ARM Cortex A75 Mei 2017
ARM Tampilkan Arm Cortex A75 dan Arm Cortex A55
Yang menarik dari teknologi baru ini, CPU core dapat dikonfigurasi dalam satu single cluster seperti 1+7, atau 2+5. Konfigurasi seperti ini tidak mungkin dilakukan oleh procesor generasi sebelumnya.
Sistem konfigurasi dari ARM terbaru tersebut dinamakan Arm DyanmIQ Technology, membantu sistem kombinasi cluster pada core procesor.

Arm menempatkan GPU G72 yang akan dipasangkan untuk arsitek baru tersebut, seperti kemampuan di procesor Huawei HiSilicon dengan GPU G71yang sudah ada hari ini. Memiliki performa sedikit lebih tinggi tapi lebih hemat power, serta dukungan teknologi VR
Kedua tipe core procesor baru tampil tahun 2018

New procesor= ARM Cortex A75

Dibawah ini kombinasi Cortex A75 dan A55 dalam satu cluster procesor

procesor= ARM Cortex A75 dengan kombinasi cluster

ARM Cortex A55
Perubahan dari Cortex A53 ke A55, pemakaian power lebih hemat sampai 15%, tapi performa memory naik 2x lebih cepat, dan skala Arm Cortex A66 10x lebih baik dibanding A53. Setidaknya smartphone terbaru dengan pemakaian aplikasi biasa, dapat bekerja lebih hemat power sampai 30%.

Dibawah ini sususan dari generasi procesor ARM Cortex generasi ke 8 aka versi 8
Generasi ARM Cortex


ARM Cortex A72 Februari 2017
ARM mempersiapkan procesor baru untuk perangkat mobile. Cortex A72 sudah terintegrasi dengan pengolah grafik Mali T880. Mengunakan interkoneksi CC1 500, dibuat dengan proses 16nm FinFET.

ARM bukan pabrik chip, tapi perancang chip. Jadi disain chip mereka akan dibuat oleh pabrik chip seperti Qualcomm, Samsung dan produsen lain. Chip ARM Cortex A72 disiapkan untuk perangkat mobile seperti procesor smartphone tahun 2016.

ARM Cortex A72 diberi kode Maia lebih cepat dibanding Cortex A15 tapi lebih hemat power.

VP Marketing ARM Nandan Nayampally mengatakan procesor ARM Cortex A72 kemungkinan dapat bekerja sampai kecepatan 2,5Ghz.
Kecepatan procesor ARM sudah meningkat sampai 50X lebih cepat dalam 5 tahun rancangan procesor mereka. Target procesor ini untuk membawa teknologi display dan recording 4K 120 fps secara penuh mengunakan 8 core, mobile gaming dan koneksi internet. Detail procesor ini memiliki dukungan Native untuk 10bit YUV, mendukung penuh teknologi HEVC baru.
Bila dipasang untuk tablet, procesor akan memberikan kemampuan display lebih tinggi.

Untuk perangkat mobile gaming, ARM T-880 akan lebih cepat 1,8x dibanding GPU yang ada saat ini. Selain performa ARM tidak meninggalkan teknologi procesor dengan pemakaian power. A72 mengkonsumsi power 75% lebih hemat dibanding Cortex A15

New procesor= ARM Cortex A72