Green | 12 January 2015

Kompor Gosun dengan tenaga matahari GoSun


Perusahaan GoSun membuat kompor matahari dari berbagai ukuran. Lebih tepat disebut sebagai alat memasak dengan bantuan sinar surya. Satu kompor ditawarkan lengkap dengan cermin cahaya matahari, satu tabung untuk tungku dan plat untuk menaruh masakan.

GoSun mengunakan sistem tabung agar panas dapat bertahan di dalam tungku berbentuk silinder. Sisi tengah dari dinding tabung dibuat vakum, dan di dalamnya terdapat tembaga yang menyerap cahaya infrared untuk menjebak panas tetap berada di dalam tungku.
Sistem kerja kompor surya dari GoSun

Untuk penguna kompor ini tentu disarankan di daerah yang memiliki panas matahari yang cukup. Kompor tinggal dijemur di cahaya matahari, setelah panas baru dimasukan makanan. Untuk memasak daging ayam di kompor GoSun hanya butuh 10 menit.

Foto kompor surya dari GoSun

Harga kompor surya GoSun Sport ditawarkan dari $279 satu unit, atau untuk versi komersil dengan GoSun Station $3995 dengan 4 tabung. Atau kompor GoSun Mini yang paling kecil hanya $65.
Setiap 6 unit yang terjual, 1 unit GoSun akan dikirim sebagai sumbangan bagi organisasi masyarakat di Guatemala

+ GoSun


Artikel Lain

Xiaomi Smart Air Fryer dipasarkan tapi bukan perangkat tungku induksi saja, memudahkan memasak. Sistem memasak dengan listrik ini di kontrol mengunakan aplikasi. Maksudnya di remote dari smartphone. Untuk kontrol dapat diatur jadwal dan suhu.

Kompor gas perlahan akan ditinggalkan karena kurang efisien. Tampil kompor listrik dengan 2 teknologi berbeda. Kompor elektrik dengan pemanas coil mengantikan api kompor, kompor induksi dengan gelombang arus. Tetapi peralatan dapur harus memenuhi standar untuk kompor listrik.



MIJIA Smart Air Fryer Pro 4L model terbaru dengan kapasitas sedikit lebih besar dari model 2021 dengan 3,5 liter. Memasak tanpa minyak goreng, mengunakan elemen pemanas dan udara panas untuk memasak. Mengapa Mijia mengunakan power 1200W saja, katanya untuk 200 derajat Celcius sudah cukup.

Banyak teknologi, tapi yang ini sangat jelas. Kompor energi tenga surya, ukuran kecil yang sangat efisien. Perbedaan pada bagian tunggu diganti dengan bahan jelaga atau sisa emisi berwarna hitam. Relektor memantulkan cahaya ke bagian tunggu, bekerja lebih efisien dan murah.

Kompur EcoFire nyaris tanpa asap. Katanya mengurangi 90% asap yang dihasilkan kompor mini ini. Cocok untuk mereka yang suka camping atau kegiatan di luar ruangan seperti jalan jalan sampai satu pagi. Memiliki ukuran 250mmx120mm, setelah di lipat hanya memiliki tinggi 160mm.

Cermin Lucy bekerja dengan sistem robot. Mengunakan sensor matahari, power dari cahaya matahari, dan memantulkan cahaya matahari ke dalam rumah. Cukup ditaruh di jendela dan bekerja nonstop tanpa memerlukan power ekternal.

Tim African Clean Energy membuat kompor yang tidak berasap. Bukan solusi terbaik, tapi membuat kompor lebih efisien dan emisinya lebih rendah. Sementara orang memasak dengan kompor Ace 1, kompor juga mengalirkan udara. Di dalam kompor dipasangkan sebuah motor DC pengerak fan



Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.