidak masuk ke Matahari.

16. Matahari adalah objek terbesar dan paling masif di tata surya. Ini setara massa sekitar 99,86 persen dari semua massa di termasuk planet planet di tata surya

17. Luasnya lebih dari 100 Bumi dan secara teori dapat memuat ke delapan planet x  600, atau memasukan 1,3 juta Bumi

18. Medan magnet Matahari - disebut heliosphere . Matahari juga sebagai perisai dari radiasi di luar. Melindungi planet-planet dari radiasi kosmik di luar tata surya yang berbahaya

19. Meskipun tidak terlihat oleh mata langsung, permukaan Matahari memiliki beberapa area gelap - disebut bintik matahari. Serta kantong magnet yang kuat tersebut dapat keluar dan berinteraksi dengan atmosfer Bumi, menciptakan apa yang disebut aurora borealis;

20. Para ilmuwan percaya bahwa perubahan Matahari dalam medan magnetnya mepengaruhi dan berdampak pada tekanan permukaan atmosfer Bumi, termasuk perubahan pola cuaca

21. Suar matahari adalah manifestasi paling kejam dari Matahari akan muncul dan mencapai puncak siklus matahari;

22. Revolusi Amerika, Prancis, dan Rusia, dan Komune Paris ternyata terjadi selama siklus maksimum matahari, siklus yang terjadi setiap 11 tahun aktivitas Matahari tertinggi

23. Medan magnet yang diciptakan dan lepas dari Matahari cukup kuat untuk mengganggu komunikasi di Bumi



24. Diameter Matahari adalah 137.865 kilometer

25. Bumi adalah salah satu dari banyak satelit Matahari, bersama 750.000 asteroid

26. Bumi mengorbit Matahari pada jarak rata-rata 49.597.870 kilometer

27. Namun, tergantung pada waktu tahun (Januari atau Juli), bisa mencapai 146 juta kilomete) atau152 juta kilometer pada jarak terjauh.

28. Sampai abad ke-16, ilmuwan kuno masih menganggap Matahari lah yang mengorbit Bumi

29. Seberapa cerah Matahari? Matahari memiliki kecerahan 400.000x lebih terang dari Bulan purnama dan lebih terang dari 85 persen bintang di Bima Sakti. kalau dilihat di Bumi.

30. Matahari bertanggung jawab atas 45 persen gaya pasang surut yang terjadi di Bumi - sedangkan Bulan melakukan sisanya

31. Ketika Matahari dan Bulan menarik ke arah yang sama, mereka merentangkan gravitasi Bumi, sehingga membuat manusia lebih tinggi secara mikroskopis. Tidak terlalu terlihat sih.

32. Setiap detik, Matahari menghasilkan energi yang setara 10 miliar bom nuklir.

33. Angin matahari bukan angin biasa. Melainkan angin langit yang terbuat dari elektron dan proton yang terlepas atau keluar dari gravitasi matahari. Lalu bergerak dengan kecepatan 450 km lebih per detik walau membutuhkan waktu empat hari untuk mencapai Bumi;

34. Matahari bergerak dengan kecepatan 220 kilometer per detik, dan berputar ke arah yang berlawanan dengan Bumi

35. Matahari adalah benda terdekat dengan bola sempurna yang ditemukan di alam. Terlepas dari ukurannya, hanya sedikit perbedaan 10 kilometer dalam garis khatulistiwa ke kutubnya

36. Berapa lama Bumi bertahan tanpa Matahari? Tidak banyak. Tidak adanya sinar matahari akan menurunkan suhu bumi menjadi ke -100 ° C dalam waktu sebulan saja. Tidak lama kemudian, Bumi akan menjadi bola Es kembali

37. Apa warna tepatnya Matahari? Matahari tidak oranye, kuning, atau merah. Pada kenyataannya, cahaya disana adalah putih

38. Ketika terjadi gerhana matahari: satu-satunya kesempatan bagi mata manusia dapat melihat korona matahari. Tetapi mata manusia dapat melihat korona matahari untuk waktu yang singkat

39. Seseorang dengan berat 75 pon di planet Bumi akan memiliki berat 2.025 pon di permukaan Matahari

40. Sinar ultraviolet Matahari memiliki sifat antiseptik dan dapat digunakan untuk membersihkan air dan peralatan

41. Berapa lama Matahari akan bertahan dan tetap bersinar dengan damai? Di antara 5 - 6,5 miliar tahun ke depan. Selanjutnya Matahari akan kehabisan hidrogen, memerah, dan meluas dan terus membesar. Hingga menelan planet terdepan Merkurius, disusul Venus, dan Bumi. Setelah itu matahari akan runtuh menjadi bintang kecil yang dikenal sebagai white dwarf;

42. Kapan Matahari membuat kehidupan di Bumi? Ada kemungkinan bahwa dalam sekitar 1,5 miliar tahun ke depan, Bumi akan tidak dapat dihuni - karena suhu bumi
mulai naik mencapai 80 ° C, Bumi menjadi terlalu panas, dan waktu tersebut mungkin membuat lautan akan menguap

Mengapa matahari tidak pernah susut

Mungkin kita bertanya-tanya, bila matahari terus membakar gas, mengapa ukurannya tidak pernah susut.

Setiap hari matahari kehilangan massa 350 miliar ton. Seperti rumus E = mc2, panas yang dihasilkan juga menghilangkan massa-nya sendiri.
350 miliar ton mungkin banyak. Tetapi matahari dapat terus menyala miliaran tahun.

Matahari memiliki massa 2 miliar pangkat 3 ton. Sehingga matahari dapat mempertahankan ukuran dengan menyeimbangkan gaya gravitasi dari tekanan luar, karena di dalamnya terdapat reaksi fusi nuklir yang mendorong keluar.
Sampai miliaran tahun kedepan, suatu saat nanti semuanya menjadi tidak seimbang.

Perubahan komposisi internal matahari akan menyebabkan tekanan luar menjadi sangat kuat, dan gravitasi matahari tidak lagi mampu melawan.
Ketika itulah matahari bukan menyusut, tapi terus mengembangkan membersar menjadi bola gas raksasa yang panas.
Lalu berubah menjadi raksasa merah, dan gas yang terbakar tersebut akan mencapai orbit Bumi bahkan planet Mars.

Selanjutnya aktivitas matahari dari satelit NASA selama 20 tahun dalam bentuk video