Membayangkan bentuk sebuah lubang hitam bisa dibandingkan dengan ukuran matahari. Tapi matahari yang dipadatkan, diremas menjadi sangat kecil dari ukuran bumi. Dan terus dipadatkan sampai menjadi bulatan seukuran satu kota.

Kekuatan gravitasi lubang hitam di perumpamakan setara : gravitasi Bumi yang berukuran seperti bola seukuran kacang, dimana memiliki gravitasi 1. Atau sama kuatnya ketika kita berdiri di atas bola seukuran kacang, dan kita bisa berdiri diatasnya seperti berdiri diatas bumi. Mengapa lubang hitam atau Black Hole begitu kuat. Karena massa, atau densiti benda ini begitu padat

Bisa dibayangkan bila kacang tersebut berukuran 1 kota seperti kota Manhattan atau Jakarta, seberapa besar gravitasi yang ditarik oleh benda ini. Masalahnya belum pernah ditemukan adanya sebuah lubang hitam dalam bentuk bola hitam seukuran kacang, bahkan yang lebih besar dari ukuran lubang hitam seukuran kota jakarta.

Umumnya ukurannya sangat besar berada di tengah galaksi, dan minimal yang pernah ditemukan hanya seukuran 4 kali ukuran massa matahari atau sebuah planet berwarna hitam dengan ukuran 4 kali lebih besar sebuah kota.

Lubang hitam setara ukuran satu kota yang dipadatkan dari matahari

Bagaimana lubang hitam terbentuk
Ada 2 paling umum ditemukan

Berada ditengah galaksi
Sebuah bola hitam yang sangat besar dan padat menjadi inti sebuah galaksi. Galaksi terbentuk dari gas dan debu di ruang angkasa. Perlahan berputar lalu membentuk pola piring tipis, dan ditengahnya terkumpul debu dalam jumlah sangat besar. Karena debu tersebut terakumulasi sangat banyak, maka benda tersebut menjadi lubang hitam dan partikel yang sangat padat serta sangat ketat.
  • Galaksi kecil umumnya memiliki lubang hitam kecil
  • Galaksi besar umumnya memiliki lubang hitam besar
  • Tapi ukuran lubang hitam terkait ketika benda tersebut mulai terbentuk menjadi galaksi. Kadang galaksi ukuran kecil memiliki lubang hitam sangat besar.

Dari bintang mati.
Ketika bintang kehabisan gas yang dibakar, maka bintang akan meledak. Melempar semua isi gas, tapi inti bintang tidak ikut terpecah karena di dalamnya sudah terbentuk sangat padat akibat terus terbakar dalam waktu miliaran tahun dari cahaya fusi nuklir.
  1. Bintang ukuran kecil akan menjadi bintang bercahaya putih lalu redup menjadi hitam (tapi bukan lubang hitam)
  2. Bintang cukup besar dapat menjadi bintang neutron yang mengeluarkan radiasi dari intinya
  3. Terakhir bila ukuran lebih dari 4 kali matahari maka besar kemungkinan bintang tersebut menjadi Black Hole atau lubang hitam

Lubang hitam terkecil yang pernah ditemukan

Lubang hitam terkecil yang pernah ditemukan adalah XTE J1650-500. Kekuatannya setara massa 4 kali massa matahari. Lubang hitam atau Black Hole XTE J1650-500 diperkirakan memiliki diameter 22.000km. Tapi ini bukan lubang hitam yang berada di inti galaksi. Lubang hitam XTE J1650-500 terbentuk dari bintang mati yang dahulunya memiliki ukuran sangat besar. Lalu berubah menjadi benda sangat padat, seperti planet berwarna hitam tapi kepadatan tanah disana begitu padatnya. Membuat gravitasi sangat kuat walau ukurannya cukup kecil di dunia kosmos. Black Hole XTE J1650-500 masih berada di dalam galaksi kita dan ditemukan tahun 2001.

Lubang hitam nomor 2 terkecil yang pernah ditemukan adalah GRO 1655-40, dengan massa setara 6,4 massa matahari.

Lubang hitam XTE J1650-500 terkecil setara 4 kali matahari

Ilmuwan mengatakan bila ukuran sebuah bintang lebih besar 10x-100x dari ukuran matahari. Bintang tersebut sangat berpotensi menjadi sebuah Black Hole ketika hidup bintang berakhir.

Berbeda dengan llubang hitam yang ada di inti galaksi, umumnya berukuran sangat dasyat , rata rata 1 juta kali lebih besar dari massa matahari.

Bagaimana dengan ukuran 100x-10.000x dari bintang yang besar, apakah lubang hitam dari bintang seukuran tersebut memang ada.

