Dibawah ini beberapa data dari standar pengisian cepat

Qualcomm Quick Charger

Qualcomm mengumumkan QC 4 Invo 3.0dan revisi QC4+,  QC 3.0 Inov 2.0. 38% lebih efisien dari QC 2.0 dalam pengisian baterai smartphone, 4x lebih cepat dari QC 1.0.
Qualcomm mengunakan alogaritma Intelligent Negotiation for Optimum Voltage (INOV).

Fitur tersebut dapat menentukan berapa banyak kekuatan perangkat dalam satu waktu pengisian. Sehingga tranfer daya dan penurunan power lebih optimal. Voltase dapat mengisi antara 3,6V sampai 20V. Untuk perangkat yang belum mendukung QC3.0 tidak masalah, dan kompatibel dengan perangkat generasi sebelumnya seperti QC 1 dan QC2

Qualcomm QC 1.0 Snapdragon 610
Qualcomm QC 2.0 Snapdragon 200,400,410,615,800,801,905,808,810
Qualcomm QC 3.0 Snapdragon 820,620,618,617,430
Qualcomm QC 4.0 Snapdragon 835
Qualcomm QC 4+ Snapdragon 835

Qualcomm memberikan lisensi ke produsen lain, dengan pemberian lisensi charger adapter.
Perbandingan QC 3.0 (71%) vs 2.0 (63%) vs charger biasa (18%) untuk pengisian baterai selama 30 menit

Pengunaan charger cepat atau Quick Charger hanya digunakan untuk procescor Qualcomm Snapdragon. Dan masing masing procesor versi QC berbeda beda. Misalnya Snapdragon 820 sudah dapat mengunakan Quick Charger 3.0, tapi procesor generasi sebelumnya hanya mengunakan Quick Charver versi 2.0

Apakah produk Qualcomm saja yang memiliki pengisian baterai lebih cepat.

Mediatek Pump Express

Pump Express hanya diberikan untuk procesor smartphone produksi Mediatek seperti Helio atau kode MT

Tipe Adaptor charger HF-QC-084 : output normal 5V 1,67A, Turbo1 7V 1,67A, Turbo2 9V 1,6A.

Tahun 2016 mengunakan 3-6V untuk PumpExpress 3.0. 5 menit charger untuk 20 menit chatting, 20-30 menit mengisi baterai 70%
Dibagi menjadi 2 model Pump Express dan Pump Express+

Mediatek PumpExpress - 2016 PumpExpress 3.0

Samsung Adaptive Fast Charger (Samsung AFC)

Pengisian baterai sampai 50% hanya 30 menit dengan rata rata output power 2A atau 9V 2A.

Bekerja untuk smartphone Samsung Galaxy Note 4, Galaxy Note Edge, Galaxy S6, Galaxy S6 active, Galaxy S6 edge, Galaxy S6 edge+ atau Galaxy Note5

Samsung Adaptive Fast Charger (Samsung AFC)

Oppo VOOC

Oppo adalah produsen smartphone, tapi memberikan sistem adaptor tersendiri.
Tidak masalah tipe procesor yang dipakai, selama merek Oppo dan tertulis sudah mendukung pengisian Vooc.

Charger Oppo, mengisi smartphone 30 menit sampai kapasitas 75%. 4X lebih cepat dibanding pengisian biasa. Memiliki fitur Voltase tester internal, indentifikasi Vooc di adapter dan smartphone.

Voltase output 5V 4A., kompatibel dengan beberapa smartphone OPPO R9s, OPPO F1 Plus, OPPO R7 Plus, OPPO R7s, OPPO R7, OPPO N3, OPPO Find 7, OPPO Find 7

Oppo VOOC pengisian charger 4A 5V

Huawei SmartPower

Mengunakan sistem pengisian power rendah dengan 4,5V 5A. Kapasitas baterai 48% dalam waktu 5 menit.

OnePlus Dash Charge

Seperti produsen merek smartphone lain. OnePlus juga menawarkan pengisian cepat dengannama DashCharge

Produk smartphone OnePlus mengunakan nama Dash Charge. Oneplus mengatasi sistem pengisian baterai dengan voltase tinggi. Membuat baterai lebih cepat panas dan pengisian baterai akan melambat.
Oneplus mengatakan sistem pengisian baterai lebih dingin, dampaknya baterai smartphone lebih dingin dan efek baiknya membuat kapasitas baterai lebih cepat selesai.

