Orbit bumi miring ke arah galaksi dari ESO


Science | 25 January 2015

Mungkin ada yang beranggapan bumi kita memiliki orbit sejajar dengan galaksi. Dan matahari mungkin sejajar juga dengan orbit putaran galaksi. Tidak seperti itu, matahari berputar selama mengorbit ke inti galaksi, dan kita tidak sejajar dengan garis galaksi.

Dapat lihat posisi garis galaksi dibawah ini terhadap permukaan bumi. Bila kita memandang garis inti galaksi, maka gerakan garis galaksi Bima Sakti akan bergeser dari arah kiri ke arah kanan. Artinya kita berdiri dan tidak sejajar mengelilingi orbit di galaksi.

Orbit Bumi sebenarnya miring terhadap garis galaksi

Satu video ini mengambarkan posisi orbit tata surya kita sebenarnya miring terhadap garis galaksi. Atau semua benda di tata surya kita bergerak dengan kemiringan sendiri.

Video timelapse ini memberikan pemandangan dimana posisi garis susu atau garis Milky Way berada di posisi tetap. Hanya posisi camera mengikuti arah yang selaras dengan garis Milky Way. Hasilnya bumi sebenarnya berputar miring terhadap garis galaksi, dan tidak sejajar tapi orbitnya vertikal seperti alur Vortex



Berapa kecepatan putaran benda di tata surya selama mengorbit ke galaksi Bima Sakti
  • Bumi berputar pada sumbu khatulistiwa dengan kecepatan 460 meter perdetik
  • Bumi bergerak dengan orbit (mengitari) ke matahari dalam kecepatan kecepatan 107,826km perjam
  • Matahari sebagai pusat tata surya beserta isinya mengelilingi galaksi dengan kecepatan 788.579 km perjam
  • Matahari dan planet disekitar akan naik dan turun dalam satu siklus setiap 25920 tahun
  • Matahari dan seluruh isi tata surya baru menyelesaikan satu putaran ke inti galaksi selama 226 juta tahun, atau melakukan 8692 kali naik turun untuk menyelesaikan satu memutar dari inti galaksi
  • Galaksi kita bergerak di alam semesta dengan kecepatan 600km perdetik
Jadi Bumi dan planet lain memang mengorbit ke matahari dengan selaras, Karena melihat matahari seakan selalu muncul dari barat dan timur.
Tapi posisi matahari akan berbeda beda posisinya pada jam yang sama setiap hari dalam setahun. Karena posisi bumi agak miring dengan garis kutub terhadap garis orbit dengan posisi matahari. Dan kutub bumi juga bergerak membentuk lingkaran dalam siklus 1 derajat setiap 71,6 tahun. Dan garis kutub baru menyelesaikan satu pola garis lingkaran setelah 25772 tahun sekali.

pergerakan matahari yang terlihat akan berbeda letaknya setiap hari dalam setahun



Garis semua orbit planet dan matahari juga miring terhadap posisi garis galaksi. Artinya, tatasurya kita termasuk matahari sebenarnya berdiri tegak ke atas seperti arah kutub galaksi.

Bila dilihat dari atas matahari atau mengikuti kutub di matahari semuanya akan selaras.
Gambar kedua dibawah bila melihat dari inti galaksi ke arah putaran dari planet dan matahari di tata surya, bentuk pergerakan tata surya kita seperti planet dan matahari seperti spiral selama memutari tengah galaksi. Hal ini mungkin menyebabkan tumbuhan memiliki pola seperti Vortex.

Orbit Bumi sebenarnya seperti putaran baut yang bergerak

Bagaimana dengan orbit matahari, sama saja bergerak dan berputar dengan pola vortex. Matahari bergerak naik turun dan berputar seperti spiral selama mengitari inti galaksi.
Membutuhkan waktu 226 juta tahun untuk menyelesaikan satu putaran ke inti galaksi.
Posisi matahari dari naik dan turun dari atas ke bawah dari garis galaksi membutuhkan waktu 25920 tahun sekali.

Gambar dibawah ini menjelaskan pergerakan matahari selama mengitari inti galaksi. Seperti spiral, naik turun dan berputar. Gambar dibelakang matahari adalah planet yang mengikuti matahari, juga memiliki pola orbit spiral. Uniknya, semua planet bersama matahari bergerak selaras, walau seluruh planet melakukan manuver seperti spiral.

Orbit Matahari dan tata surya juga bergerak secara spiral Vortex ke inti galaksi

Berita terkait
Mengapa nama planet disebut Kepler, Koi, Hat, Wasp dan lainnya. Demikian juga nama bintang bisa berbeda beda karena dinami dari nama kuno dan nama modern. Dahulu mengunakan nama rasi bintang atau nama binatang. Semakin banyak bintang dan galaksi ditemukan bintang dipisah menjadi 2 bagian. Sedangkan nama Galaksi dibuat dari sudut temuan

Sebuah berita sensasi mengatakan akan ada gempa 9,8 SR di Bumi. Katanya gempa sangat besar akan terjadi pada 28 Mei 2015. Alasannya ada kesejajaran planet yang diperkirakan oleh Nostradomus dan beberapa orang akan memicu gempa sangat dasyat



Ada beberapa penemun dari dunia astronomi, beberapa dijelaskan lebih mendalam. Seperti dampak tabrakan dua galaksi, bintang yang pernah melintas dekat di tata surya, penemuan galaksi purba, Black Hole raksasa dan terakhir foto Pluto dan bulan pendamping Charon

Bentuk galaksi Bima Sakti, kali ini tampak berbeda. Diabadikan dari satelit ruang angkasa Planck milik ESA, tidak mengabadikan cahaya bintang saja. Tapi menangkap debu dan gas, partikel serta medan magnet yang lebih rinci. Peta yang dibuat dibawah ini adalah hasil foto dengan 4 warna berbeda.

Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.

Manusia baru menemukan radio di era 1880an. Sampai seberapa jauh siaran radio tersebut bisa diterima oleh mahluk lain. Siaran radio dari Bumi tidak pergi terlalu jauh sejak dipancarkan pada tahun 1880. Pada tahun 2080 nanti, mungkin baru diterima oleh mahluk lain yang tinggal pada jarak 200 tahun cahaya



Ada yang tertarik mengabadikan video dan foto dari Nasa. Fotographer asal Perancis membuat sebuah film yang dirangkum dari misi ISS sejak tahun 2011 sampai 2014. Total 80GB dikumpulkan oleh Juin.




No popular articles found.
< /body>