Foto Megallanic debu di ruang angkasa dan gunung


Digital | 10 February 2015

Foto dibawah ini diabadikan oleh Dylan. Dia berada di Selandia Baru dan membuat foto gunung. Mengunakan camera Canon EOS 5D Mark III dengan lensa EF16-35 f2.8 disetting ke 16mm dan f11. Camera dibuka selama 20 detik.

Apa yang didapat dengan cuaca sangat baik. Dia mendapatkan 2 awan raksasa dari ruang angkasa. Disebut Large Megallanic dan Small Megallanic
Dyan mungkin beruntung, hanya mengandalkan satu gambar dan mendapatkan posisi LMC dan SMC ini. Biasanya Astro fotographer harus mengambil gambar dengan sistem stacker atau beberapa foto dan di proses lebih lanjut dengan software stacker.

Foto awan Megallanic besar dan kecil

Foto asli dapat dilihat via 500

Megallanic besar dan kecil baisa disingkat LMC dan SMC. Benda tersebut adalah kumpulan gas dan debu dan sedang terjadi pembentukan bintang. Luas bagian besar memiliki diamter 14 ribu tahun cahaya. LMC dan SMC adalah debu dan gas dari sisa galaksi Bima Sakti, tapi terlempar dan terakumulasi di dua tempat tersebut. Kedua benda memiliki ukuran sangat besar tapi sangat jauh, karena berada diluar galaksi Bima Sakti . Jaraknya sekitar 162 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Dibawah ini kedua LMC dan SMC berada

Lokasi Large Megallanic

Ketika galaksi kita sudah membentuk menjadi bintang, planet sejak jutaan tahun lalu. Di SMC dan LMC baru mulai terjadi pembentukan bintang, tapi sebagian masih berbentuk seperti gas dan debu. Sehingga disebut awan raksasa walau bukan awan melainkan benda gas diruang angkasa.

Tidak hanya LMC dan SMC yang bisa diabadikan dengan camera. Orion Nebula juga dapat diabadikan dengan camera , tapi memerlukan lensa Zoom

Berita terkait
Pemandangan planet Mars 360 derajat seperti panorama melihat gurun yang tidak berpenghuni. Nasa JPL baru merilis foto terakhir ketika robot berada di punggung Vera Rubin Ridge selama 1 tahun. Robot akan turun meneruskan perjalanan dan menjelajah ke daerah gunung Sharp di planet Mars

Bila anda terbang di malam hari. Sempatkan membawa camera, karena beberapa cerita pilot ini mendapatkan foto cukup menakjubkan dan lain dari biasanya. Christiaan membuat foto galaksi ketika penerbangan pesawatnya stabil, dengan long exposur. Gambar apa yang di dapat dari jendela kokpit.



Mengamati benda ruang angkasa tidak hanya planet dan bintang. Nebula dan Galaksi dapat dilihat, jarak benda tersebut tidak terlalu jauh bahkan lebih dekat dari bintang yang  cahayanya lebih terang. Tapi mereka tersembunyi. Bila memiliki teleskop atau camera dengan lensa Prime serta telezoom, dapat mengabadikan beberapa benda tersebut.

Nasa menditeksi signal misterius dari jarak 240 juta tahun cahaya dari bumi. Letaknya di cluster Perseus, salah satu objek paling besar di alam semesta. Signal tidak dikenal tersebut memiliki gelombang X-ray yang sangat spesifik. Jangan jangan signal dari alien.

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Mengunakan camera InfraRed. Hasilnya berbeda dengan tayangan biasa. Resolusi mencapai 70MB




No popular articles found.