Ukuran charger tetap kecil, dengan beberapa perangkat pengaman di dalam sirkuit seperti sistem overcharging dan overheating.
Dash Charge mengunakan 5V/DC 4 Ampere (20W). Sistem charger Oneplus tidak menghasilkan panas karena mengunakan voltase standar 5V/DC. Pengisian 64% kapasitas baterai dalam waktu 30 menit.
Dash Charge dapat mengisi baterai smartphone dengan kekuatan penuh, walau smartphone digunakan seperti menonton video atau bermain game.

Oneplus Dash Charge mengunakan 5V DC dengan 4 ampere charger

Meizu Super mCharge

Meizu menyebut pengisian baterai cepat Super mCharge akan dimulai tahun 2017. Mengisi baterai dari 0-100% dalam waktu 20 menit dengan memberikan power sampai 55W.

Meizu MCharger pengisian cepat untuk smartphone

Pemakaian Pengisian Cepat atau Quick Charger smartphone

  • Apakah Quick Charge adaptor bisa digunakan untuk smartphone yang tidak mendukung Quick Charge. Bisa, karena tetap kompatibel tapi lambat alias sistem pengisian biasa. Tapi berfungsi sebagai charger standar
  • Apakah charger quick charger berbeda dengan charger biasa. Ya, sistem inteligen sirkuit berbeda dan memiliki output ampere dan voltase lebih besar. Untuk adaptor charger pengisian cepata umumnya dijual terpisah dari  paket smartphone
  • Apakah adaptor Quick Charger satu sistem seperti QC , bila digunakan ke smartphone dengan procesor Mediatek akan lebih cepat. Tidak karena sistem pengisian baterai dari procesor Mediatek berbeda yang disebut PumpExpress.
  • Apakah Quick Charge 3 dapat digunakan di smartphone yang mendukung Quick Charge 2. Bisa, tapi tidak seoptimal / secepat pengisian di smartphone yang sudah mendukung Quick Charge 3
  • Apakah Quick Charge dapat merusak baterai. Teorinya tidak. Karena sistem baterai Quick Charge hanya mengisi dengan power besar di awal saja Agar kapasitas 0 sampai 80% kapasitas baterai lebih cepat. Setelah mencapai voltase tertentu, sistem Quick Charge di smartphone otomatis melambat dan voltase diturunkan ke power kembali normal. Jadi yang dikejar adalah pengisian baterai antara 7...80% agar lebih cepat.
  • Apa yang berguna dengan pengisian Quick Charge. Tentunya smartphone dengan kapasitas baterai besar. Smartphone dengan baterai 4000mAh membutuhkan 4-8 jam, dapat dipersingkat dengan teknologi Quick Charge.
  • Apakah pengisian baterai dengan Charger khusus tersebut memerlukan perangkat khusus. Yah, mengikuti teknologi maka setiap disain smartphone (procesor) + Charger khusus. Bisa dilihat fitur pengisian cepat dari masing masing produsen, dan tipe charger apa yang mendukung pengisian cepat tersebut.
  • Smartphone Mediatek tidak bekerja dengan Qualcomm Quick Charger dan sebaliknya
  • Bagaimana mengetahui sebuah smartphone mendukung pengisian cepat. Dapat dilihat fitur dari smartphone, baru dapat ditentukan tipe charger yang dipakai.
Harga Quick Charge

Voxlink Quick Charge 3.0 Rp.150.000+
Aukey USB Charger QC 2.0 Rp.170.000+
Samsung Adaptive Fast Charger Rp.100.000+
Oppo Vooc Fast Rapid Charger Rp.250.000+

Dibawah ini tabel teknologi standar pengisian cepat untuk baterai dari setiap produsen

Outpu adaptor dan voltase quick charger pengisian cepat
Pastinya. Hindari mengunakan produk adaptor charger Aspal, disain mirip tapi palsu.

 Karena beberapa produk charger palsu hanya menempelkan merek dan output. Walau tertulis 500mAh, output yang dikeluarkan dari charger hanya 60% saja. Bahkan bila terpasang dan tidak mengisi baterai smartphone, adaptor tetap mengunakan power listrik (vampire).