Technology | 24 January 2015

Telepon satelit bagaimana cara bekerja


Layanan telepon satelit dibedakan dengan sistem satelit orbit rendah dan orbit tinggi

Telepon satelit sekarang lebih terjangkau, walau biayanya masih premium seperti telepon SLI.

Tapi menelpon di jaringan yang sama relatif lebih murah, walau koneksi yang dilakukan di berbagai benua. Tidak terkait dengan roaming bila terhubung ke satu jaringan.

Bahkan lebih murah dari taif biaya Roaming telepon di luar negeri yang kadang sangat mahal dengan tarif jarak untuk menghubungi negara berbeda.

Operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS dan infrastruktur di darat, semua jaringan transmiter berada di atas atau sistem satelit. Membuat layanan mereka bersaing untuk telepon jarak jauh.

Perbedaan, telepon satelit tidak senyaman telepon selular. Karena terjadi kelambatan ketika berbicara.

Manfaatnya, dimana saja seseorang bisa melakukan komunikasi dan mengirim data internet (walau terbatas dan lambat) di seluruh penjuru dunia, tanpa batas negara.

Berapa biaya telepon satelit.
Jaringan telepon satelit Iridium dikenakan $1.45 permenit, paket bisa di beli dengan paket Pre-paid yang dipotong pulsa seperti kartu prabayar. Tapi ingat tarif tersebut untuk menelpon ke sesama operator.

Menariknya pulsa akan memasuki masa tengang setelah 1 tahun. Koneksi antar telepon satelit hanya dikenakan $1.45 unit permenit. Tetapi telepon ke antar jaringan telepon satelit berbeda dikenakan 8 unit per menit. Masing masing operator memiliki tarif berbeda beda, karena jaringan yang dijangkau satelit belum tentu meliputi daerah tertentu.

Berapa harga telepon satelit
Harga telepon satelit, hampir sama seperti harga smartphone kelas menengah, dimulai dari $400-$1000an.



Harga telepon Inmarsat Isat Phone Pro $600
Harga  telepon satelit Iridium 9555 dengan ukuran lebih besar $1.000
Harga telepon satelit terbesar untuk jaringan Iridium Extreme 9575 $1240.

Tapi semuanya dalam bentuk kompak, model yang ringan hanya mengunakan antena sebesar telunjuk tangan saja.

Bila ingin lancar terhubung ke satelit, beberapa perangkat dapat mencapai $5000, seperti tambahan booster agar suara lebih bening, sinyal lebih kuat bahkan bisa mengirim fax, email dan SMS.

Itu baru perangkat belum biaya internet yang dikenakan terpisah, yang satu ini memiliki kecepatan 8kbps dan dikenakan $0.75 permenit, untuk 256kbps lebih mahal lagi mencapai $25.80 permenit. Teknologi telepon satelit memang belum menandingi jaringan internet satelit seperti Starlink atau Oneweb. Bedanya tentu di antena, karena sistem internet satelit membutuhkan antena permanen. Teknologi kedepan tidak ada yang tahu, bisa saja sistem internet satelit menjadi portabel.



Sementara telepon satelit  generasi terbaru tampilannya seperti ponsel biasa, bukan fitur seperti model modern iPhone atau Android smartphone. Kemudahannya, tinggal buka, tunggu sampai terhubung ke satelit, dan komunikasi dapat dilakukan dimana saja.


Model telepon satelit

Telepon satelit 2023
Tapi teknologi telepon khusus untuk satelit tidak bertahan lama.
Di tahun 2023, Huawei, Samsung, Apple dan Qualcomm menyiapkan perangkat smartphone dapat terhubung ke satelit.

iPhone dimulai mengirim pesan darurat.
Huawei merancang koneksi telepon satelit langsung melalui jaringan satelit China (dalam negeri)
Samsung dan mungkin produsen lain menyusul, dapat mengirim pesan singkat melalui SNS, atau kedepan mungkin dapat berbicara dua arah.

Starlink jaringan satelit milik SpaceX
Menyediakan koneksi internet broadband. Sudah mendukung perangkat bergerak, seperti pesawat, kapal laut, dan kendaraan di darat.
Komunikasi harus melalui perangkat penerima dan pengirim sinyal ke satelit Starlink berupa data internet.

