Galaksi NGC 4676 bertabrakan dan bergabung


Kategori : Science | Date : 4 February 2015
Galaksi NGC 4676 adalah dua galaksi kecil, disebut juga galaksi Tikus (Mice). Keduanya berada di konstelasi Coma Berenices yang jaraknya 290 juta tahun cahaya dari Bumi.

Keduanya dalam proses pengabungan, memicu saling menarik antara kedua galaksi dan membentuk buntut memanjang. Tentu saja buntu tersebut adalah bintang yang mungkin juga isinya seperti planet yang tertarik gravitasi di antara keduanya.

Pada bagian gambar lebih gelap di sisi kanan foto, terlihat sisa gambar berwarna putih kebiruan adalah sisi luar galaksi. Bentuk tersebut adalah lengan galaksi yang tadinya menjadi lengan galaksi spiral utuh. Sedangkan warna kuning adalah sisi dalam dari galaksi. Foto diambil oleh teleskop Hubbel dari camera Advanced Camera Survey pada tahun 2002.

Foto dibawah ini menjadi menarik. Kedua galaksi berada pada jarak 290 juta tahun cahaya. Artinya foto tersebut adalah gambar dari kedua galaksi pada 290 juta tahun lalu. Mungkin sekarang, kedua galaksi sudah bergabung menjadi satu galaksi utuh. Apod NASA

Galaksi NGC 4676

Berita terkait
Di jantung galaksi Holm 15A terdapat salah satu lubang hitam terbesar yang pernah ditemukan. Memecahkan rekor sebelumnya, bahkan 2x lebih besar yang ditemukan tahun 2016. Astronom tidak memperhatikan adanya  lubang hitam dengan massa 40 miliar dari matahari, termasuk pengamatan dari Hubble dan teleskop di Bumi.

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya



Sebuah galaksi besar hanya tampak setelah 1,7 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta atau Big Bang. Tapi galaksi tersebut mati setelah lahir. Galaksi ZF-COSMOS-20115 adalah penemuan langka, kata peneliti Karl Glazebrook dari universitas Swinburne Australia.

Galaksi GN-z11 menjadi galaksi terjauh yang diumumkan oleh badan antariksa Eropa ESA. Usianya diperkirakan hanya 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Mengalahkan rekor terjauh galaksis Galaksi EGSY8p7 yang mencapai 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang.

Sebuah galaksi disebut IRAS 16399-0937 terbentuk oleh 2 galaksi. Diperkirakan dahulunya kedua galaksi memiliki massa yang sama besar. Dan sekarang terlihat seperti gumpalan bintang dan debu. Tapi bukan bentuk galaksi yang terlihat untuk dipelajari, ada hal yang tersembunyi disana.

Coma Cluster atau satu kluster galaksi berada di konstelasi Coma Berenices. Tapi bisa terlihat dengan teleskop ukuran besar untuk kelas amatir. Posisinya berada di antara rasi leo dan Bootes, dan paling mudah dilihat pada musim semi dan musim panas.

Karena lensa gravitasi dari galaksi lain, Hubble menemukan 3 galaksi tersembunyi. Diperkirakan jaraknya mendekati 500 ribu tahun setelah terjadi Big Bang atau pembentukan alam semesta. Karena sangat jauh sekalee, bentuknya masih berwarna merah samar.



Galaksi di Spiderweb atau MRC 1138-262 adalah cluster galaksi. Dimana kumpulan galaksi terbentuk 11 miliar tahun lalu. Foto terbaru terlihat pembentukan bintang disana bisa muncul di tepian galaks. Cluster Galaksi adalah salah satu struktur terbesar di alam semesta.

Galaksi NGC 6872 terletak 300 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini mengalami gangguan dari galaksi di sebelahnya. Membuat luar spiral tertarik keluar, bisa dibayangkan bila manusia yang tinggal di bumi menghadapi situasi seperti ini

Letak galaksi M60-UCD1 dengan ukuran 1/500 dari galaksi Bima Sakti. Galaksi ini memang kecil dengan bentangan sekitar 300 tahun cahaya saja. Di Bumi setiap malam hanya ada 4000 bintang, disana 1 juta bintang sangat padat.

Galaksi  IC 559 sebuah galaksi yang tidak teratur, tidak berbentuk silinder atau piring. Terlihat masih berantakan, dan berwarna biru dan terang dengan cahaya bintang. Cahaya biru tersebut adalah gas dan debu sebagai cikal bakal dari pembentukan bintang baru.

Galaksi Sparky teerlihat seperti galaksi yang baru terbentuk. Menurut astronom, galaksi ini mulai terbentuk sejak 11 miliar tahun lalu. Tapi galaksi Sparky adalah pabrik bintang raksasa. Berdasarkan pengamatan teleskop, disana terbentuk 300 bintang setiap tahun karena padat

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Kedua galaksi ini menjadi galaksi terbesar di satu kluster. Tapi ada satu galaksi M33 sebagai galaksi terdekat kedua, dan galaksi ini sedang mengarah ke galaksi kita Bima Sakti.




No popular articles found.