Telepon satelit sekarang lebih terjangkau, walau biayanya masih premium seperti telepon SLI.

Tapi menelpon di jaringan yang sama relatif lebih murah, walau koneksi yang dilakukan di berbagai benua.

Bahkan lebih murah dari taif biaya Roaming di luar negeri yang kadang sangat mahal.

Operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS, semua berada di atas atau sistem satelit. Membuat layanan mereka bersaing untuk telepon jarak jauh.

Telepon satelit tidak senyaman telepon GSM. Karena terjadi kelambatan ketika berbicara. Tapi dimana saja seseorang bisa melakukan komunikasi. dan mengirim data internet.

Berapa biaya telepon satelit.
Jaringan telepon satelit Iridium dikenakan $1.45 permenit, paket bisa di beli dengan paket Pre-paid yang dipotong pulsa. Menariknya pulsa akan memasuki masa tengang setelah 1 tahun. Koneksi antar telepon satelit hanya dikenakan $1.5 unit permenit. Telepon ke antar telepon satelit dikenakan 8 unit per menit. Masing masing operator memiliki tarif berbeda beda, karena jaringan yang dijangkau satelit belum tentu meliputi daerah tertentu.

Berapa harga telepon satelit
Hampir sama seperti harga smartphone kelas menengah, dimulai dari $400-$1000an.

Telepon Inmarsat Isat Phone Pro $600, telepon satelit Iridium 9555 dengan ukuran lebih besar $1.000, dan satu yang paling besar Iridium Extreme 9575 $1240.

Tapi semuanya dalam bentuk kompak, mengunakan antena sebesar telunjuk tangan saja. Tapi beberapa perangkat dapat mencapai $5000, seperti tambahan booster untuk suara lebih bening, bisa fax, email dan SMS. Itu baru perangkat belum biaya internet, yang satu ini memiliki kecepatan 8kbps dan dikenakan $0.75 permenit, untuk 256kbps lebih mahal lagi mencapai $25.80 permenit.

Tetapi disainnya seperti ponsel biasa, bukan fitur seperti model modern iPhone atau Android smartphone. Tinggal buka, tunggu sampai terhubung ke satelit, dan komunikasi dapat dilakukan dimana saja.



Model telepon satelit

Sistem jaringan telepon satelit ada 2 jenis.
Ada 2 sistem jaringan telepon satelit, satu Geosync untuk satelit orbi tinggi dan Low Orbit satelit untuk satelit orbit rendah.
  1. Sistem Geosynchronous adalah jaringan telepon dimana satelit tetap diam di satu tempat dengan mengikuti orbit bumi. Posisi satelit  tidak berubah dan terus mengikuti putaran bumi. Satelit ditempatkan di tempat sangat tinggi, mencapai 30.000km dari permukaan bumi. Fungsinya untuk memberikan cover area lebih luas di bawah satelit. Salah satu layanan telepon satelit Geosnyc adalah AceS yang menyediakan layanan di seluruh Asia Tengara dengan 1 satelit saja. Karena posisi satelit sangat tinggi, pembicaraan akan terjadi kelambatan. Dan jangkauan sinyal satelit menjadi lemah, serta ponsel memerlukan ukuran besar agar dapat memberi sinyal lebih kuat untuk menjangkau antena satelit diatas. Tetapi satelit tetap berada di atas penguna, bila terhubung mendapatkan koneksi stabil.
  2. Low Earth orbit (LEO). Adalah sistem satelit yang berubah ubah dengan jumlah satelit lebih banyak, dan setiap satelit mengorbit (berputar) di bumi setiap 1 sampai 1,5 jam. Dibutuhkan beberapa satelit untuk mencover seluruh permukaan bumi. Posisi satelit berada di orbit rendah, antara ketinggian 600km sampai 1100km. Layanan telepon satelit ini disebut Iridium, memiliki jumlah 66 satelit yang mengorbit diatas Bumi. Walau posisi satelit lebih rendah, tapi jumlah satelit akan saling bergantian mencover area di seluruh dunia. Ukuran ponsel lebih portabel sehingga dibuat lebih kecil, karena tidak memerlukan daya besar dalam tranmisi sinyal ke satelit.

