Galaksi indah dari 14 koleksi di alam semesta


Science | 9 January 2015

Satu video ini memperlihatkan bentuk galaksi yang berisi debu, bintang dan gas serta materi gelap. Di dalam sebuah galaksi besar setidaknya memiliki 100 triliun bintang, dan sejauh ini diketahui 170 miliar galaksi.

Video dengan durasi 2 menit dapat menceritakan sekilas bentuk galaksi di alam semesta.
Dimulai pada detik ke 34 ketika film mulai menjauhi galaksi kita Bima Sakti

Koleksi galaksi Milky Way

Tampak beberapa bentuk galaksi yang saling berbeda warna dan ukuran. Dan entah berapa jauh jaraknyai dari masing masing galaksi dibawah ini

Koleksi galaksi Milky Way

1:13. Seperti benda lubang hitam yang melepaskan gas (jet) ditengah galaksi yang berwarna biru. Seakan keluar akibat dilontarkan oleh lubang hitam yang sangat besar. Dan memperlihatkan cahaya bintang serta ketebalan galaksi

Jet dari sebuah lubang hitam

Video 14 Most Beautiful Galaxies In the Universe dapat memberikan pelajaran sebesar apa alam semesta, ukuran serta bentuk galaksi. Walau semua digambarkan dalam animasi, dan foto seperti Nebula dari kejauhan.


Berita terkait
Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak



Peneliti menemukan sebuah galaksi Dragonfly 44, ukurannya tidak besar tapi sepi dengan bintang. Setelah diteliti ulang, bintang disana terkumpul sangat kompak dalam cluster masing masing.

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.



Seperti apa bila bintang seperti matahari meledak menjadi supernova. Proses bintang meledak masih menjadi misteri. Profesor W David dari Arizona membuat bentuk animasi ledakan bintang, bagaimana proses sebuah bintang yang membengkak sebelum mati.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.

Bila mendengar suara di ruang angkasa, katanya tidak berbeda dengan suara di hutang belantara. Seperti ada burung, gerakan daun pohon yang berbunyi, seperti itu. Tapi suara itu bukan di bumi.

Bila Matahari dikecilan menjadi satu sel darah merah, ukuran galaksi kita setara luas Amerika. Satu meteor ditemukan tahun 2012 memiliki kandungan berbeda dari meteor lainnya.

Satu film dari Nat Geo menceritakan kehidupan dari alam semesta. Yang ini versi baru, dimulai dari kehidupan manusia, planet yang mengelilingi matahari. Lalu menjauh  menceritakan semua yang pernah ditemukan oleh para astronom.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.



Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Seorang profesor dari universitas Indiana mengatakan "Kita berada di dalam lubang hitam yang ada di alam semesta lain". Secara khusus sebuah lubang hitam seperti mata air. Profesor Poplawski mengatakan versi modifikasi dari teori relativitas umum Einstein.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.