Bintang Matahari diganti bintang lain


Science | 24 January 2015

Aasik sebuah video untuk belajar astronomi. Cuaca panas pasti disalahkan matahari dengan ukuran besar. Tapi matahari memiliki ukuran rata rata dari ukuran bintang. Bagaimana bila bintang lebih besar memberikan sinar ke Bumi. Hasilnya jadi lucu, bahkan agak susah dibayangkan.

Seperti 4 gambar dibawah ini.
  1. Bintang Alpha Centauri adalah bintang kembar atau Biner Star. Bila mengantikan matahari tampilannya seperti itu, ada 2 cahaya kuning di Bumi. Bintang Alpha Centauri memiliki ukuran relatif sama seperti matahari.
  2. Gambar kedua kanan, ini bintang Sirius yang jauhnya 8.000 tahun cahaya dari Bumi. Ukuran 2 kali dari matahari, sudah terlihat besar di Bumi.
  3. Gambar ketiga kiri bawah, ini bintang Arcturus. Ukurannya gede banget sih. Memiliki warna kuning dengan ukuran radius 20 juta km, bandingan dengan matahari hanya 700 ribu km.
  4. Gambar keempat di kanan bawah adalah bintang Vega. Tapi cahaya bintang ini berwarna putih, dan panasnya 2x dari panas matahari.

bila bintang lain mengantikan matahari

Bintang Polaris A. Disebut juga bintang utara (North Star) karena paling terang terlihat di wilayah utara. Memiliki ukuran 55x  dari matahari dengan radius 25 juta km. Bintang ini tidak memiliki massa sebesar orbitnya, tapi sekitar 4,5x lebih besar dari Matahari. Hanya cahayanya sangat terang mencapai 2500x lebih terang dari Matahari.

bila bintang Polaris mengantikan matahari

Dibawah ini cerita lengkap tentang matahari yang digantikan bintang lain.



Tidak terbayang bila Bintang Canis Majoris yang mengantikan matahari.

Berita terkait
Tata surya kita sangat stabil, juga isi galaksi kita. Seluruh benda mengorbit ke tengah galaksi,a. Apakah semuanya memang seperti perkiraan kita. Peneliti mengatakan bintang Velocoty bukan dari galaksi Bima Sakti. 2018 mereka bukan dari galaksi kita, tapi mungkin mereka datang dari galaksi lain.

Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.



Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Bila matahari digantikan oleh bintang lain, yang mungkin bintang dengan ukuran lebih kecil. Apa yang tampak dari bumi. Gambar pertama kiri adalah matahari yang dilihat setiap hari. Matahari masuk sebagai bintang kelas G atau tingkat 1MO, bila bintang lebih kecil menganti posisi matahari apa yang terlihat

Sebuah nebula yang dinamai nebula Henize 2-428. Disana ditemukan bukan satu bintang tapi 2 bintang kerdil dan saling mengorbit. Jadi dua bintang seperti cahaya putih ini sedang saling tarik menarik dengan gravitasinya. Sebagai bom waktu, kapan saja bintang ini akan meledak ketika terjadi pengabungan

Bentuk galaksi Bima Sakti, kali ini tampak berbeda. Diabadikan dari satelit ruang angkasa Planck milik ESA, tidak mengabadikan cahaya bintang saja. Tapi menangkap debu dan gas, partikel serta medan magnet yang lebih rinci. Peta yang dibuat dibawah ini adalah hasil foto dengan 4 warna berbeda.

Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.



Manusia baru bisa melihat sisi gelap sebelah bulan 55 tahun lalu, tepatnya hari yang sama seperti bulan ini. Bulan yang kita lihat selalu menghadap sisi yang sama, tapi sisi di sebelahnya tidak pernah bisa dilihat langsung. Terbaru dari NASA diambil video Bulan Januari 2015.

Mungkin ada yang beranggapan bumi kita memiliki orbit sejajar dengan galaksi. Dan matahari mungkin sejajar juga dengan orbit putaran galaksi. Posisi orbit tata surya kita sebenarnya miring terhadap garis galaksi. Bila melihat gerakan bumi, maka gerakannya membentuk spiral

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya 56 juta tahun cahaya, dan berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi

Galaksi NGC 1291 terletak 33 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki keunikan dengan cahaya yang tampak seperti cincin atau halo. Karena bintang yang usia muda baru terbentuk dan muncul dibagian luar galaksi. Mengapa bintang disana sampai membuat pola seperti cincin.




No popular articles found.
< /body>