Lubang hitam lain M82 X1 atau M82 X1 ukuran menengah

Ditemukan oleh ilmuwan Dr Pasham dan 2 rekannya Dr Richard Mushotzky dan Dr Tod Strohmayer. Ketiga orang ini berhasil menghitung perkiraan lubang hitam M82 X1, kekuatannya 428x dari massa matahari. Terletak di galaksi Messier 82 / M82 / NGC 3034 atau galaksi Cigar yang jaraknya 12 juta tahun cahaya dari planet kita.

Ukuran diperkirakan seperti planet Mars, tapi kekuatan gravitasi benda ini setara 428x matahari. Dalam ukuran Black Hole, M82 X1 ini masih masuk di kelas menengah



Lubang hitam Supermassvice atau Sangat Besar terletak di kluster Phoenix

Ukuran lubang hitam terbesar biasanya ada di tengah galaksi sendiri, atau menjadi inti dari galaksi. Benda raksasa yang mengatur putaran sebuah gravitasi.

Lubang hitam terbesar nomor 5 yang pernah ditemukan ilmuwan berada di Phoenix. Bila dilihat ukurannya, tata surya kita dari matahari sampai ujung planet Pluto hanya ada di garis lingkaran kecil benda ini. Dan yang hitam adalah bagian dari lubang hitam di Phoenix.



Untuk membayangkan kekuatan gravitasi lubang hitam ini saja, kekuatannya setara :
Matahari yang barisan menjadi lembaran, lalu ditumpuk menjadi kubus.
Dari kubus ditumpuk lagi menjadi kubus besar
Dari kubus besar ditumbuk lagi menjadi bagian kubus kotak  terbesar, dan digelar memanjang.
Kekuatan lubang hitam di Phoenix mencapai 20 miliar massa matahari.



Menjadi salah satu satu black hole terbesar dan paling kuat yang pernah ditemukan. Phoenix Cluster (SPT-CL J2344-4243) memiliki jarak 5,7 miliar tahun cahaya dari Bumi. Setiap tahun, disana diperkirakan terjadi pembentukan 700 bintang pertahun.

Black Hole Phoenix Cluster


Di galaksi Bima Sakti atau galaksi kita memiliki lubang hitam dengan kekuatan 4 juta dari massa matahari. Berada di posisi Sagittarius A sebagai pusat galaksi. Inti galaksi kita dengan bentuk black hole ukuran sedang bahkan relatif kecil dibanding black hole lain.



Lubang hitam terbesar

Black Hole S5 0014+81
Benda ini ada di konstelasi Cepheus dengan jarak 12.1 miliar tahun cahaya.

Memiliki massa 40 miliar matahari, dan masih sabar untuk diamati di bumi, karena jaraknya sangat jauh dengan luminositas ekstrem dari efek quasar.

Blackhole S5 0014+813 dengan jarak 12.1 miliar tahun cahaya

Lubang hitam kedua SDSS J085543.40-001517.7, memiliki massa setara 25 miliar sampai 39 miliar dari isi matahari.
Lubang hitam ketiga APM 08279+5255, diperkiraan setara 23 miliar massa matahari.

Lubang hitam keempat di galaksi NGC 4889. Galaksi berbentuk eliptikal, galaksi disana terlihat tidak memiliki banyak debu atau bentuk spiral bahkan terlihat halus dari foto di antariksa. Pada tahun 2011 telah dikonfirmasi benda ini memiliki lubang hitam sangat dasyat besarnya. Dan inti galaksi atau lubang hitam disana lebih kuat 5200x dari inti galaksi Bima Sakti. Bila diperhitungkan memiliki massa sekitar 21 miliar massa matahari

Lubang hitam keempat terbesar di galaksi NGC 4889


Bagaimana bila planet bumi jatuh ke lubang hitam

Lubang hitam memiliki 3 sifat yang terukur, dari massa, elektrik dan putaran
Massa lubang hitam, hitam. Massa yang terkonsentrasi menjadi sangat kecil dan sangat padat atau Singularitas. Kekuatan ini dapat merusak apa yang ada di dekatnya.
Satu titik disebut Spaghettification. Bila ada benda yang mendekat maka seperti spagetti. Tertarik memanjang walau belum sampai ke permukaan lubang hitam.

Membayangkannya seperti ini. Bila membuat gumpalan tanah seukuran bola. Lalu di ruang angkasa dilepas, maka tanah tetap berupa bola. Sampai bola jatuh, dan menyentuh ke permukaan tanah maka bola akan hancur. Selama bola jatuh menuju ke Bumi, gravitasi bumi akan menarik bobot bola tapi tidak cukup kuat menghancurkan ketika berada di udara.
Di Black Hole, sebuah bola tidak perlu menyentuh permukaan lubang hitam. Selama benda tersebut tertarik ke lubang hitam. Sebelum mencapai permukaan lubang hitam, maka bola perlahan pecah dan hancur karena gravitasi lubang hitam sudah sangat kuat walau masih berada diluar permukaan lubang hitam.

