Profesor Reinhard dari Max Planck melakukan penelitian selama 25 tahun untuk mengamati dan melihat bentuk Black Hole di tengah galaksi Bima Sakti. Dia mengunakan teleskop radio, untuk melihat benda (bintang) apa yang ada di dekat black hole, dan apa yang terjadi dengan bintang disekitarnya.
Dia meneliti tengah galaksi yang disebut Sagitarius (titik tengah galaksi). Melakukan pengamatan pergerakan beberapa cahaya bintang disana, ditemukan ada beberapa bintang yang bergerak sangat cepat. Tahun pertama berada dibawah, satu tahun kemudian sudah pindah bergerak keatas. Untuk skala alam semesta seperti gambar dibawah ini, terlihat gerakannya seperti pergeseran saja.



Tapi Profesor Reinhard melihat pergerakan beberapa bintang tersebut terlihat tidak normal. Membentuk orbit tidak elips utuh, tapi berputar mendekat dan menjauh membentuk sudut ekstrem. Tim BBC menanyakan bila bintang tersebut terkena gravitasi yang kuat oleh Black Hole, berapa cepat bintang yang dekat dengan Black Hole bergerak. Profesor Reinhard menarik napas, lalu tertawa. Ok, sambil mengambil kalkulator dan menghitung. Dikalikan kecepatan, perjam, dibagi kecepatan cahaya, dikalikan bla bla.
Wow angka yang banyak. Dia mengatakan 180 juta km perjam, susah dibayangkan sebuah bintang bergerak secepat itu. Mencapai 1,67% dari kecepatan cahaya, karena terlempar dan tertarik kembali oleh gravitasi Black Hole

Bumi dan matahari mengorbit ke tengah galaksi dan mengelilingi black hole ditengah galaksi. Untuk Bumi dan isi tata surya membutuhkan waktu 226 juta tahun untuk menyelesaikan satu putaran (orbit ke tengah galaksi).
Tapi ditengah galaksi terdapat 30an bintang yang begitu dekat dengan inti galaksi. Salah satunya paling unik disebut bintang S2 sebagai bintang terdekat ke Black Hole. Dan diteliti sejak tahun 1995, bintang S2 mengitari black hole dalam waktu sangat singkat. Hanya 15 tahun sekali setelah diperkirakan menyelesaikan satu putaran pada tahun 2008.
Sebagian bintang lain berputar di tengah black hole sekitar 100 tahun sekali. Dengan pergerakan bintang disekitarnya, profesor menghitung seberapa besar massa yang ada ditengah. Untuk skala bintang yang bergerak di tengah galaksi seperti ini, maka kecepatan pergerakan bintang diatas normal dari bintang lain.



Profesor Reinhard dapat menyimpulkan kekuatan gravitasi Black hole ditengah galaksi. Diperkirakan besarnya 4 juta massa matahari (bukan ukuran tapi massa) dan benda ini disebut Super Masive Black Hole. Hal ini membuktikan benda Black Hole ada, tapi lagi lagi bentuknya tidak bisa dilihat.

Profesor Ramesh Narayan memperkirakan black hole ditengah galaksi memiliki ukuran beberapa puluh kali dari perkiraan Profesor Reinhard, mungkin miliaran dari isi massa matahari. Profesor Ramesh mengatakan ukuran galaksi menunjukan skala besarnya sebuah black hole. Ukuran Black Hole berbentuk pola vertikal , atau ukurannya berhubungan dengan ukuran galaksi sendiri yang menjadi induknya.
Bila sebuah galaksi memiliki ukuran sangat besar, maka black hole didalamnya juga besar.  Bila ditemukan sebuah galaksi, maka satu black hole terbesar akan ada ditengah galaksi. Sebuah galaksi dipastikan memiliki 1 black hole sangat besar atau Super Masive Black Hole. Dan jutaan black hole lain yang lebih kecil, mungkin terbentuk dari bintang raksasa yang mati dan mengitari  black hole utama.