Sistem jaringan telepon satelit ada 2 jenis.
Ada 2 sistem jaringan telepon satelit berbeda dengan ketinggian satelit.
Satu Geosync untuk satelit orbi tinggi, sinyal lebih tetap karena satelit mengorbit dengan posisi yang sama
Kedua Low Orbit satelit untuk satelit orbit rendah, posisi satelit lebih rendah sinyal lebih kuat, tapi ada pergeseran sinyal ketika satelit bergerak


Sistem Geosynchronous

Adalah jaringan telepon satelit dimana satelit tetap diam di satu tempat atau tetap berada diatas kita, satelit mengorbit mengikuti orbit bumi.

Posisi satelit  tidak berubah dan terus mengikuti putaran bumi. Satelit ditempatkan di tempat sangat tinggi, mencapai 30.000km dari permukaan bumi.

Fungsinya untuk memberikan cover area lebih luas di bawah satelit. Salah satu layanan telepon satelit Geosnyc adalah AceS yang menyediakan layanan di seluruh Asia Tengara cukup dengan 1 satelit saja. Jaringan satelit GeoSync tidak memerlukan jumlah satelit banyak, dengan ukuran satelit telekomunikasi lebih besar cukup satu satelit saja.



Karena posisi satelit sangat tinggi, pembicaraan akan terjadi kelambatan. Dan jangkauan sinyal satelit menjadi lemah bila terganggu cuaca, serta ponsel memerlukan ukuran besar agar dapat memberi sinyal lebih kuat menjangkau antena satelit diatas. Tetapi satelit tetap berada di atas penguna, bila terhubung, maka mendapatkan koneksi stabil.

Low Earth orbit (LEO).

Adalah sistem satelit yang berubah ubah, satelit bergerak lebih cepat dan jumlah satelit harus tempatkan lebih banyak. Setiap satelit mengorbit (berputar) di bumi setiap 1 sampai 1,5 jam sekali.
Mirip seperti satelit navigasi GPS, Glonass atau Baidou.
Satelit orbit rendah tersebut akan terus bergerak lebih cepat dari orbit Bumi agar tetap berada di posisi lebih rendah dan menghindari daya tarik gravitasi bumi

Dibutuhkan beberapa satelit untuk mencover seluruh permukaan bumi. Posisi satelit berada di orbit rendah, antara ketinggian 600km sampai 1100km.

Layanan telepon satelit ini disebut Iridium, memiliki jumlah 66 satelit yang mengorbit diatas Bumi. Walau posisi satelit lebih rendah, tapi jumlah satelit akan saling bergantian mencover area di seluruh dunia. Ukuran ponsel lebih portabel sehingga lebih kecil, karena tidak memerlukan daya besar untuk transmisi sinyal ke satelit.

Koneksi lebih cepat untuk menghubungi atau dihubungi, dan relatif tidak terlalu terganggu dengan cuaca. Masalahnya kadang sinyal melemah ketika satelit mulai menjauh posisi penelpon.
Lebih umum digunakan bagi mobilitas penguna telepon satelit yang berpindah tempat.


Beberapa layanan perusahaan telepon satelit

Iridium.
Layanan dari Amerika mengunakan satelit LEO. Sampai saat ini sudah meluncurkan satelit Iridium ke 97 dan 98. Satu satelit mampu menampung 1100 sambungan. Frekuensi yang dipakai dari 1618Mhz

Globalstar
Seperti Iridium dari Amerika dengan satelit orbit rendah. Penguna Globalstar pada tahun 2008 mencapai 315 ribu penguna. Mengunakan jaringan satelit LEO

Inmarsat.
Layanan dari Inggris. Jumlah satelit Inmarsat tidak banyak karena mengunakan sistem satelit tunggal atau GeoSync.

Terakhir 2013 meluncurkan satelit Inmarsat-5 F1 dan diluncurkan bulan Februari 2015 untuk menyediakan internet broadband seperti jaringan penerbangan sampai daerah bencana. Mengunakan frekuensi yang sama seperti Iridium.



Hanya daerah kutub yang tidak bisa dijangkau. Biaya telepon Inmarsat konon paling mahal. Walau jumlah satelit yang dimiliki sedikit, tapi koneksinya jarang terputus seperti sistem satelit LEO.


Sistem telepon satelit Inmarsat

Thuraya
Dimiliki perusahaan Arab Saudi. Memiliki coverarea di 110 negara. Thuraya hanya tidak menjangkau area negara Amerika.

Thuraya mengunakan satelit sistem GeoSync dengan satelit besar seberat 3 ton. Sebuah satelit dengan kekuatan 13.000 sambungan sekaligus untuk komunikasi suara. Meliputi daerah Eropa, Timur tengah, Afrika dan sebagian Asia.  Satelit Thuraya 3 diluncurkan tahun 2007, dan menjangkau Australia. Hanya 3 satelit dengan Truraya 1, 2 dan 3.

