Lampu Sejong LED Super 30W LED Lamp ganti lampu jalan tanpa modifikasi


Kategori : Green | Date : 10 February 2015
Peneliti dari Sejong LED Korea berhasil mengembangkan lampu LED untuk jalan tapi tidak memerlukan heatsink pendingin. Disain lampu Sejong LED dapat langsung menganti lampu model lama untuk lampu jalan yang mengunakan bahan Halide.

Mengapa penemuan lampu ini menarik. Panas berlebihan dari emiter lampu LED dapat merusak lampu. Khususnya lampu dengan intensitas cahaya tinggi setara lampu jalanan. Sehingga lampu LED perlu dipasangkan heatsink untuk melepas panas.

Sejong LED berhasil dibuat tanpa instalasi ekstra pelindung panas untuk emitter. Dengan mudah menganti bohlam lampu lama digantikan dengan lampu LED yang lebih hemat power.

Sejong LED baru dibuat untuk model Super 30W, beratnya hanya 600-900g. Untuk produksi masih menunggu pengujian dari badan regulasi.
Bila lampu ini dapat di produksi masal, setidaknya lampu jalanan yang menyala selama 12 jam dapat menghemat energi listrik sebuah kota.

Sejong LED Super 30W LED Lamp ganti lampu jalan tanpa modifikasi

Berita terkait
Avionic V1 dengan disain motor Chopper. Tapi tetap namanya sepeda dengan disain copper. Avionic V1 mengunakan warna kulit, bagian lampu dibuat dari kayu Jabota. Dari depan gayanya mirip Moge, tapi dari depan baru keliatan aslinya

Lampu LED Philips SceneSwitch memiliki fitur 3 kecerahan lampu. Tinggal di nyala matikan maka cahaya lampu akan berubah ubah. Penguna cukup mematikan lampu selama 6 detik  Ketika kembali dinyalakan maka cahaya lampu berubah kembali



Lampu TP-Link LB100 LB110 dan LB120 adalah lampu pintar dan di remote dari smartphone. Disebut Smart WIFI LED Bulb, lampu dapat diatur dari aplikasi TP-Link Kasa dan tersedia di OS Android dan iOS. Tidak memerlukan hardware, lampu langsung di kendalikan dari smartphone.

GE memiliki produk lampu LED, model C-Life dan C-Sleep. Lampu tersebut dapat terhubung ke smartphone. GE C diartikan Connect atau dapat terhubung ke Bluetooth dan dikembangkan oleh GE Innovation Lab untuk sistem konneksi dan Dimmer lampu. Satu paket dijual 4 unit lampu.

Lampu Cree 4Flow mengunakan disain tutup lampu dari bahan tembus pandang. Sementara lampu LED biasa hanya memberi cahaya arah bawah atau 180 derajat. Kedua lampu Cree 4Flow seperti lampu bohlam dengan fitur Dimmer atau lampu dapat  meredupkan.

Lampu HID relatif lebih efisien dibanding lampu tabung. Sekarang sudah dapat digantikan oleh lampu LED. Salah satu produk dari Cree menawarkan Cree OSQ untuk lampu jalan. Hanya memerlukan 70% energi dengan kekuatan cahaya yang sama, tapi 50% lebih murah.

250 ribu lampu jalan terus digantikan dengan lampu LED sampai 2017. Kota lain seperti Los Angeles dan Buenos Aires sudah mulai mengantikan lampu konvensional dengan lampu LED. Apa manfaat pengantian lampu jalan dengan lampu LED. Pertama hemat energi, kedua biaya listriknya lebih murah



Suatu hari nanti lampu jalanan akan berubah dari warna kuning menjadi putih. Cree XSPR mulai ditawarkan sebagai lamp jalanan. Memiliki kekuatan 25W - 2772 lumen dan 42W - 4109 lumen. Membutuhkan power 65% lebih rendah dibanding lampu tekanan tinggi Sodium.




No popular articles found.