Radiasi lubang hitam membuat benda ini tidak selalu hitam. Karena radiasi disekeliling putaran lubang hitam. Lubang hitam sangat panas jadi apapun yang mendekat akan habis tergoreng. Lubang hitam terlihat menyala, walau tidak pernah terlihat bentuk permukaannya.

Beberapa keunikan dari lubang hitam

Lubang hitam tidak memiliki cahaya, atau cahaya memang tidak pernah bisa keluar dari sana. Seandainya seseorang berdiri di depan sebuah lubang hitam berbentuk bola basket, dan memberikan sinardi tepian bola, maka cahayanya tidak lurus melintas tapi akan berbelok ke arah bola. Alasannya gravitasi disana sangat kuat.
Lubang hitam mengeluarkan frekuensi radio, mungkin disebabkan kepadatannya. Seperti magnit tapi sangat kuat.
Lubang hitam kemungkinan terbentuk, bila sebuah bintang seukuran 4x matahari suatu hari mati. Dibawah ukuran tersebut umumnya bintang akan berubah menjadi Dwarf White atau bintang putih atau bintang kerdil.
Lubang hitam memiliki batas singularitas, dimana batas garis ketika gravitasi akan menarik benda dan benda tersebut tidak pernah bisa keluar lagi.
Benda dibelakang lubang hitam dapat membuat efek pembesaran yang disebut gravitasi optik, kadang benda yang jauh bisa terlihat di bumi karena berada tepat di sisi samping sebuah lubang hitam. Cahaya dari benda yang ada di belakang dapat terlihat lebih besar, seakan berada di belakang kaca pembesar. Sedangkan efek kaca pembesar adalah efek dari gravitasi si lubang hitam yang sangat kuat dan membuat cahaya bisa berbelok.
Lubang hitam dipastikan ada pada sebuah galaksi, berada ditengah sebagai inti galaksi.

Black hole menjadi bagian penting dari pembentukan sebuah galaksi. Tanpa benda ini, galaksi belum tentu berbentuk seperti lingkaran, karena benda ini yang mempertahankan formasi seluruh isi galaksi menjadi seimbang. Disisi lain, ketika lubang hitam terbentuk, bisa saja salah bahkan merusak isi pembentukan galaksi sendiri.




Struktur gravitasi lubang hitam


Wilayah gravitasi Ergosphere dimana semua akan tertarik, tapi kekuatan gravitasi masih lemah. Cahaya dapat lewat dan mungkin saja benda yang melewati di sekitar wilayah tersebut akan terlempar atau mulai tertarik oleh kekuatan gravitasi.
Warna kuning adalah area yang mendekati lubang hitam. Apapun yang lewat di wilayah tersebut termasuk partikel bahkan cahaya tidak dapat lari keluar.
Singularity atau singularitas adalah daerah dimana letak lubang hitam. Walau lubang hitam tidak dapat dilihat, bahkan bentuknya tidak diketahui apakah besar atau kecil.
Tapi wilayah Singularity belum berada di bentuk lubang hitam. Peneliti hanya dapat melihat wilayah ini sebagai tanda adanya benda yang disebut lubang hitam sebagai inti.



Struktur lubang hitam dari bagian luar ke dalam

Berapa jumlah lubang hitam juta ada di galaksi kita

Agustus 2017 - Bima Sakti menjadi tempat berbahaya untuk perjalanan ruang angkasa. Penelitian terbaru menemukan kosmik kita dihiasi oleh lubang hitam.
Peneliti mengatakan mungkin saja ada 100 juta lubang hitam di sekitar galaksi kita.
Kami tidak dapat mengetahui berapa banyak jumlah lubang hitam besar, tapi lebih banyak dari perkiraan sebelumnya kata James Bullock Profesor Fisika universitas Irvine California.

James mengatakan benda destruktif tersebut tumbuh dan terditeksi dari keanehan gelombang gravitasi. Seperti riak dalam struktur ruang dan waktu akibat tumbukan lubang hitam.
Gelombang gravitasi dikur 2 tahun lalu oleh para ilmuwan LIGO. 1 abad setelah Einstein mengambarkan teori Relativitas

Lubang hitam ukuran kecil diyakini akibat runtuhnay sebuah bintang raksasa. Berdasarkan populasi bintang dan menyebarannya, peneliti dapat menyimpulkan berapa banyak penyedot di galaksi kita tersebut ada.
Tetapi peneliti juga melangkah lebih jauh, mencari perkiraan seberapa sering tabrakan antara Black Hole yang bisa terditeksi saat terjadinya gelombang gravitasi.
Tim peneliti berharap dapat menditeksi lebih banyak gelombang kejut dari ruang angkasa yang berasal dari tabrakan lubang hitam lain dalam beberapa tahun mendatang.