Layanan telepon satelit yang ada untuk sistem GeoSync : ACes, Inmarsat, Thuraya, MSAT, Terrenstar (hanya di Amerika Utara), ICO.

Indonesia jaringan telepon satelit
Disebut Byru sebenarnya jaringan GSM berbais satelit, mengunakan jaringan satelit Garuda-1 bersama AceS yang mencakup wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Taiwan, Tiongkok, India.
Paket telepon mengunakan Ericsson R190 untuk dual GSM dan Satelit. Model lain Byru Marine FR 190GM untuk pemakaian pelayaran.
Paketnya cukup 7 jutaan untuk ponsel, dengan kartu GSM.

Keuntungan telepon satelit. Area yang dijangkau sangat luas, khususnya daerah terpencil. Bila menelpon ke jaringan sendiri, biaya lebih murah walau penguna berada di benua berbeda.

Banyak digunakan untuk petualangan, pengeboran lepas pantai, militer (memiliki jaringan telepon satelit tersendiri), operasi penyelamatan, kapal laut, atau mereka yang bekerja di daerah terpencil.

Kelemahan telepon satelit.
Tarif telepon seperti biaya ke antar operator GSM walau di satu jaringan.
Untuk telepon di jaringan yang sama dengan tarif telepon satelit berbeda, tidak peduli dimana keberadaannya akan lebih murah atau sama. Jadi jarak bukan masalah dihitung oleh sistem telepon satelit.

Tapi menelpon ke operator lain atau ke telepon di darat adalah hal berbeda, harganya bisa melambung.

Untuk data internet juga sangat mahal, jadi jangan berharap mengunakan internet terlalu banyak, tapi tetap menarik untuk mengirim email ketika berada di hutan. Dan telepon ke antar operator satelit biayanya dapat mencapai $15 permenit.

Yang lucu, tidak seperti telepon biasa langsung di telepon dan terhubung. Telepon satelit harus melakukan Boot, dan harus sering berjemur dibawah matahari atau tergantung kondisi cuaca yang baik untuk terhubung.



Memilih telepon satelit

Ingin membeli telepon satelit tidak harus melihat model.

Karena jumlah model telepon satelit yang tersedia terbatas dan modelnya sudah ditentukan masing masing jaringan telepon satelit.

Yang lebih baik diperhatikan adalah biaya dan pengunaan yang mudah.

Karena daerah yang di cover dari masing masing operator mungkin berbeda. Telepon satelit tidak seperti telepon rumah, dipastikan terjadi kelambatan (delay) antara bicara dan waktu yang disebut Call Latency.

Kisaran harga telepon satelit di Indonesia
Inmarsat IsatPhone 2 sekitar 15-25 juta
Thuraya Satsleeve+ 9 juta
Thuraya XT Lite 8,8 juta
Thruraya XT Pro dual 16 juta
Ericson R190 Inmarsat 2,5 juta
Iridium Extreme 9575 20 juta - 26 juta
Iridium 9555 23 juta
Iridium Axcesspoint 4,3 juta

BlueCosmo Inmarsat IsatPhone 2.1 Satellite Phone Kit (Aug 2019) di Amazon $569, belum termasuk pulsa dan SIM. Bicara 8 jam stand-by 160 jam. Jaringan satelit Inmarsat.

Baterai telepon satelit mirip seperti baterai ponsel Android. Dengan kapasitas 2,5Ah dan 3,7V. Tetapi untuk stand-by mencapai 80 jam (seperti ponsel jadul yang tahan lama), hanya bicaranya lebih singkat dengan durasi sekitar 6 jam saja sebelum pengisian baterai kembali.

Untuk kartu perdana ditawarkan 1,5 juta + bagi jaringan Inmarsat dengan harga pulsa $100 dan masa aktif 3 bulan. Dapat di isi ulang dengan elektronik
Kartu perdana Byru ditawarkan 500 ribu+

Layanan pesan singkat dan SOS ke satelit Android
Tahun 2023 dimulai era ponsel yang dapat terhubung ke sistem jaringan satelit.
Chip generasi pertama untuk smartphone Snapdragon 8 Gen2, dan dukungan modem Snapdragon.
Dapat mengirim pesan singkat langsung ke satelit, pertama Apple 14 tahun 2022, disusul Android 2023


Hanya tersedia untuk smartphone high end pada awalnya, layanan dikenakan biaya tambahan.
Mengirim pesan langsung melalui jaringan satelit berbeda dengan telepon satelit, walau mengunakan satelit yang sama seperti Iridium.
Digunakan untuk mengirim pesan ketika sinyal ponsel tidak terjangkau.

