Video H.265 HEVC untuk movie ilegal


Kategori : Shortstory | Date : 12 January 2015
Karena gambar lebih baik dan kompresi video lebih kecil format video HEVC digunakan untuk torrent
Banyak konten bajakan seperit film dan seri TV disebarkan mengunakan beberapa format video. Dari fomat codec video Quicktime MOV, AVI, MWV dan MP4. Yang baru sudah mengunakan teknologi kompres video HEVC, dengan nama belakang sama MP4 tapi di kompress dengan codec engine baru H.265.

Mungkin pernah mengingat di tahun 1997an ketika teknologi MP3 mulai digunakan sebagai kompres musik digital. Dari CD lagu di konversi (di Rip) ke MP3, dan muncul beberapa software player bagi computer. Terakhir paling terkenal dari Winamp yang keluar bersamaan dengan teknologi MP3. Lebih mudah mendengarkan musik di computer, dibanding memuat lagi dari CD. File musik RAW audio dari CD-Audio harus di ektra ke format WAV dengan ukuran 50MB untuk durasi lagi 5 menit. Tapi dengan MP3 sebuah musik dapat dikemas sampai ukuran file 5-8MB.

Untuk video mengunakan kompresi MP4 adalah kompresi video paling efisien saat ini. Membuat video dengan durasi 2 jam dapat dikemas dengan 600MB. Sekarang sudah digunakan untuk video "ilegal", yang disebarkan di internet dan membuat format MP4 lebih favorit dibanding format video lain.

Format MPEG diperkenalkan tahun 1999 dengan MPEG-2 dengan resolusi sekualitas DVD atau H.262. Disusul untuk MPEG4 yang dipakai sebagai dalam format MPEG-4 AVC, MP4 dan Blu-ray. Mengunakan nama H.263 dan terakhir H.264.

Munculnya format HEVC H.265 baru bebrapa tahun lalu. Sebagai pengembangan generasi  MP4 termasuk format H.264. Dengan memampatkan video dalam format digital, kapasitas file akan berukuran relatif sama tapi kualitas gambar lebih baik. Seperti banyak yang menduga, format video HEVC akan dipakai untuk menyebarkan konten ilegal. Persis seperti teknologi MP3 dari 14 tahun lalu, memudahkan teman dapat berbagi musik dengan mengkopi file MP3 yang lebih kecil.

Bila video yang disebarkan dengan format HEVC H.265, apakah ada player yang dapat memutar video jenis H.265.
Salah satunya VLC Player sebagai player gratis sudah menyiapkan decoder untuk memutar film H.265.
Satu website untuk video petani sudah muncul mengunakan format video HEVC. Bahkan satu film Blu-ray di kompress ke HEVC dengan ukuran 350-450MB dengan resolusi 720p. Umumnya film yang dikompres dengan HEVC akan diberikan dengan tanda huruf x265

Sementara produsen di awal 2015 belum mengeluarkan recording video H.265. Tapi software codec untuk merubah video ke H.265 sudah tersedia. Seperti Handbrake software codec gratis untuk H.265 sudah dirilis sejak November 2014 lalu.

Seperti apa ciri video dengan format H.265 atau HEVC tersweut. Seperti gambar dibawah, satu website dan situs Torrent sudah memberikan keterangan video yang diberikan mengunakan format H.265.

Format codec H.265 untuk video



Siapa yang merah, pastinya produsen film. Karena film mereka akan disebar di dunia underground dengan format HEVC atau kode x.265. Karena format ini sudah digunakan di kalangan Underground sejak awal tahun lalu.

Lanjut dengan Merubah video MP4 MOV to DVD dengan software

VLC 3 player untuk memutar video sekarang bisa memutar tayangan 4K, video 360. Sebagai media player untuk file MP4, AVC, DVD dan file video lainnya. Update April perbaikan output display.  Fix playback video slow, perbaikan crash, mendukung HEVC.

Software Handbrake. Update terbaru sudah menambah fitur konversi codec H.265 untuk video di kompres lebih kecil tanpa menurunkan kualitas video. Menambah Quick Sync proses encoding video.Atau mengunakan StaxRip bagi penguna VGA Nvidia.

Format video saat ini masih mengunakan H.264 sebagai kompresi video paling efisien. Tahun 2018 tampil format codec video AV1. Format AV1 gratis, dan dapat digunakan siapa saja.



Format video akan bertambah dan lebih baik lagi. Satu format video High Efficiency Video codec (HEVC) atau disingkat dengan H.265 akan tampil tidak lama lagi. Format ini terbuka dan codec mengunakan x265 sudah tersedia. Dimana keunggulan H.265 ini.


No popular articles found.