Beberapa layanan perusahaan telepon satelit

Iridium.
Layanan dari Amerika mengunakan satelit LEO. Sampai saat ini sudah meluncurkan satelit Iridium ke 97 dan 98. Satu satelit mampu menampung 1100 sambungan. Frekuensi yang dipakai dari 1618Mhz

Globalstar
Seperti Iridium dari Amerika dengan satelit orbit rendah. Penguna Globalstar pada tahun 2008 mencapai 315 ribu penguna. Mengunakan jaringan satelit LEO

Inmarsat.
Layanan dari Inggris. Jumlah satelit Inmarsat tidak banyak karena mengunakan sistem satelit tunggal atau GeoSync. Terakhir 2013 meluncurkan satelit Inmarsat-5 F1 dan akan diluncurkan bulan Februari 2015 untuk menyediakan internet broadband seperti jaringan penerbangan sampai daerah bencana. Mengunakan frekuensi yang sama seperti Iridium. Hanya daerah kutub yang tidak bisa dijangkau. Biaya telepon Inmarsat konon paling mahal. Walau jumlah satelit yang dimiliki sedikit, tapi koneksinya jarang terputus seperti sistem satelit LEO.


Sistem telepon satelit Inmarsat

Thuraya
Dimiliki oleh Arab Saudi. Memiliki kover area sampai 110 negara. Thuraya hanya tidak menjangkau area negara Amerika. Thuraya mengunakan sistem GeoSync dengan satelit besar dengan berat 3 ton. Saat ini memiliki 1 satelit dengan kekuatan 13.000 sambungan sekaligus untuk komunikasi suara. Meliputi daerah Eropa, Timur tengah, Afrika dan sebagian Asia.  Satelit Thuraya 3 diluncurkan tahun 2007, dan menjangkau Australia.

Layanan telepon satelit yang ada untuk sistem GeoSync : ACes, Inmarsat, Thuraya, MSAT, Terrenstar (hanya di Amerika Utara), ICO.

Keuntungan telepon satelit. Area yang dijangkau sangat luas, khususnya daerah terpencil. Bila menelpon ke jaringan sendiri, biaya lebih murah walau penguna berada di benua berbeda. Banyak digunakan untuk petualangan, pengeboran minyak, atau mereka yang bekerja di daerah terpencil.

Kelemahan telepon satelit. Harganya seperti biaya telepon ke antar operator GSM. Untuk telepon di jaringan yang sama, tidak peduli dimana keberadaannya akan lebih murah. Tapi menelpon ke operator lain atau ke telepon di darat, harganya bisa melambung. Untuk data internet juga sangat mahal, jadi jangan berharap mengunakan internet terlalu banyak, tapi tetap menarik untuk mengirim email ketika berada di hutan. Dan telepon ke antar operator satelit biayanya dapat mencapai $15 permenit.
Yang lucu, tidak seperti telepon biasa langsung di telepon dan terhubung. Telepon satelit harus melakukan Boot, dan harus sering berjemur dibawah matahari atau tergantung kondisi cuaca yang baik untuk terhubung.

Memilih telepon satelit

Telepon satelit tidak harus melihat model, karena sedikit model telepon satelit yang tersedia yang sudah disediakan masing masing jaringan telepon satelit. Yang perlu diperhatikan pada melihat biaya dan pengunaan yang mudah. Daerah yang di cover dari masing masing operator. Telepon satelit tidak seperti telepon rumah, dipastikan terjadi kelambatan (delay) antara bicara dan waktu yang disebut Call Latency.

Negara yang tidak mengijinkan pengunaan telepon satelit
Korea Utara, India (harus mendapatkan ijin), Birma dan Cuba.
Di beberapa negara memiliki aturan berbeda untuk pemakaian telepon satelit. Di Australia, malah mendapat keringanan bagi penguna telepon satelit atau diberikan subsidi, khususnya warga yang tinggal di tempat terpencil. Di Rusia, telepon satelit diijinkan tapi diawasi / disadap oleh pemerintah.