Relasi atau hubungan besarnya sebuah galaksi akan berhubungan dengan besarnya black hole



Dr Shep Doeleman dari Masschusetts mengunakan observasi teleskop Neroc. Untuk mendapatkan resolusi terbaik lubang hitam, mungkin dibutuhkan sebuah teleskop terbesar yang harus dibuat dalam sejarah astronomi.  Tapi Dr Shep memilih mengunakan teleskop radio dari seluruh dunia dan mengambungkan seluruh data teleskop untuk diolah kembali dengan supercomputer. Untuk pengambilan data yang sangat besar cukup semalam saja, harus diolah selama satu bulan oleh supercomputer. Dr Shep percaya dalam 10 tahun, dia bisa mengambarkan bentuk lubang hitam. Dr Shep mengatakan peneltiannya bukan membuktikan teori Einstein, tapi ingin menyimpulkan bahwa benda ini memang ada.

Kesimpulan terakhir. Black Hole masih menjadi misteri, benda ini ada tapi tidak terlihat. Karena cahaya saja tidak bisa keluar di dekat benda ini. Black Hole juga membentuk gravitasi lensa. Dengan teknologi yang ada saat ini, black hole belum bisa terlihat bentuknya. Film The Ultimate Guide to Black Holes dari BBC.
Bila kita ditanyakan bentuk Black Hole, bisa kita jawab, benda itu "Ahk ouch", atau "Hemm". Karena 5 profesor juga menjawab seperti itu.

Seperti apa ukuran lubang hitam

Tata surya terdiri dari planet (bumi) dan bintang (matahari). Semua planet tidak bisa keluar dari gravitasi matahari. Bagaimana dengan ukuran lubang hitam, lubang hitam tidak besar tapi memiliki kepadatan luar biasa, memadatkan molekul dan sel menjadi bagian sangat kecil.

Seandainya kita bisa memadatkan ukuran matahari kita menjadi sebuah lubang hitam. Matahari dengan kekuatan saat ini cukup berukuran satu kota. Atau kita memadatkan bumi menjadi sangat kecil, dan ukurannya gravitasi bumi cukup dibuat sebesar kacang.

Salah satu lubang hitam dengan kekuatan seperti matahari kita, disebut lubang hitam XTE J1650-500. Dan ukurannya sangat kecil seluas kota Jakarta. Tapi benda bundar hitam tersebut setara kekuatan 3x matahari dan dapat mengikat semua planet di tata surya

Seperti apa ukuran lubang hitam paling kecil

Lubang hitam M82 X1
Yang ini jauh lebih besar dari lubang hitam diatas. Diperkirakan hanya memiliki ukuran sebesar planet Mars. Tapi gravitasi benda ini setara 1000 matahari, masuk ketegori lubang hitam kelas menengah

Black Hole M82-X1 seukuran planet Mars, tapi gravitasi setara 1000 matahari

Ukuran lubang hitam terbesar ada ditengah galaksi
Disebut Super Masive Black Hole,  seperti gambar dibawah ini adalah ukuran lubang hitam terbesar dibanding dengan luas tata surya kita.

Sangat besar tapi kepadatannya yang jauh lebih besar. Setara 20 miliar matahari untuk membentuk kepadatan lubang hitam super raksasa.

ukuran lubang hitam ditengah galaksi

Lubang hitam terbesar di galaksi S5 0014+81
Ditemukan tahun 1981, berada di konstelasi Cepheus. Galaksi yang berbentuk elips, memiliki inti lubang hitam terbesar yang ditemukan.


Kekuatannya 10.000x lebih besar dari lubang hitam di galaksi Bima Sakti.
Lubang hitam ini memiliki berata 40 miliar kali dari matahari (40.000.000.000 x matahari). Tapi ukuran gravitasi Schwarzschild berdiameter 180 juta miliar km (lingkaran gravitasi dalam)
Digaris luar atau horizon menunjukan 236.7 miliar km (lingkaran perubahan gravitasi yang masih terlihat dibagian luar)
Dengan jarak tersebut, ukuran S5 0014+81 mencapai lebar diameter 37x jarak matahari ke Pluto. Seandainya ada sebuah pesawat ruang angkasa yang bisa mengitari black hole S5 0014+81 seperti pesawat ruang angkasa New Horizon yang terbang dengan kecepatan 16,26km perdetik. Baru menyelesaikan 1 putaran selama 9 tahun.

Lubang Hitam Terbesar S5 0014+81

Apa yang terjadi bila dua galaksi bertabrakan, dan bagaimana dengan Black Hole yang ada ditengah galaksi