Science | 11 November 2019

Planet Merkurius apakah bisa tinggal


Foto Merkurius permukaan planet terakhir dari pesawat Messenger

Seperti gambar dibawah. Inilah bumi dan bulan dilihat dari planet Merkurius. Dengan jarak 98 juta km, bumi tidak lagi biru dan bulan juga kecil, hanya tampak 2 titik cahaya. Foto diambil dari Messenger spacecraft tahun 2010

Planet bumi dan bulan dilihat dari Merkurius

Dibawah ini foto terakhir yang diabadikan oleh probe Messenger pada 30 April 2015. Sebelum pesawat tersebut jatuh ke Merkurius karena pesawat sudah kehabisan bahan bakar untuk mempertahankan ketinggian di atas orbit planet

Foto permukaan Merkurius yang diabadikan Messenger pada 30 April 
2015

Pesawat antariksa yang berangkat ke Venus. Pertama Mariner 10 milik NASA/JPL tahun 1973, Messenger NASA/JPL 2004, BepiColumbo milik ESA/JAXA 2017.  Tugas probe BepiColumbo untuk meneliti permukaan dan komposisi planet di dalamnya. Serta meneliti medan magnit planet.

Dibawah ini rekaman dari Nasa di publikasi ulang Robert Nemrioff.
Video dari robot Messenger yang mengorbit di planet Merkurius dari tahun 2011 -2015.
Bentuk hitam ini bukan bulan tapi permukaan planet Merkurius



+ Space


Artikel Lain

Teknik mencari keberadaan planet, salah satunya teknik transit. Melihat redupnya sebuah bintang, menandakan cahaya terhalang, dan bukti ada planet besar menutup cahaya bintang. Teknik ini salah satu yang terlihat dari pesawat ruang angkasa Solar Orbiter yang memantau matahari.

Bintang GJ436 atau Gliese 436 ditemukan sebuah planet seukuran Neptunus, tapi orbitnya seperti komet. Disebut planet GJ436b memutar tidak searah dengan ekuator melainkan dari kutub. Mengapa planet tersebut memiliki orbit tidak biasa.



Satu satelit atau bulan di Jupiter memiliki ukuran cukup besar. Bulan Europa masih diselimuti es di permukaan, peneliti mengatakan gravitasi di sana memungkinkan manusia tinggal. Tapi tidak sepenuhnya tepat, ada beberapa alasan mengapa di Europa manusia akan bermasalah

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. 2-3 juta tahun lalu disana ada air, tapi menghilang.

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.