Negara yang tidak mengijinkan pengunaan telepon satelit
Korea Utara, India (harus mendapatkan ijin), Birma dan Cuba.

Di beberapa negara memiliki aturan berbeda untuk pemakaian telepon satelit.
Di Australia, mendapat keringanan bagi penguna telepon satelit dan diberikan subsidi, khususnya warga yang tinggal di tempat terpencil.
Di Rusia, telepon satelit diijinkan tapi diawasi oleh pemerintah. Karena dikhawatirkan untuk melakukan hal berbahaya bagi negara.


Artikel Lain

Thuraya Skyphone berbasis Android, tampil dengan tambahan antena. Komunikasi di darat seperti smartphone biasa, berfungsi langung ke koneksi satelit. Tidak mengirim SMS saja, tapi panggilan telepon langsung atau komunikasi dua arah.

LiFi menjadi standar IEEE 802.11bb pertama. Dapat melengkapi pengiriman data seperti WIFI tapi lebih aman. Transmisi hanya berada pada jarak ruang dan tidak akan menembus keluar dibanding sinyal WIFI. Desain dapat melengkapi WIFI dan berada di dalam sebuah chip.



Samsung kembangkan komunikasi NTN. Dengan modem Exynos 5300, untuk komunikasi dua arah. Dapat mengirim pesan, video, foto langsung ke satelit langsung dari Smartphone Android. Satu langkah teknologi 5G menuju teknologi 6G.

Huawei dan Apple telah menawarkan perangkat smartphone fitur telepon satelit. Walau komunikasi satelit di iPhone 14 terbatas di US dan Kanada, iPhone 14 dapat mengirim pesan darurat. Samsung melakukan riset sejak 2 tahun lalu. Kabarnya tinggal menunggu final, dan digunakan untuk ponsel 2023

Smartphone biasa dapat terhubung ke satelit. Setelah modem Qualcomm X65 dibuat untuk mengunakan frekuensi n53 di spektrum satelit. Sementara untuk mengirim pesan singkat, atau SOS. Jadwal berubah setelah Qualcomm tidak ingin sistem ekslusif dari Iridum, mungkin baru tampil tahun 2024

Garmin inReach Mini 2 terhubung ke sistem satelit. Tapi bukan seperti ponsel satelit untuk komunikasi. Memiliki fungsi dasar sebagai logger lokasi, mengirim pesan singkat, cuaca dan keamanan untuk aktivitas outdoor.

Teknologi internet mengunakan serat optik rata rata 1Gbit atau 1000Mbps. Kedepan dapat mencapai 100Gbit perdetik dengan GPON. Perusahaan telekomunikasi Eropa Vodafone sudah mengunakan 10Gbps. Untuk apa kecepatan tranfer sangat besar tersebut. Katanya bisa bareng nonton ribuan film mengunakan satu kabel serat optik saja.



Bila smarphone di Indonesia bekerja di jaringan 3G atau 4G. Masih menunggu jaringan 5G. ZTE T900 Plus agak berbeda dibanding smartphone biasa, karena memiliki ekternal antena. Bukan itu saja, baterai dibuat menonjol di bagian bodi belakang. Dan bodi terlindung seperti smartphone tahan banting.

Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..

Thuraya X5-Touch telepon satelit dan GSM LTE pertama berbasis Android. Memiliki dukungan sistem satelit komunikasi, dan berpindah ke GSM bila tersedia jaringan.Disain seperti telepon Android, hanya satu antena dapat ditarik dan lebih menonjol. Asia masuk wilayah satelit Thruraya, update harga smartphone

Disain sensor ISOCELL Slim 3T2 untuk rancangan camera Pin Hole 2019. Memiliki ketajaman 20MP untuk camera depan, atau camera belakang smartphone. Dibuat solusi dengan Samsung Isocell. Samsung Isocell Plus bekerja sama dengan teknologi Fujifilm. Membantu disain sensor menangkap cahaya lebih baik walau kondisi malam

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

Cerita menarik tentang burung elang yang tinggal di observasi Cebrebros Spanyol. Disana terdapat antena badan antariksa Eropa. Seekor burung elang betina dinamai Nella mampu terbang dengan kecepatan 300km perjam untuk berburu. Mengapa burung tersebut tinggal disana.



Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.