Planet X mungkin ada tapi belum terlihat


Science | 18 January 2015

Planet X atau Planet ke 9 mungkin ada tapi belum terlihat

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri.

Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto.

Analisa ini diumumkan dengan kemungkinan satu planet dengan orbit sangat ektrem atau Extreme Trans-Neptunion Object (ETNO).

Planet X yang dimaksud bukan cerita planet Nubiru atau planet X yang akan melintas mendekati atau menabrak Bumi. Tapi planet yang mengorbit ke matahari seperti Bumi dan Mars atau planet lainnya. Hanya letaknya sangat jauh, dan belum bisa dilihat.

Peneliti mempelajari 13 ETNO, dari beberapa planet seperti planet Sedna sebagai planet kerdil. Posisinya berada jauh sekali dari matahari, serta sangat dingin karena sangat rendah menerima panas matahari.

Apa yang dimaksud dengan orbit dari daftar planet ETNO.
Misalnya planet bumi memiliki jarak orbit sampai 150 juta km dari matahari. Perubahan orbit planet nyaris 0 derajat atau memiliki garis orbit tetap. Tapi ke 13 planet di daftar ETNO memang berada sangat jauh, mencapai 150 sampai 525AU (dikalikan jarak Bumi ke Matahari untuk setiap AU). dan mereka cenderung memiliki pergeseran 20 derajat dari orbitnya ke matahari.

Planet X atau objek ETNO

Jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada saat ini. Bulan Maret 2014, Chadwick Trujillo dan Schott Sheppard mengumumkan mereka menemukan planet VP113 2012. Ini adalah planet tipe ETNO dan orbitnya tidak pernah kurang 80AU ke jarak matahari. Planet VP113 masuk ke daftar planet ETNO seperti planet Sedna sebagai penghuni di daerah Oort Cloud.

Apakah mungkin ada planet lain di belakang Pluto dengan ukuran cukup besar atau mungkin hampir sebesar planet Bumi bahkan 10x lebih besar dari Bumi sendiri. Dan jaraknya berada sangat jauh mencapai 250 AU dari matahari. Hal ini masih diperdebatkan, karena selama penemuan planet yang diteliti hanya dibagi antara planet luar dan dalam. Bagian planet dalam adalah planet berbatu, dan bagian planet luar adalah planet gas. Dibelakang planet gas umumnya berukuran lebih kecil dibanding planet bagian dalam.

Planet Gna


8 Desember 2015. Teleskop Alma menemukan lagi objek paling jauh di tata surya kita. Peneliti mengatakan ada 2 benda gelap di pinggiran tata surya setelah di observasi selama 48 jam.
Planet Gna mungkin saja sebuah asteroid dengan ukuran sebesar negara Norwegia, berada di spot planet Uranus. Tapi ada kemungkinan benda tersebut letaknya lebih jauh lagi, mungkin 6x jarak pluto.
Bila terlihat, bentuk plant Gna ini seperti sebuah bintang ukuran kecil berwarna coklat.


Penemuan beberapa planet di belakang Pluto baru ditemukan dalam beberapa dekade ini. Karena para ilmuwan memiliki keterbatasan dalam teknologi yang ada dalam pengamatan ruang angkasa.

Seperti planet Sedna dan VP113 memang ada dan baru diberitakan dalam beberapa tahun lalu. Kedua planet kerdil tersebut memang tidak pernah bisa dilihat langsung.

Jangankan planet yang begitu jauh, manusia baru bisa mengabadikan planet Pluto dengan jarak sangat dekat pada pertengahan tahun 2015. Mengunakan pesawat antariksa New Horizons diperkirakan baru tiba di Pluto pertengahan tahun ini. Walau pesawat New Horizon tersebut sudah diluncurkan Januari 2006, meluncur dengan kecepatan 58 ribu km perjam dan menjadi pesawat ruang angkasa paling cepat buatan manusia. New Horizon diperkirakan sampai di Pluto 14 Juli 2015 untuk meneliti permukaan planet Pluto dan beberapa bulan disana.

Berita terkait
4 spesies alien sudah datang, manusia bukan penjaga planet bumi yang baik. Loeb ahli astrofisika mengatakan Oumuamua dikirim dari peradaban tinggi. Bila manusia berpikir untuk menyembunyikan planet dari Alien, atau kita terlalu primitif. Teori peradaban terkait dengan peradaban dari mahluk yang menghuni.

Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.



Planet Pluto akhirnya dapat diabadikan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons.Cenderung berwarna merah dan coklat, ini dia foto asli planet Pluto dari dekat. Disana terdapat gunung es dan lautan nitrogen. Bagaimana komunikasi dilakukan dengan pesawat ruang angkasa ke Bumi. Terindentifikasi Pluto memiliki 5 bulan - Styx, Nix, Kerberos, Hydra dan Charon

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Ada cerita bintang Scholz bermasa rendah dahulu pernah melintas di tata surya kita. ESA menghitung ada berapa banyak bintang lain akan melintas dekat ke tata surya. Sekitar 16 cukup dekat dan satu bintang mungkin menganggu orbit awan Oort, dan mengeser batuan es menjadi komet di Bumi.

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.



Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Foto dibuat pada 3 Oktober 2017, memperlihatkan posisi Bumi dan Bulan dalam satu frame foto utuh. Diambil oleh camer HiRISE yang berada di pesawat ruang angkasa NASA Mars Reconnaissance Orbiter. Pesawat tersebut sedang meneliti planet Mars. Jadi foto yang diambil ini sangat jauh.

Planet 2MASS J2126 ini lebih ekstrim dari planet X yang sedang dicari oleh para astronom. Ilmuwan dari Inggris, Amerika dan Australia mengatakan planet 2MASS J2126 ditemukan oleh teleskop infrared Sky Survey. Tapi memiliki keunikan yang aneh, satu putaran membutuhkan waktu 900 ribu tahun.

Peneliti dari Australia menemukan sebuah batu meteor yang jatuh di Australia. Diperkirakan usia batu tersebut berusia 4,5 miliar tahun. Sebuah meteor jatuh ke Bumi pada 27 November 2015. Bahkan usia batu tersebut jauh lebih tua dibanding munculnya kehidupan di Bumi.

Berapa lama cahaya matahari mencapai planet Jupiter dengan jarak 778 juta km. Cahaya matahari membutuhkan waktu ke bumi setelah 8 menit 20 detik dengan jarak 149 juta km. Planet paling dekat adalah Merkurius 47 juta km, itupun cahaya matahari harus menempuh selama 2 menit 16 detik.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.



Tim dari Nasa akan membangunkan pesawat Horizon yang terbang di dekat planet Pluto musim panas tahun depan. Pesawat atau satelit kecil tersebut sudah menempuh 4,8 miliar km sejak tahun 2006.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi

Setelah 8 tahun dikeluarkan dari daftar planet di tata surya. Karena dianggap bulan planet yang berasal dari tata surya sendiri, dengan ukuran terlalu kecil. Pluto kembali masuk daftar, dan menjadi planet ke 9.




No popular articles found.
< /body>