Black Hole itu apa 5 profesor bingung menjawab ada tapi tidak terlihat


Science | 2 March 2018

Bila dua galaksi bertabrakan apa yang terjadi dengan Black Hole

Black hole tidak selamanya besar.
Salah satunya ada di sistem bintang MWC 656.

Dari gambar ilustrasi artis dibawah ini, satu bintang ukuran besar di gambar kiri tertarik oleh sebuah black hole.

Yang tertarik adalah gas dari bintang yang berputar sangat cepat, tetapi bahan gas yang diambil terlihat melingkar di sekeliling black hole disampingnya disebabkan gravitasi yang sangat kuat.

MWC 656 sistem bintang dan lubang hitam

Dibawah ini film tentang Black Hole dari SCI

300 juta tahun cahaya jauhnya ada satu black hole jauh lebih besar dari black hole di Sagitarius (di galaksi Bima Sakti). Ukurannya 5000x  lebih besar, terletak di inti galaksi NGC 4869 (sejauh ini menjadi lubang hitam terbesar yang ditemukan)

Begitu kuatnya untuk menarik sebuah bintang raksasa, dan menarik bintang semakin dekat

Black Hole terbesar di alam semesta

Perkirakan ukuran Black Hole di Bima Sakti sekitar 4,1 juta kali lebih besar dari masa matahari. Black Hole dengan nomor S5 0014+810 diperkirakan memiliki ukuran 40 milliar dari masa matahari.

Dari Space dipublikasikan pada tahun 2012. Satu galaksi lain dengan nomor NGC 1277 juga memiliki lubang hitam sangat besar. Jaraknya 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Diperkirakan memiliki ukuran 17 miliar dari masa Matahari. Menghabiskan isi galaksi sampai 14%, sementara lubang hitam rata rata mengambil isi sebuah galaksi hanya 0.1% saja. Untuk ukuran Black Hole di NGC 1277, bila ditaruh mengantikan matahari. Ukurannya akan mencapai 11x lebih lebar dari orbt planet Neptunus. Tidak hanya NGC 1277 yang ditemukan , peneliti menemukan beberapa galaksi disekitar galaksi NGC 1277. Memiliki kuran lubang hitam yang hampir sama seperti di NGC 1277. Jadi kelompok galaksi di sekitar NGC 1277 rata rata memiliki kemiripan



Black Hole terbesar di alam semesta galaxy NGC 1277

Galaksi Andromeda dan Milky Way suatu hari nanti akan bertabrakan. Menciptakan kerusakan diantara keduanya, kemungkinan sebagian isi galaksi akan kembali dari awal. Bintang akan saling menabrak bintang lain, bahkan planet bisa saja hancur tapi membentuk lebih besar lagi. Bagaimana dengan Black Hole yang ada ditengah galaksi.

Bila dua galaksi bertabrakan

Bagaimana dengan Black Hole yang menjadi penyebab kedua galaksi bertabrakan
Inti galaksi atau lubang hitam akan saling menunjukan kekuatannya. Keduanya semakin cepat dan semakin dekat, sampai keduanya bertemu dan menjadi satu. Ketika tabrakan terjadi akan membentuk gelombang kejut.

Kedua lubang hitam akan bersatu bila bertabrakan dan membentuk gelombang kejut

Peneliti dari Inggris membuat simulasi dengan cahaya laser yang sangat kuat. Membuat simulasi keadaan di Black Hole, terlihat guratan di tepian bola seakan diam membeku. Gelombang cahaya tersebut seperti teori Einstein dengan relativitas umum.

Efek ruang waktu di Black Hole

Einstien mengatakan bila benda di dekat black hole, akan mengalami penarikan waktu. Bisa saja satu detik di dekat black hole akan tertarik menjadi waktu 1 tahun di tempat lain bahkan satu abad. Benda di dekatnya seakan dibekukan oleh waktu. Ilmuwan yang mencoba mengatakan ini perkiraan yang bisa terjadi disana.

Berita terkait
Planet Pluto akhirnya dapat diabadikan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons.Cenderung berwarna merah dan coklat, ini dia foto asli planet Pluto dari dekat. Disana terdapat gunung es dan lautan nitrogen. Bagaimana komunikasi dilakukan dengan pesawat ruang angkasa ke Bumi. Terindentifikasi Pluto memiliki 5 bulan - Styx, Nix, Kerberos, Hydra dan Charon

Ratusan tahun lalu hanya sebatas teori, sekarang teori tersebut mulai terungkap. Tim peneliti LIGO mendapatkan 3 juta dollar. Beberapa teori muncul sekitar 100 tahun lalu. Beberapa teori yang dibuktikan dan menjadi kenyataan saat ini yaitu teori Big Bang, Lensa Gravitasi, dan Gelombang Gravitasi.



Sebuah video tentang Accelerating Universe atau pembuktian apakah benda di alam semesta terus menjauh. Bila ada benda berada di ruang hampa seperti alam semesta ini, apakah semua akan diam ditempatnya. Dijawab semakin cepat menjauh dan terus bergerak semakin menjauh.

Sebuah lubang hitam ukuran kecil, sekitar 12x ukuran matahari kita. Jaraknya 8000 tahun cahaya dan tertidur. Mendadak lubang hitam tersebut bangun. Lubang hitam disebut V404 Cygni ternyata sedang di dampingi sebuah bintang.




No popular articles found.
< /body>