Singapore Airlines 21 resmi ditutup sebagai rute pesawat terpanjang


News | 23 November 2013

Singapure Airlines sudah menutup jalur penerbangan terjauh. Dengan nomor penerbangan Flight 21 dan 22. Terbang dari Singapura dan Newark New Jersey selama 19 jam sejauh 15.329 km. Dan Singapura ke Los Angeles, bulan November 2013 resmi ditutup. Mengunakan 2 pesawat Airbus A340-500 dengan 100 kursi binsis. Penutupan rute ini dirayakan oleh SIA, dengan tarif $5.000 perorang.

Sementara Qantas masih memengang penerbangan terjauh. Tetapi bila di hitung dengan jarak, Delta Airlines yang melayani rute Atlanta ke Johannesburg lebih panjang. Dengan jarak 13,573km, Delta mengoperasikan pesawat B777-200LR, tetapi penerbangannya hanya membutuhkan 15:25 jam.

Qantas terbang dengan rute Dallas ke Fort Worth dengan Boeing B747-400ER membutuhkan waktu 15:10 jam. Nantinya pesawat dirute ini akan digantikan dengan B787 bermesin ganda Dreamline.



Suka terbang jarak jauh, dan menyukai layanan maskapai Singapore Airlines. Dari WSJ Indonesia mengabarkan 2 rute terpanjang Singapore Airlines terpaksa ditutup.

Rute yang dihapus dari Singapura nonstop ke New Jersey dan Los Angeles. Dua rute kelas bisnis tersebut dibuka sejak 2004, dan akan dihentikan akhir tahun ini.

Penerbangan dari Singapura ke bandara Newark berjarak 14.332km dengan waktu tempuh 18,5 jam dan ke Los Angeles dengan jarak 14.107km selama 16 jam. Tiket penerbangan ke dua arah tersebut memang premium seharga 99 juta dan 71 juta rupiah.

Penerbangan alternatif dari Singapura ke Amerika masih tersedia via transit Frankfurt.

Singapore Airlines transit Frankfurt

Rute pesawat paling jauh nantinya di pegang Qantas milik Australia dengan penerbangan dari Dallas ke Sydney sejauh 13.570km Dan rute ke 2 dipegang oleh Delta Airlines sejauh 13.570km dari Atlanta ke Johannesburg.

Mengapa penerbangan kelas bisnis jarak jauh Singapore Airlines dihentikan. Alasannya melemahnya ekonomi global, penumpang engan membayar tiket kelas premium.  Kedua dari tarif permium yang ditawarkan 5x lebih mahal dari tarif ekonomi dan persaingan penerbangan murah menekan penerbangan dengan biaya premium.

Sebuah pesawat yang terbang diatas 15 jam nonstop  membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Konsumsi bahan bakar dalam hitungan perkm lebih tinggi dibanding penerbangan pendek. Ketika bahan bakar murah, penerbangan bisa menutup kekurangan dengan tiket premium mereka. Sekarang industri penerbangan lebih banyak menawarkan rute pendek yang hemat biaya, bahan bakar dan tiket murah. Saat ini penerbangan versi budget mampu memangkas harga tiket dibawah 1/4 dari tiket premium.

Sebenarnya penerbangan jarak jauh banyak diminati bagi pelancong di kalangan bisnis, dan maskapai penerbangan bisa memberikan layanan terbaik seperti tempat duduk yang mewah, hidangan berkualitas dan fasilitas hiburan selama penerbangan jarak jauh. Bahkan satu pesawat yang dirancang untuk 300 orang hanya membawa 100 penumpang saja dikelas premium.

Sayangnya penerbangan premium semakin surut, karena biaya penerbangan memang sangat mahal. Dan tidak semua penumpang tertarik terbang nonstop selama 18 jam. Walau menawarkan tempat duduk yang baik tetap saja pantat akan pedas.

Dibawah ini daftar penerbangan komersil terjauh sampai Oktober 2012. 2 rute penerbangan terjauh dari Singapore Airlines akan dihapus tahun depan

Grafik rute pesawat penerbangan komersil terjauh sampai Oktober 2012


Berita terkait
Emirates Air menjadi rute penerbangan komersil terjauh saat ini. Terbang nonstop dari Dubai UAE ke Panama City Panama nonstop. Mencapai jarak 13,821 km dari tempat take off dan landing.

2 pilot Air India menempatkan bahaya bagi 166 penumpang dalam penerbangan dari Bangkok ke Delhi. Karena pilot malah molor dengan menyalakan auto pilot. April 2015, Pilot dikabarkan dipukul oleh Co-pilotnya sendiri



Kwong Wah Yit Poh memang jenius, dia makan di VIP lounge dari sebuah penerbangan selama hampir setahun gratis. mengunakan tiket First Class dari China Eastern Airlines. Dia makan di airport Xian di Shaanxi selama 300 hari. Padahal dia tidak pernah terbang dengan tiketnya.

Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Pesawat pengangkut barang UPS jatuh di bandara Birmingham. Pesawat dengan nomor N155UP jatuh di landasan pacu 18, dan awak pesawat mengalami cidera. Pesawat A300 dikirim ke UPS pada tahun 2004, dan baru berusia 9,8 tahun.

Emirates Airlines mendapat penghargaan dari Skytrax Airline Award sebagai perusahaan penerbangan terbaik tahun ini. Emirates memiliki 200 pesawat dengan 18.000 awak kabin dan staf di darat.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.



Disebut Hammetschwand Lift akan membawa tamu sampai 153 meter keatas. Hanya membutuhkan waktu 1 menit.  Lift tersebut menjadi lift terpanjang yang berada di luar gedung




No popular articles found.
< /body>