Bintang kembar di nebula Henize 2-428 akan meledak tapi nanti


Kategori : Science | Date : 13 February 2015
Teleskop milik ESO di Chile dengan ukuran besar dinamai VLT atau Very Large Telescope. VLT ini menjadi observasi favorit di dunia astronomi.  Baru baru ini ditemukan bintang  di sebuah nebula yang dinamai nebula Henize 2-428. Disana ditemukan bukan satu bintang tapi 2 bintang kerdil dan saling mengorbit di keduanya. Jadi dua bintang seperti cahaya putih ini sedang saling tarik menarik dengan gravitasinya.

Dibawah ini gambar artis, cahaya kuning adalah nebula Henize 2-428. Di dalam gas dan debu berwarna kuning tersebut tersembunyi 2 bintang kembar dari teleskop VLT dan Paranal. Nantinya kedua bintang akan saling berputar dan mengorbit semakin dekat bahkan semakin cepat. Sampai kedua bintang tersebut saling membentur dan bertabrakan.

Twin Dwarf star nebula Henize 2-428

Apa yang terjadi bila dua bintang dengan ukuran yang hampir sama terjadi benturan. Nantinya kedua bintang kerdil tersebut akan bertabrakan dan menimbulkan cahaya supernova. Disebut oleh peneliti sebagai bom waktu, kapan saja bintang ini akan meledak bila terjadi pengabungan. Diperkirakan cahaya tabrakan kedua bintang akan terlihat sangat bersinar di bumi. Sayangnya, semua dari kita tidak akan pernah melihat kejadian tersebut. Karena baru akan terjadi 700 juta tahun lagi. Saat ini keduaa bintang sedang tarik menarik dan saling berputar.

Tim yang dipimpin oleh Miguel Santander-Garcia dari observasi Spanyol. Tim ini sedang mengamati sepasang bintang yang sangat dekat mengunakan pengamatan dari teleskop VLT  Awalnya bintang yang diamati, dikira hanya satu. Setelah ditelaah lebih jauh, bentuk di gas seperti nebula tersebut ternyata ada sepasang bintang tepat berada ditengah nebula, dan posisinya condong dengan cahaya miring. Penelitian dilanjutkan dengan teleskop di kepulauan canary untuk menemukan orbit kedua bintang.

Letak nebula Henize 2-428 berada di dekat Sagitta

Tempat nebula Henize 2-428 berada di dekat Sagitta

Sampai saat ini ilmu astronomi masih sebatas teori dengan apa yang terjadi bila 2 bintang kerdil saling bertabrakan. Tapi bintang Henize 2-428 ini nyata ada. Suatu hari bintang akan membuat ledakan sangat terang, dengan tingkat supernova tipe Ia.


Berita terkait
Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.



Bintang Betelgeuse saat ini sedang sekarat. Ahli astronomi memperkirakan dahulunya bintang ini memiliki kembaran dengan ukuran lebih kecil dan bergabung. Awal perkiraan memiliki ukuran 200x dari matahari, ESO mengatakan bintang ini mencapai 1000x lebih besar. Bintang Betelgeuse diabadikan dengan resolusi tinggi, dipublikasikan 26 Juni 2017 oleh ESO

Ditemukan bintang yang mengeluarkan gelombung gas plasma. Tidak gelembung biasa dipermukaan tapi seperti menembak keluar dari bintang. Dan ukurannya sangat besar mencapai 2x ukuran planet Mars. Bola api panas yang keluar menjadi teka-teki para astronom. Karena tidak biasa bintang bisa mengeluarkan gas plasma.

Bintang di malam hari hanya tampak beberapa bintang yang cahayanya paling terang. Sedangkan bintang lain tidak terlihat seakan bersembunyi. Karena kekuatan cahaya bintang dihitung dengan angka magnitude, dan beberapa bintang memiliki jarak sangat jauh dari Bumi.

Dalam sebuah galaksi terdapat kelompok bintang di beberapa tempat yang disebut globular cluster. Dimana bintang tersebut berkelompok dan jumlahnya sangat banyak. Bila bintang disana menjelang mati, akhirnya diketahui bintang akan bergerak menjauh dari kelompoknya

Bintang US 708 keluar dengan kecepatan hypervolocity, mencapai 12 ribu km perjam dan posisi keluar dari galaksi Bima Sakti. Menjadi bintang dengan pergerakan paling cepat yang pernah ditemukan. Umumnya bintang yang terlempar ada di tengah galaks



Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Kita mungkin bertanya, apakah mungkin di sebuah galaksi ada 2 black hole. Atau mungkin saja 3 black hole. Beberapa tahun lalu astronom menditeksi karakteristik spektrum ganda yang memuncak dari jantung AGN di SDSS J1502 1115, disana ada 3.

Satu video fantastik di bidang antariksa, Teleskop Hubble mengabadikan sebuah bintang yang meledak. Direkam sejak tahun 2002 sampai 2006. Ini bukan simulasi computer, tapi foto asli dan dijadikan film timelapse. Butuh 4 tahun untuk membuat urutan foto bintang

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A




No popular articles found.